Diet dan Nutrisi

Jaga Kesehatan Selama di Rumah, Ini Tips yang Perlu Kamu Lakukan

May 28, 2020 | Ahmad Ridwan
feature image

Menjaga kesehatan di rumah serta menerapkan aturan social distancing selama musim pandemi mungkin telah menyebabkan kebosanan tersendiri, namun mau tak mau kamu harus menerapkan aturan tersebut.

Ketidakjelasan kapan pandemi ini akan berakhir tentu membebani pikiran, apalagi ditambah dengan badan yang kurang aktif digerakkan, bisa jadi justru membuat kondisi kesehatan kamu jadi drop.

Jangan sampai niat untuk menjauhi virus malah bikin kamu stres dan menimbulkan penyakit lainnya.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di rumah selama musim pandemi covid-19.

Gerakkan Badan

Rumah memang beda dengan gym tempat kamu biasa berolahraga, tapi ingat kalau kamu tetap harus tetap aktif secara fisik. Dengan aktif secara fisik, kamu bisa mengontrol berat badan dan mencegah penyakit seperti diabetes tipe 2, stroke, atau tekanan darah tinggi.

Bergerak selama 5 menit di sela-sela waktu bekerja atau dengan jalan kaki di dalam rumah atau stretching bisa melancarkan sirkulasi darah dan otot. Biarkan tubuh kamu gerak walaupun ringan agar tetap aktif dan sehat.

Untuk olahraga, kamu bisa melakukan olahraga tanpa alat seperti naik turun tangga, stretching, joget, atau zumba. Di internet juga banyak kelas-kelas olahraga online di mana kamu bisa turut berpartisipasi bareng teman-teman.

Baca buku

Saat ini adalah saat yang tepat untuk melihat kembali koleksi buku yang kamu miliki. Dengan membaca buku kamu dapat mengalihkan pikiran dari hal-hal yang bikin stres yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Meditasi

Meditasi untuk menenangkan pikiran dan menjauhkannya dari stres bisa menjadi pilihan yang tepat. Sekarang sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa di-download sebagai panduan agar kamu bisa bermeditasi dengan tenang.

Untuk kamu yang biasa mengambil kelas yoga, ayo gelar mat kamu dan lakukan pose yang kamu bisa. Ini waktu yang tepat buat kamu menyempurnakan pose yoga sekaligus bermeditasi dengan tenang.

Makan sehat

Selama di rumah, jajan online memang jadi pilihan yang menggoda banget apalagi kalau sudah bosan dengan makanan rumah. Apapun itu, pastikan kamu tetap memenuhi nutrisi yang seimbang biar badan tetap sehat.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencoba bikin resep-resep baru yang teman kamu bagikan di media sosialnya atau dari internet. Dengan masak sendiri, kamu tahu kebersihan dan bahan-bahan makanan yang kamu buat, sehingga kamu bisa memastikan keamanannya.

Berbagi informasi

Di tengah era di mana semua bergerak dengan sangat cepat seperti sekarang, informasi adalah satu hal yang harus kamu perhatikan. Saat pandemi terjadi, akan banyak informasi yang berseliweran dan tidak semuanya menyenangkan.

Mendapatkan informasi yang baik dan layak soal COVID-19 memang penting, tapi pastikan kamu mendapatkan informasi yang valid dan resmi. Ikuti informasi dari WHO, kanal berita dan akun media sosial ilmuwan yang terpercaya sehingga kamu tidak menjadi panik dengan informasi terkait covid-19.

Jauhkan smartphone jika kamu merasa informasi-informasi yang kamu dapatkan malah membuat kamu menjadi stress. Bagi waktu dengan baik, dan jauhkan diri sejenak dari informasi dan hal-hal yang membebani pikiran

Bersosialisasi

Ketika kamu di rumah sendirian tanpa ada orang lain, jangan sampai kamu jadi anti sosial. Hubungi orang tua, kerabat, teman, atau pasangan untuk sekadar bertanya kabar dan mengobrol agar kamu tidak merasa sendirian terus menerus.

Istirahat yang cukup

Biasakan tetap menjaga tidur dan bangun tepat waktu sesuai dengan kebiasaan agar kamu tetap mendapatkan istirahat yang cukup.

Tidak adanya aktivitas membuat orang rentan begadang dan mengabaikan kewajiban tidur malam. Padahal tidur malam sangat penting terutama untuk menjaga imunitas tubuh.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

Stay physically active during self-quarantine. Diakses pada 22 April 2020. WHO Europe. http://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov-technical-guidance/stay-physically-active-during-self-quarantine.

A Cosmonaut Shares 5 Tips on How to Stay Sane in Quarantine. Diakses pada 22 April 2020. Science Alert. https://www.sciencealert.com/here-are-5-tips-from-a-russian-cosmonaut-so-you-don-t-go-crazy-during-quarantine.

How to Stay Physically and Mentally Healthy While COVID-19 Has You Stuck at Home. Diakses pada 22 April 2020. Time. https://time.com/5804130/covid-19-social-distancing-wellness/.

[Tips for Staying Healthy While Stuck at Home. Diakses pada 22 April 2020. American Cancer Society. https://www.cancer.org/latest-news/tips-for-staying-healthy-while-stuck-at-home.html.

#HealthyAtHome. Diakses pada 22 April 2020. WHO. https://www.who.int/news-room/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome.

    register-docotr