Kamus Penyakit

Hati-Hati Para Gamer Online! Penyakit Tangan Ini Mengintai Kamu

April 27, 2020 | Santi Andriani | dr. Halida Citra
feature image

Teknologi tidak hanya dimanfaatkan untuk mengolah sumber daya alam saja. Tetapi juga dimanfaatkan untuk mencari hiburan, salah satunya game online. Sayangnya penyakit akibat main game online juga kerap mengintai mereka yang kecanduan game online.

Game online saat ini sudah menjadi pengisi waktu luang di jaman sekarang. Game online tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja melainkan orang dewasa.

Ternyata terlalu sering bermain game online bisa membuat tangan terkena penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Baca Juga: Waspadai, 4 Penyakit Ini Incar Pekerja Kantoran

Penyakit akibat main game online, carpal tunnel syndrome

penyakit akibat main game online
Penyakit akibat main game online umumnya menyerang tangan. Foto:https://handsforliving.com/

Carpal tunnel syndrome adalah kumpulan tanda dan gejala yang terjadi karena penyempitan saraf median di Carpal Tunnel. 

Carpal tunnel syndrome biasanya paling sering menyerang pergelangan tangan hingga jari-jari tangan yang dominan dipakai untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tapi tidak menutup kemungkinan kedua pergelangan tangan juga terkena. 

Gejala carpal tunnel syndrome

penyakit akibat main game online
nyeri dan kesemutan di pergelangan tangan bisa jadi gejala CTS. Foto: https://www.shutterstock.com

Umumnya gejala yang ditemukan pada carpal tunnel syndrome bisa menyerupai,

-Nyeri di pergelangan tangan 

-Kesemutan di pergelangan tangan

-Kelemahan otot pergelangan tangan

-Mati rasa di pergelangan dan nyeri terutama dirasakan pada malam hari

Semakin sering melakukan gerakan kecil berulang seperti menekuk dan memutar pergelangan tangan terlalu sering dalam waktu lama dan mengetik tidak dengan posisi ergonomis, dapat menyebabkan nyeri akan makin bertambah. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa Agar Tak Mudah Sakit

Penanganan carpal tunnel syndrome, penyakit akibat main game online

penyakit akibat main game online
Kecanduan main game online sebabkan penyakit CTS. Foto: https://www.shutterstock.com

Untuk mengurangi nyeri pada carpal tunnel syndrome, ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Mengonsumsi obat nyeri seperti ibuprofen bila diperlukan. 
  • Sebaiknya kamu menghindari gerakan menekuk dan memutar  pergelangan tangan berulang-ulang kali dalam waktu lama. 
  • Tindakan operasi

Menurut  American Academic of Orthopaedic Surgeons, bisa melakukan nerve glading exercise yang bisa dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter bedah tulang.

  • Istirahatkan lebih sering pergelangan tangan bila terlalu aktif digunakan untuk menghindari tekanan. 
  • Menggunakan splint yang bisa didapatkan di apotek terdekat dan dipakai di pergelangan tangan saat tidur. 
  • Usahakan tidur dengan posisi pergelangan tangan tetap lurus.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Berolahraga agar tetap kuat dan fleksibel. 

Dampak main game

Game online memang menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu atau bahkan melepaskan stres. Selain dapat menyebabkan penyakit CTS, game online juga dapat menimbulkan beberapa dampak.

Tetapi, yang perlu diketahui adalah game online dapat menimbulkan dampak positif dan negatif.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai dampak main game.

Dampak main game yang bersifat positif

Di balik kesenangan yang ditawarkan oleh game online, terdapat beberapa dampak main game yang bersifat positif yang bisa diperoleh hanya dengan bermain game online, ini dapat termasuk:

Meningkatkan fungsi kognitif

Para pemain game, dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka dengan bermain game online. Kombinasi fokus dengan gelombang neurotransmitter akan memperkuat sirkuit saraf yang membentuk otak.

Pengambilan keputusan dan akurasi

Para gamer dituntut untuk membuat keputusan yang tepat dan akurat. Hal ini menyebabkan game online dapat membantu melatih otak untuk mengambil keputusan cepat tanpa kehilangan ketepatan.

Meningkatkan korrdinasi mata dan tangan

Seseorang yang bermain game online, harus memainkan game mereka dengan koordinasi mata dan tangan yang maksimal. Hal ini dapat membuat koordinasi mata dan tangan gamer dapat meningkat.

Meningkatkan kerja sama tim

Game online dengan banyak pemain akan meningkatkan kerja sama tim di antara para gamer. Para pemain akan menggunakan sebagian besar keahlian mereka untuk memenangkan permainan.

Dampak main game yang bersifat negatif

Selain dapat menimbulkan dampak positif, game online juga dapat menimbulkan dampak negatif, terutama bagi seseorang yang kecanduan dalam bermain game. Dampak negatif ini harus diperhatikan karena dapat sangat berbahaya.

Perilaku agresif

Setiap pemain ingin memenangkan permainan dan oleh karenanya hal ini dapat mengembangkan perilaku agresif. Game tembak-menembak dapat menimbulkan pandangan buruk bagi para gamer karena mereka dapat melihat masyarakat dalam pandangan yang sama.

Penyendiri

Biasanya seseorang yang kecanduan dalam bermain game sulit untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Jika kecanduan tetap berlanjut, mereka dapat menyendiri sepanjang waktu.

Menyerap nilai-nilai yang salah

Game online dapat mengajarkan nilai-nilai yang salah kepada pemainnya. Hal tersebut dapat membuat pemain menyerap nilai-nilai yang salah tersebut dalam kehidupan nyata.

Masalah kesehatan

Dampak main game lainnya yang membahayakan adalah dapat menyebabkan masalah kesehatan, misalnya saja gangguan pada mata, otot, kerangka dan postural, mati rasa di bahu, tangan, dan siku, obesitas, atau bahkan yang dapat membahayakan tubuh adalah kejang.

Performa akademik yang buruk

Bermain game online dalam waktu yang lama akan berdampak pada performa akademik. Gamer yang kecanduan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk fokus pada pendidikan dan karir mereka

Kelelahan

Kelelahan merupakan dampak negatif lainnya yang ditimbulkan akibat kecanduan bermain game online. Seseorang yang kecanduan bermain game online, seringkali menghindari tidur untuk terus bermain. Hal ini dapat menyebabkan gangguan tidur.

Pola makan yang salah

Selain kelelahan, seseorang yang kecanduan akan game online juga dapat menghindari mengonsumsi makanan yang benar untuk terus bermain game. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan terkait dnegan diet.

Bermain game sebenarnya sah-sah saja, tetapi sebaiknya hindarilah bermain game secara berlebihan karena dapat menyebabkan kecanduan. Tak hanya itu saja, dampak main game yang bersifat negatif yang dapat ditimbulkan juga harus benar-benar diperhatikan.

Meninggal akibat main game online

Kecanduan dalam bermain game memang dapat sangat membahayakan kesehatan. Ada beberapa laporan yang pernah menyebutkan seseorang meninggal akibat main game online.

Dihimpun dari CNN Indonesia, pada tahun 2017 seorang pria China yang menamakan dirinya ‘Lonely King’ diberitakan meninggal akibat kelelahan bermain game “King of Glory”.

Ia diduga kelelahan karena memaksakan dirinya tetap terjaga hampir setiap malam selama 9 jam penuh, sejak bulan Juli hingga awal November.

Lonely King sendiri merupakan gamer yang sukses dan seringkali memamerkan keahliannya bermain game selama berjam-jam setiap hari. Kabar kematiannya menjadi headline di berbagai media China.

Lonely King bukanlah satu-satunya seseorang yang meninggal akibat main game online. Dilansir dari Kompas.com, pada tahun 2019 remaja 17 tahun asal Thailand yang bernama Piyawat Harikun juga meninggal akibat main game online.

Ia ditemukan meninggal di dalam kamarnya. Serangan stroke yang menimpanya setelah ia semalaman bermain video game tanpa henti menjadi penyebab utama ia meninggal.

Punya pertanyaan lain terkait masalah ini? Silakan chat kami melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami siap membantumu selama 24/7.

Reference

Chammas M; Boretto J; Burmann LM; Ramos RM; Neto FS; Silva JB. Carpal Tunnel Syndrome – Part I (Anatomy, Physiology, Etiology, and Diagnosis) Rev Bras Ortop . 2014 . Sept–Oct. 49 (5) : 437-45.

Chammas M; Boretto J; Burmann LM; Ramos RM; Neto FS; Silva JB. Carpal Tunnel Syndrome – Part II (Treatment) Rev Bras Ortop . 2014 . Sept–Oct. 49 (5) : 437-45.

Garland FC; Garland CF; Doyle EJ; Balazs LL; Levine R; Pugh WM; Gorham ED. Carpal Tunnel Syndrome and Ocupation in U.S. Navy enliste personnel. Arch Environ Health. 1996. Sept-Oct. 51 (5) : 395-407.

American Academy Of Orthopaedic Surgeons. Carpal Tunnel Syndrome. N.d.  28 august 2019.

CNN Indonesia (2017). Diakses pada 01 September 2020. Kecanduan Game, Pria China Meninggal karena Kelelahan 

Kompas.com (2019). Diakses pada 01 September 2020. Remaja 17 Tahun Meninggal di Depan PC setelah Main Game Semalaman 

Live Well. Diakses pada 01 September 2020. Video Game Addiction: Signs, Effects and Treatment 

Journal of Addiction Medicine and Therapeutic Science (2018). Diakses pada 01 September 2020. Gaming Disorder and Effects of Gaming on Health: An Overview 

PsychGuides.com. Diakses pada 01 September 2020. Video Game Addiction Symptoms, Causes and Effects 

Tech Bead (2018). Diakses pada 01 September 2020. Possitive and Negative Effects of Online Gaming 

 

    register-docotr