Kamus Penyakit

Mengenal Operasi Amandel

May 11, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pastinya kamu sudah sering mendengar banyak orang bahkan anak kecil yang melakukan operasi amandel? Berikut ini ulasannya tentang operasi amandel.

Baca Juga: Kreasi Menu Sahur dan Buka Puasa Kaya Gizi untuk Anak

Pengertian operasi amandel

Operasi amandel adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat amandel (tonsil) yang paling sering dilakukan akibat peradangan amandel (tonsillitis).

Amandel (tonsil) merupakan dua jaringan getah bening yang berbentuk oval dan terletak di bagian belakang tenggorokan kanan dan kiri.

Penyakit ini biasanya paling sering terjadi pada anak-anak, hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh pada anak kecil belum sepenuhnya aktif.

Hal ini membuat penderitanya akan merasakan sakit dan ketidaknyamanan yang luar biasa pada tenggorokannya.

Biasanya operasi amandel harus dilakukan ketika tidak ada cara lain untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski operasi ini tidak berbahaya, tetapi kamu harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi setelah operasi ini dilakukan.

Karena efek samping di setiap orang berbeda, tergantung dari kondisi tubuh dan metabolisme tiap orang.

Prosedur operasi

Sebelum kamu melakukan operasi penyakit ini, kamu sebaiknya mengetahui beberapa prosedur amandel terlebih untuk anak-anak. Ada 3 tahapan prosedur yang sebaiknya kamu lakukan, untuk lebih jelasnya berikut uraiannya:

  • Sebelum operasi

Biasanya sebelum melakukan operasi, kamu harus berhenti makan ataupun minum. Hal ini diharuskan karena saat melakukan operasi, perut kamu harus dalam keadaan kosong.

Jika hal ini akan dilakukan pada anak, orang tua sebaiknya menemani supaya anak tidak merasa takut dan cemas.

  • Saat operasi

Biasanya dokter akan memberikan anastesi atau obat bius agar pasien tidak merasakan sakit selama menjalankan operasi. Kemudian, dokter akan mengangkat amandel dari dalam mulut kamu. 

Saat proses bedah, biasanya dokter menggunakan  alat bedah khusus yang memilki energi panas untuk menghilangkan atau menghancurkan jaringan, dan juga menghentikan pendarahan. Operasi ini biasanya akan berlangsung selama 45 – 60 menit.

  • Setelah operasi

Pada umumnya setelah melakukan operasi, pasien akan pulang dan melakukan prosedur rawat jalan. Tetapi ada juga yang harus menjalani rawat inap sampai kondisi benar-benar pulih. 

Hampir setiap orang yang melakukan operasi ini akan merasakan nyeri di tenggorokan dan telinga, bahkan ada juga merasakan sakit di leher dan rahang.

Jika terasa sakit, sebaiknya kamu minum obat segera mungkin. Biasanya dokter juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan rasa nyeri setelah operasi.

Baca Juga: Hobi Makan Pedas Bisa Sebabkan Usus Buntu? Ini Faktanya

Efek samping operasi amandel

Meski operasi ini terbilang operasi ringan dan aman, tetapi bisa menimbulkan risiko dan efek samping operasi amandel yang justru membahayakan kamu loh. Berikut komplikasi yang bisa terjadi akibat operasi ini:

Operasi pengangkatan amandel punya efek samping. Foto: https://pixabay.com

Pendarahan

Pada umumnya kegiatan yang melibatkan pengangkatan jaringan akan menimbulkan pendarahan. Biasanya pendarahan bisa dihentikan saat operasi berjalan.

Tetapi pada kondisi tertentu akan menimbulkan pendarahan berlanjut setelah beberapa jam ataupun beberapa hari berikutnya. 

Infeksi

Meski kemungkinan terjadinya infeksi kecil setelah menjalani operasi ini, hal ini dapat terjadi jika kamu salah merawat kondisi amandel kamu.

Hal ini bisa dikarenakan karena pola makan yang tidak sesuai ataupun disebabkan oleh virus dan bakteri pada tenggorokan. Agar menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu tetap menjadi makanan yang kamu konsumsi dan pola hidup sehat ya.

Nyeri tenggorokan

Gejala ini sangat umum terjadi pada setiap orang yang tiap sehabis operasi amandel. Hal ini biasanya terjadi selama 2 minggu pasca operasi. Biasanya pasien disarankan untuk mengonsumsi obat pereda sakit setelah operasi.

Kerusakan gigi dan rahang

Hal ini dapat terjadi dikarenakan saat melakukan proses operasi, kondisi mulut pasien akan terbuka selama kurang lebih 1 jam. Pemakaian alat bedah saat operasi juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan rahang kamu. 

Biaya operasi

Biasanya biaya operasi pengangkatan amandel ini bervariasi tergantung dari tindakan dan fasilitas yang digunakan saat menjalankan perawatan.

Biasanya di sejumlah rumah sakit di Indonesia, biaya prosedur operasi ini berkisar Rp15 juta hingga Rp20 juta

Jadi sekarang sudah tahu kan meski operasi ini termasuk operasi ringan dan aman, kamu juga tetap harus memikirkan efek samping yang bisa saja berbahaya untuk kamu sendiri. Jadi lebih baik pikirkan dan perhatikan ya sebelum melakukan operasi ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2017) diakses 10 Mei 2020. Tonssilectomy. 10 Mei 2020 pukul 18.15.
  2. mayoclinic.org diakses 10 Mei 2020. Tonssilectomy. 10 Mei 2020 pukul 18.25.
  3. verywellhealth.com (2020) diakses 10 Mei 2020. Tonsillectomy + Surgery: Everything You Need to Know. 10 Mei 2020 pukul 18.35.

 

    register-docotr