Kamus Penyakit

Tumbuh Benjolan di Tangan? Hati-hati, Itu Gejala Penyakit Kista Ganglion!

July 13, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Munculnya benjolan di sekitar pergelangan tangan tentu mengganggu penampilanmu. Jika kamu mengalaminya, bisa saja itu adalah tumor jinak atau yang disebut sebagai kista ganglion. Lalu apakah penyakit kista ganglion itu berbahaya bagi kesehatan tubuh? 

Apa itu penyakit kista ganglion? 

Dilansir dari Healthline, kista ganglion adalah benjolan berbentuk bulat dan berisi cairan pada jaringan di sepanjang tendon atau sendi. Benjolan ini biasanya timbul pada pergelangan tangan, tetapi juga dapat muncul di pergelangan kaki.

Ukuran dari kista ganglion itu sendiri bisa sebesar satu inci. Beberapa kista terlihat di bawah kulit, tetapi yang lainnya memang sangat kecil sehingga kamu tidak dapat melihatnya. Namun, tidak perlu terlalu panik karena biasanya kista ganglion ini tidak berbahaya. 

Perlu diingat bahwa kista ganglion bukan lah kanker. Sebagian besar orang yang mengalami benjolannya bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan.

Gejala kista ganglion

Gejala yang paling umum dari kista ganglion adalah timbulnya benjolan yang berisi sebuah cairan, dan kamu akan merasakan sakit. Jika kista ada di kaki, mungkin kamu akan lebih merasa tidak nyaman saat berjalan atau mengenakan sepatu. 

Namun, jika berada dekat dengan saraf, kista ganglion kadang-kadang dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini:

  • Kehilangan mobilitas 
  • Mati rasa
  • Rasa sakit atau nyeri
  • Sensasi kesemutan

Jika memang kamu merasakan ada beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Hal tersebut perlu dilakukan karena beberapa kista ganglion dapat menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

Penyebab kista ganglion 

Kista ganglion terjadi ketika cairan menumpuk di sendi atau di sekitar tendon pada beberapa bagian ini:

  • Tangan
  • Pergelangan tangan
  • Pergelangan kaki
  • Kaki

Kondisi seperti ini dapat terjadi karena cedera, trauma, atau terlalu sering digunakan, tetapi seringkali penyebabnya tidak diketahui.

Kista ganglion lebih mungkin berkembang pada wanita dan orang-orang yang berulang kali menekankan pergelangan tangan mereka, seperti orang yang sering melakukan gerakan senam.

Cara mendiagnosis 

Jika kamu memiliki benjolan dengan beberapa gejala yang mengarah pada kista ganlion, tak ada salahnya untuk segera periksa ke dokter. 

Biasanya pada tahap awal pemeriksaan dokter akan memeriksa benjolan terlebih dahulu. Kemudian mereka akan bertanya tentang riwayat kesehatan yang kamu miliki dan berapa lama  mengalami benjolan tersebut. 

Tak hanya itu saja, dokter juga akan bertanya tentang gejala apa saja yang sudah kamu alami selama benjolan tersebut timbul. 

Jika beberapa proses awal telah dilakukan, dokter biasanya akan menyarankan kamu untuk melakukan beberapa tes terlebih dahulu untuk memastikan penyakitnya. Contoh tes yang akan kamu jalani seperti X-ray, ultrasound, atau MRI. 

Namun, jika setelah melakukan tes medis tapi dokter masih tidak dapat melihat benjolan tersebut secara rinci, biasanya juga dapat menggunakan cara lain seperti mengambil sampel cairan dalam kista untuk pengujian.

Baca juga: Jangan Sepelekan! Ketahui Penyebab Kista agar Kenali Gejalanya Sedini Mungkin

Cara mengobati kista ganglion 

Perlu kamu ketahui bahwa pada beberapa kasus kista ganglion sering hilang tanpa perawatan. Jika kista tidak menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman, perawatan tidak diperlukan. Dokter  mungkin menyarankan kamu untuk melakukan hal berikut:

  • Hindari gerakan tangan dan pergelangan tangan yang berulang.
  • Kenakan penyangga pergelangan tangan karena imobilisasi dapat menyebabkan kista menyusut.
  • Pakailah sepatu yang tidak menyentuh kista jika ada di kaki atau pergelangan kakimu.

Jika kista ganglion menyebabkan rasa sakit atau membatasi gerakan kamu dalam kehidupan sehari-hari, dokter biasanya akan mengambil tindakan. Selama prosedur ini, dokter akan mengeluarkan cairan dari kista dengan jarum suntik. 

Pengangkatan benjolan ini dilakukan dengan prosedur pembedahan yang merupakan opsi jika perawatan lain tidak berhasil. Namun, kista dapat kembali bahkan jika dokter telah mengangkatnya dengan operasi.

Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu segera periksa ke dokter jika beberapa gejala awal telah dirasakan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 7 Juli 2020. Ganglion Cysts
  2. Mayoclinic.org (2019) diakses 7 Juli 2020. Ganglion cyst
  3. Webmd.com (2020) diakses 7 Juli 2020. Ganglion Cyst

 

    register-docotr