Kamus Penyakit

Jangan Sepelekan! Kenali Gejala Penyakit Asam Urat Sebelum Terlambat

April 29, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penyakit asam urat pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri di bagian kaki. Meski bisa diobati, penyakit ini tak boleh disepelekan agar tidak semakin parah.

Untuk itu, yuk kita kenali penyakit ini secara mendalam!

Apa itu penyakit asam urat?

Pada dasarnya, penyakit yang satu ini adalah kondisi ketika ada peningkatan asam urat dalam darah yang menyerang persendian, terutama di bagian kaki.

Apa penyebab penyakit asam urat

Banyak faktor yang bisa menyebabkan orang terkena penyakit ini, mulai dari faktor genetik, makanan, dan gaya hidup yang kurang disiplin.

Berikut ini beberapa faktor yang sering menyebabkan kenaikan asam urat:

  • Konsumsi makanan kurang sehat

Makanan merupakan salah satu faktor yang paling memiliki efek besar timbulnya berbagai penyakit.

Makanan seperti daging tinggi lemak, makanan laut, minuman yang terlalu mengandung gula atau zat pemanis buatan, alkohol dan minuman bersoda lainnya yang bisa menyebabkan penyakit ini timbul.

  • Memiliki riwayat penyakit lain

Banyak orang yang memiliki penyakit ini dipicu karena memiliki penyakit bawaan lain seperti jantung, ginjal, dan stroke yang tak kunjung sembuh.

Maka dari itu, usahakan agar menjaga pola hidup yang sehat agar kamu terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Faktor genetik atau keturunan

Jika ada salah satu atau beberapa keluarga kamu yang memiliki riwayat penyakit yang satu ini, maka risiko kamu mengidap penyakit ini akan semakin meningkat.

Gejala penyakit asam urat

Biasanya orang-orang yang memiliki penyakit ini akan merasakan nyeri, timbul pembengkakan, dan terasa panas di persendian.

  • Nyeri sendi dan bengkak

Secara umum, orang yang terkena penyakit ini awalnya akan merasakan nyeri persendian di bagian kaki khususnya di jempol kaki, pergelangan kaki, lutut kaki, serta siku, pergelangan tangan dan jari tangan.

Biasanya juga sering terasa seperti kesemutan di bagian-bagian tersebut. 

Nyeri ini biasanya akan berlangsung selama 4 hingga 12 jam pertama setelah sakit ini terasa.

Nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini juga akan lebih sering terasa pada pagi hari saat bangun tidur atau pun malam hari ketika menjelang tidur.

  • Kemerahan di kaki

Biasanya nyeri sendiri yang diakibatkan oleh asam urat akan sangat terasa pada bagian kaki dan akan menimbulkan warna kemerahan serta rasa panas menyengat saat berjalan.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, jila tidak segera ditangani akan semakin susah untuk digerakkan.

  • Sendi kaku dan susah bergerak

Ketika penyakit ini sedang menyerang, baik di kaki ataupun bagian tubuh lain biasanya persendian kamu akan terasa semakin keras dan kaku.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, persendian kamu akan mati rasa dan bisa menyebabkan lumpuh dalam jangka panjang jika tidak segera diobati.

Cara mengobati penyakit asam urat

Selain didukung oleh obat-obatan, ada beberapa hal lain yang harus dilakukan untuk mencegah asam urat kamu semakin tinggi:

1. Perbanyak minum air putih

Sudah kita ketahui bahwa air putih memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Seperti halnya pada penyakit ini, usahakan kamu memperbanyak minum air putih.

Hal ini bisa mengurangi rasa nyeri pada persendian kamu akibat penyakit ini.

Selain itu, memperbanyak minum air putih dapat memicu ginjal kamu untuk melepaskan cairan tubuh yang berlebih, agar mengurangi terjadinya pembengkakkan sendi.

2. Kompres sendi dengan air es

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri di sendi dengan mengompres sendi yang bengkak dengan air es. Kamu bisa mengompresnya selama kurang lebih 10-15 menit. 

3. Hindari stres

Stres adalah salah satu hal yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Sebaiknya kamu menghindari stres berlebih agar terhindar dari penyakit.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga ringan, melakukan hobi, meditasi atau yoga, dan pastinya harus istirahat yang cukup, ya.

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah adalah sumber makanan yang memiliki segudang manfaat baik seperti vitamin dan mineral untuk tubuh kamu.

Sebaiknya untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah penyakit ini, kamu diharuskan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat

Asam urat yang tinggi dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan yang memiliki kadar asam urat yang tinggi juga. Inilah beberapa makanan yang patut kamu hindari agar penyakit kamu tidak semakin parah.

1. Jeroan

Bagi kamu penderita penyakit yang satu ini dan masih suka mengonsumsi ini, mulai sekarang  sebaiknya stop konsumsi jeroan.

Jeroan ayam maupun kambing sangat tidak baik untuk penderita asam urat tinggi. Kandungan purin yang ada di jeroan akan memperparah rasa nyeri di persedian kamu.

2. Daging Sapi Merah

Meski rasanya sangat nikmat, daging sapi maupun kambing sebaiknya kamu kurangi. Kamu boleh mengonsumsinya, tetapi ingat sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh kamu.

Idealnya kamu boleh mengonsumsi daging sapi cukup beberapa gram saja selama seminggu. Hindari mengonsumsi bagian lemak, karena disitulah pusat purin yang bisa menyebabkan asam penyakit ini semakin parah.

3. Seafood

Makanan laut juga memiliki banyak kandungan purin dan kalium yang dapat memicu asam urat kamu semakin tinggi. Sama seperti halnya daging merah, kamu boleh mengonsumsi seafood dengan kadar yang cukup agar penyakit kamu tidak semakin parah.

4. Beberapa Jenis Sayuran

Memang pada dasarnya semua sayuran baik untuk kesehatan tubuh kamu. Tetapi ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya kamu hindari agar asam urat kamu tidak semakin tinggi. 

Sebaiknya hindari mengonsumsi sayur bayam, kembang kol, asparagus, dan buncis. Hal ini dikarenakan kandungan purin yang cukup tinggi pada sayuran tersebut. Kamu masih bisa mengonsumsinya tetapi jangan terlalu banyak ya.

Minuman yang dapat meningkatkan risiko asam urat

Tidak hanya makanan saja, ada beberapa minuman yang sebaiknya kamu kurangi dan hindari agar penyakit kamu tidak semakin meningkat. Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

1. Minuman yang terlalu manis

Minuman manis memang sangat menyegarkan dan melegakkan tenggorokan kamu. Tetapi bagi penderita penyakit ini, sebaiknya kamu mengurangi dan menghindari minuman yang terlalu manis dan mengandung pemanis buatan.

Beberapa jenis minuman yang mengandung pemanis buatan seperti minuman bersoda, minuman berenergi, aneka jus buah, air lemon manis, es teh manis, dan minuman yang mengandung konsentrat buah-buahan.

2. Minuman beralkohol

Bagi kamu penderita penyakit ini tapi masih gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Semua jenis alkohol dapat meningkatkan risiko asam urat kamu.

Hal ini dikarenakan saat kamu minum alkohol, organ ginjal kamu akan bekerja keras untuk menghilangkan alkohol dibandingkan asam urat kamu.

Jenis makanan untuk menurunkan kadar asam urat darah

Banyak berbagai cara untuk menurunkan asam urat dalam darah. Salah satu cara yang ampuh adalah menjaga pola makan kamu menjadi lebih sehat.

Nah, apa saja sih makanan yang mampu mengendalikan penyakit yang satu ini?

1. Ikan salmon

Sebagaimana kita ketahui, ikan salmon adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh kamu.

Para penderita penyakit ini dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon karena kandungan purin yang rendah dan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

2. Beras merah

Beras merah identik dengan orang yang sedang menjalankan program diet. Beras merah mengandung karbohidrat yang tinggi namun memiliki kadar gula yang rendah.

Selain itu, kadar kalori yang rendah terdapat dalam beras merah sehinggal mampu untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

3. Seledri

Meski rasanya kurang memikat lidah kamu, tetapi daun seledri memiliki khasiat baik untuk menurunkan kadar asam urat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan merebus daun seledri dan meminum segelas ekstrak seledri secara rutin satu gelas sehari.

Buah-buahan yang ampuh menurunkan asam urat

1. Apel

Buah yang satu ini bisa jadi salah satu alternatif bagi para penderita penyakit ini. Kandungan zat asam malat yang ada di buah apel mampu membantu menetralkan kandungan asam urat di dalam tubuh kamu. 

Tidak hanya itu saja, zat asam malmat juga mampu membuang asam urat melalui urin di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat kamu loh.

2. Alpukat

Selain rasanya yang khas dan lezat, ternyata buah alpukat mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Buah yang rasanya yang sedikit tawar ini, memiliki kandungan gula yang rendah sehingga baik dikonsumsi orang yang sedang diet.

Sifat basa yang ada di buah alpukat juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kamu.

3. Pisang

Buah yang paling mudah kamu temukan di Indonesia ini, memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh salah satunya bagi penderita penyakit yang satu ini.

Buah pisang memiliki kandungan seperti kalium tinggi, gula rendah, dan kadar alkali tinggi sehingga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kamu. 

Buah pisang merupakan sumber kalium yang sangat tinggi yang mampu menyerap kadar asam urat dan membuangnya lewat urine.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. healthline (2019) diakses 28 April 2020. How to Reduce Uric Acid in Body. 28 April 2020 pukul 17.45.
  2. livescience (2017) diakses 28 April 2020. Gout: Causes, Symptomps and Treatment. 28 April 2020 pukul 18.00.
    register-docotr