Kamus Penyakit

Obat Gatal Alergi, Mulai dari Resep Apotek Hingga Bahan Alami!

August 4, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Obat gatal alergi mudah ditemukan dan efektif mengatasi kulit gatal, lho! Nah, kulit gatal sendiri biasanya disebabkan oleh ruam atau kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati dan gagal ginjal.

Perawatan kulit yang gatal berfokus pada penyebab dan cara menghilangkannya, baik dengan obat apotek maupun alami. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa obat gatal alergi berikut ini.

Baca juga: Mengenal Obat CTM: Pengertian, Efek Samping, Hingga Dosis yang Diperlukan

Apa saja obat gatal alergi yang bisa digunakan?

Kulit bertugas sebagai penghalang yang melindungi bagian tubuh dari ancaman virus, bakteri, dan infeksi lainnya. Setelah sel-sel kulit mendeteksi segala jenis zat yang mencurigakan, maka akan memicu peradangan.

Dilansir dari Medical News Today, sel kekebalan dapat bereaksi terhadap sesuatu yang menyentuh kulit sehingga menyebabkan infeksi. Beberapa di antaranya akan menyebabkan gejala, berupa ruam, kemerahan, nyeri, serta lecet.

Ada berbagai obat gatal alergi yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala pada kulit. Nah, beberapa obat gatal, baik dengan alami atau apotek yang bisa kamu temukan, antara lain sebagai berikut:

Obat apotek

Gatal merupakan gejala umum dari banyak keluhan kulit dan dapat terjadi pada area tertentu atau seluruh bagian tubuh. Nah, biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa obat-obatan dari apotek yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal.

Krim dan salep kortikosteroid

Obat gatal alergi yang bisa digunakan saat muncul gejala adalah krim dan salep kortikosteroid. Oleskan krim ini pada area yang terasa gatal dan muncul kemerahan.

Gunakan krim secara lembut dan tutup kulit dengan katun lembab. Cara ini bertujuan untuk membantu kulit menyerap obat dan mendapatkan efek pendinginan.

Obat oral

Selain menggunakan krim, obat gatal alergi lain yang bisa digunakan adalah antidepresan yang disebut dengan inhibitor reuptake serotonin selektif. Beberapa jenis obat antidepresan tersebut, antara lain fluoxetine dan sertraline yang umumnya dapat membantu meredakan jenis gatal kronis.

Krim dan salep lainnya

Perawatan lain yang bisa diterapkan pada kulit gatal akibat alergi adalah inhibitor kalsineurin, seperti tacrolimus dan pimecrolimus. Selain itu, gejala mungkin juga akan terasa lebih ringan setelah menggunakan anestesi topikal, capsaicin, dan doxepin.

Obat alami

Tak hanya menggunakan obat dari apotek, gatal akibat alergi bisa juga disembuhkan dengan bahan alami. Beberapa bahan alami yang mudah ditemukan dan efektif mengatasi gejala gatal, seperti:

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah jenis makanan yang biasanya dikonsumsi saat sarapan. Makanan satu ini terbuat dari oat yang telah ditumbuk menjadi bubuk sangat halus.

Produk alami ini biasanya banyak digunakan dalam berbagai jenis sabun dan lotion. Gunakanlah oatmeal secara rutin untuk membantu menyembuhkan gejala gatal akibat alergi.

Gel daun

Untuk mengobati gatal, kamu bisa mencoba produk nabati seperti lidah buaya dan pendingin menthol. Menthol ini sendiri dapat menghasilkan efek pendinginan, yang umumnya dibuat dari tanaman peppermint.

Namun, menthol topikal harus digunakan secara hati-hati karena mungkin bisa mengakibatkan iritasi pada kulit.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, dan anti gatal yang akan membantu menyingkirkan gejala gatal pada kulit.

Cara pembuatannya sangat mudah, yakni dengan menambahkan 3 cangkir cuka sari apel ke dalam air bak mandi. Rendam diri selama 30 menit dan lakukan setiap hari untuk mendapatkan kesembuhan optimal.

Minyak zaitun

Obat gatal alergi dari bahan alami lainnya yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun diketahui dapat menyembuhkan iritasi pada kulit, kulit gatal, hingga ruam.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Cukup oleskan minyak pada kulit yang terasa gatal secara rutin.

Baca juga: Punya Masalah Pencernaan? Begini Cara Detox Usus Mudah dan Alami

Kapan gatal menjadi masalah serius?

Jika gatal terjadi selama 3 hari atau lebih secara konsisten dan tidak menghilang meski sudah diberikan obat, maka segera berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan melakukan diagnosis terhadap gejala gatal dan menentukan metode pengobatan yang cocok.

Walaupun gatal biasanya tidak mengindikasikan masalah serius, namun pada umumnya dapat mengindikasikan masalah serius, seperti tiroid, ginjal, bahkan kanker. Untuk itu, segera hubungi dokter apabila gatal sudah mulai parah dan menyebabkan ketidaknyaman.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medical News Today (2018), diakses 30 Juli 2020. Why is my skin itchy?
  2. Mayo Clinic (2018), diakses 30 Juli 2020. Itchy skin (pruritus)
  3. Healthline (2019), diakses 30 Juli 2020. The 8 Best Remedies for Itching
  4. Boldsky (2018), diakses 30 Juli 2020. Having An Itchy Skin: Try Out These 13 Home Remedies
    register-docotr