Kamus Penyakit

Ini Lho 7 Obat Alami untuk Sakit Punggung yang Perlu Kamu Tahu

May 8, 2020 | Ahmad Ridwan
feature image

Memang tidak enak ketika sakit punggung menyerang, apalagi jika kamu sedang sibuk menjalankan aktivitas. Cara mengobatinya pun beragam, kamu dapat membeli obat di apotek ataupun menggunakan obat alami untuk sakit punggung.

Obat alami yang dimaksud adalah minyak esensial, herbal, atau terapi alternatif sebagai penghilang rasa sakit di punggung.

Nah, berikut adalah obat alami untuk sakit punggung yang patut kamu coba.

  • Minyak esensial lavender

Minyak esensial lavender dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Sebagian besar orang menggunakan minyak lavender untuk menghilangkan rasa sakit, gangguan susah tidur, serta meredakan kecemasan.

Penelitian pada tahun 2012 membuktikan bahwa menghirup minyak lavender dapat menghilangkan rasa sakit, terutama migraine. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minyak lavender memiliki anti-inflamasi dan antioksidan.

Untuk meredakan rasa sakit pada punggung, cukup mengoleskan minyak lavender di bagian punggung yang terasa sakit atau nyeri.

  •  Minyak esensial rosemary

Rosemary merupakan minyak lain yang dapat meredakan rasa sakit punggung. Beberapa peneliti menyatakan bahwa tanaman rosemary dapat membantu mengobati sakit kepala, nyeri otot dan tulang, serta kejang.

Selain itu, rosemary juga dapat mengurangi peradangan, mengendurkan otot polos, dan meningkatkan daya ingat. Untuk menggunakan minyak rosemary, cukup encerkan minyak bersama minyak zaitun.

Gunakan tiga hingga lima tetes minyak rosemary pada satu ons minyak zaitun lalu oleskan pada punggung yang sakit. Minyak rosemary bekerja pada reseptor opioid yang ada di otak. Reseptor tersebut terlibat langsung dengan timbulnya rasa sakit.

  • Minyak esensial peppermint

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa tanaman peppermint memiliki kandungan anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-nyeri. Senyawa aktif dalam minyak peppermint di antaranya carvacrol, menthol, dan limonene.

Orang sering menggunakan minyak esensial peppermint encer sebagai pengobatan topikal, artinya mereka mengoleskan minyak encer di daerah yang terasa pegal atau nyeri.

  • Minyak alami kayu putih

Minyak ini sudah lama dipercaya menghilangkan rasa sakit di punggung. Obat herbal ini berasal dari tanaman Eucalyptus yang bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan, hingga peradangan pada tubuh.

Penelitian tahun 2013 menyatakan bahwa menghirup minyak kayu putih dapat menghilangkan rasa sakit di tubuh. Bahkan menghirup minyak kayu putih selama 30 menit dapat menghilangkan rasa sakit pasca operasi penggantian lutut.

  • Cengkeh                          

Umumnya, orang menggunakan cengkeh sebagai obat rumah untuk menghilangkan sakit gigi. Tahun 2006, penelitian menemukan gel cengkeh yang sama efektifnya dengan benzocaine gel

Dokter gigi menggunakan benzocaine gel untuk menghilangkan nyeri pada gusi yang disebabkan oleh suntikan. Para peneliti mencoba mengganti benzocaine gel dengan gel cengkeh, hasilnya gel cengkeh dapat dengan cepat mengurangi rasa nyeri.

  • Jahe

Jahe adalah akar yang diyakini sejak zaman dahulu dapat menghilangkan semua rasa sakit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, menyatakan bahwa mengonsumsi 2 gram jahe per hari dapat mengurangi nyeri otot, termasuk otot punggung karena terlalu lama duduk.

Hasil maksimal terlihat jika meminum ramuan jahe selama 5 hari berturut-turut. Para peneliti juga menyarankan untuk mengonsumsi jahe agar mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan efek samping dari olahraga.

Coba masukkan jahe pada makanan atau campurkan jahe pada minuman, seperti smoothie atau teh. Banyak orang yang mengonsumsi jahe dalam bentuk suplemen. Akan tetapi, membuat sendiri di rumah lebih sehat.

  • Kunyit

Curcumit, bahan aktif dalam rempah kunyit memiliki kualitas penghilang rasa sakit di punggung. Penelitian pada tahun 2014, menemukan bahwa ekstrak kunyit sama efektifnya dengan ibuprofen dalam meredakan rasa nyeri.

Penelitian juga dibuktikan pada penderita osteoarthritis lutut. Terbukti setelah mengonsumsi kunyit selama 4 minggu, rasa nyeri pada lutut berkurang.

Kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan. Jika punggung mulai terasa nyeri atau pegal, masukkan kunyit alami dalam makanan. Bisa juga mencampur kunyit pada minuman favorit, seperti jus, teh, atau smoothies.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr