Kamus Penyakit

5 Penyakit Kelamin Wanita: Perhatikan Jenis-jenis, Gejala Awal dan Penyebabnya

July 16, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Jika tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya, wanita juga sangat berisiko terkena penyakit kelamin. Mulai dari infeksi bakteri hingga munculnya kutil kelamin.

Apa saja sih penyakit kelamin yang umum terjadi pada wanita? Berikut ulasan serta gejala-gejalanya yang harus kamu waspadai.

1. Herpes genital

Penyakit kelamin yang umum terjadi pada wanita adalah herpes genital. Penyakit ini ditandai dengan munculnya luka lenting yang menyakitkan dan berair pada area genital.

Herpes menjadi salah satu penyakit kelamin menular yang harus kamu waspadai. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HSV-1 dan juga HSV-1.

Selain munculnya luka lenting berair, kamu juga mungkin mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Area munculnya herpes terasa gatal
  • Luka terasa melepuh dan mengeluarkan cairan
  • Herpes genital juga bisa menyebabkan demam, tubuh nyeri, hingga sakit kepala

Ketahui penjelasan tentang herpes genital lebih lengkapnya lewat artikel “Muncul Lenting di Organ Intim, Bisa Jadi Gejala Penyakit Herpes Genital.”

2. Kutil kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu infeksi menular seksual yang bisa menyerang area genital kamu. Penyakit kelamin wanita yang satu ini disebabkan oleh infeksi virus jenis human papillomavirus (HPV).

Pada wanita, kutil kelamin bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks dan kanker vulva. Kutil kelamin ini bisa menular melalui aktivitas seksual. Termasuk seks oral, vagina, dan anal. 

Gejala kutil kelamin di antaranya:

  • Gatal di area genital
  • Munculnya benjolan jaringan kulit yang berwarna kecoklatan atau kemerahan di area kelamin
  • Bentuk permukaan atasnya menyerupai kembang kol dan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh
  • Terjadi perdarahan saat berhubungan intim

Ukuran kutil bisa sangat kecil dan datar sehingga tidak terlihat. Virus kutil kelamin dapat ditularkan meskipun tidak ada kutil yang terlihat.

Baca Juga : Waspadai Penyakit Kutil Kelamin, Yuk Simak Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya!

3. Penyakit kelamin wanita vaginitis

Vaginitis atau disebut juga vulvovaginitis, adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada vagina. Selain itu vaginitis Ini juga dapat mempengaruhi vulva yang merupakan bagian eksternal alat kelamin wanita. 

Vaginitis dapat menyebabkan gatal, nyeri, keputihan, dan memunculkan bau tidak sedap. Infeksi ini umum terjadi pada wanita usia produktif. Penyebab vaginitis adalah terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara bakteri “baik” dan “berbahaya” yang biasanya ditemukan di vagina wanita.

Bacterial vaginosis (BV) adalah infeksi vagina yang paling umum pada wanita usia 15-44. Vaginitis ada beberapa jenisnya, ada infeksi jamur (kandidiasis), trikomoniasis, chlamydia, gonorrhea, dll. Gejala-gejala vaginitis tergantung pada jenis yang kamu alami.

Gejala yang umum terjadi di antaranya mengalami keputihan tipis putih atau abu-abu. Mungkin ada bau, seperti bau seperti ikan yang kuat, terutama setelah berhubungan seks.

Baca Juga : Jangan Anggap Enteng, Ini 6 Ciri-ciri Umum Penyakit Kelamin pada Wanita

4. Penyakit kelamin wanita klamidia

Klamidia adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri penyebab klamidia biasanya menyebar melalui hubungan seksual tanpa pengaman, atau kontak dengan cairan genital yang terinfeksi (sperma atau cairan vagina).

Meskipun klamidia biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun dan biasanya dapat diobati dengan antibiotik jangka pendek, klamidia bisa jadi penyebab penyakit serius jika tidak diobati sejak dini.

Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti penyakit radang panggul (PID), epididymo-orchitis (radang testis pada pria) dan infertilitas.

Gejala klamidia pada wanita di antaranya:

  • Keputihan abnormal yang mungkin memiliki bau
  • Perdarahan di antara siklus menstruasi
  • Nyeri saat haid
  • Nyeri perut disertai demam
  • Rasa sakit saat berhubungan seks
  • Gatal atau rasa terbakar di dalam atau di sekitar vagina
  • Nyeri saat buang air kecil

5. Penyakit kelamin gonore

Gonore adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri menular seksual yang menginfeksi laki-laki dan perempuan. Gonore paling sering memengaruhi uretra, rektum, atau tenggorokan. Pada wanita, gonore juga dapat menginfeksi serviks.

Gonore paling sering menyebar selama hubungan seks vaginal, oral, atau anal. Dalam banyak kasus, infeksi gonore tidak menimbulkan gejala. Gejalanya dapat mempengaruhi banyak area di tubuh kamu, tetapi umumnya muncul di saluran genital.

Tanda dan gejala infeksi gonore pada wanita meliputi:

  • Meningkatnya frekuensi dan volume keputihan
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Perdarahan vagina diantara siklus menstruasi, seperti setelah hubungan intim vagina
  • Nyeri perut atau panggul

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medline Plus. Diakses pada 12 Juli 2020. Vaginal Diseases

Medline Plus. Diakses pada 12 Juli 2020. Vaginitis

Mayo Clinic. Diakses pada 12 Juli 2020. Gonorea

NHS. Diakses pada 12 Juli 2020. Chlamydia

    register-docotr