Kamus Penyakit

Bosan Minum Obat, Inilah Cara Alami Mengatasi Sesak Napas

April 30, 2020 | Santi Andriani | dr. Iqbal Adi Anugra
feature image

Setiap orang pasti pernah merasakan keluhan sesak nafas. Tapi sebelumnya apakah kamu tahu tentang sesak nafas? Lalu apakah harus dengan meminum obat untuk mengatasi sesak napas?

Nah tidak perlu khawatir dan cemas. Kamu bisa melakukan beberapa cara alami ini selain dengan minum obat untuk mengatasi sesak napas. 

Namun jika kamu mempunyai riwayat penyerta yang menyebabkan sesak nafas, maka cara alami ini hanya bersifat mengurangi bukan untuk mengobati keluhan sesak kamu. 

Baca Juga: 10 Cara Makan Buah Plum yang Nikmat dan Sehat, Wajib Kamu Coba!

Apakah sesak nafas itu?

mengatasi sesak napas
Sesak napas adalah kondisi kekurangan oksigen pada paru-paru. Foto: https://www.shutterstock.com

Sesak nafas atau dyspnea merupakan kondisi dimana tubuh kita mengalami kekurangan pasokan oksigen di paru-paru kita. Dyspnea ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu akut dan kronik. 

1. Sesak napas akut

Dikatakan akut jika keluhan sesak nafas yang kamu rasakan berlangsung beberapa menit atau beberapa jam disertai dengan demam, ataupun batuk. 

2. Sesak napas kronik

Sedangkan jika kronik apabila sesak yang kamu rasakan berlangsung setiap hari sampai mengganggu aktivitas seperti timbulnya sesak saat berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Kenali gejala dan peyebab sesak napas

mengatasi sesak napas
gejala dan penyebab sesak napas. Foto:https://www.shutterstock.com

Sesak nafas dapat dirasakan dari gejala yang ringan sampai berat seperti demam, batuk, kulit tampak kebiruan, serta sesak yang disebabkan karena alergi makanan atau obat. 

Lalu kenapa sih bisa muncul sesak nafas? Apa penyebabnya? Yup, penyebab yang dapat memicu sesak antara lain cemas, merokok, minum alkohol, obesitas, alergi, kurang tidur.

Namun sesak nafas yang muncul jangan dianggap sepele, jika gejala dirasakan tidak membaik dan semakin memberat kemungkinan sesaknya dapat berasal dari gangguan di jantung, penyakit pada paru seperti PPOK, asma, pneumonia dan kanker paru-paru. 

Maka sebaiknya tidak usah ragu-ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana cara mengatasi sesak nafas tanpa minum obat?

Sesak nafas seringkali memang sangat mengganggu dan hal itu membuat kamu merasa khawatir. 

Namun jika kamu merasakan keluhan sesak hanya dalam waktu yang relatif cepat dan tidak terdapat kondisi darurat yang ditimbulkan oleh sesak, kamu dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini selain menggunakan pengobatan. 

1. Nafas dalam

Kesulitan bernafas mungkin yang akan kamu rasakan saat terjadinya serangan. Namun dengan kamu mencoba melakukan nafas dalam, akan dapat membantu kamu mengurangi keluhan sesak. 

Cara yang dapat kamu lakukan di rumah seperti:

  • Berbaring, lalu letakkan tangan di perut
  • Bernafas dalam dengan hidung agar membiarkan paru-paru terisi udara
  • Tahan nafas selama beberapa detik
  • Lalu keluarkan perlahan-lahan udara lewat mulut, hingga udara di paru-paru anda keluar
  • Diulangi 5-10 menit

2. Minum kafein mengatasi sesak napas

mengatasi sesak napas
Kafein membantu menangani sesak napas. Foto: https://www.shutterstock.com

Berdasarkan penelitian pada 2001, dengan meminum kafein akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru selama 4 jam.

Kamu dapat meminumnya sebanyak 3 cangkir dalam sehari. Namun, jika kamu mempunyai riwayat maag atau lambung maka sebaiknya mengurangi konsumsi kafein. 

3. Mengatasi sesak napas dengan Eucalyptus oil

Dengan menghirup eucalyptus oil seperti Vaporin atau Vicks VapoRub dapat membantu mengurangi keluhan sesak karena kandungan di dalamnya berfungsi menekan anti peradangan penyebab sesak.

4. Pursed-lip breathing

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Membantu memperlambat laju pernafasan sehingga menjadi lebih efektif. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan:

  • Merelaksasikan leher dan bahu 
  • Ambil nafas perlahan melalui hidung untuk beberapa detik
  • Tekan bibir bersama-sama dengan membuat celah di tengah seperti kamu bersiul
  • Buang nafas secara perlahan melalui celah bibir dalam hitungan keempat.

Baca Juga: Perbedaan Pernapasan Dada dan Perut, Mana yang Lebih Baik?

5. Mencari posisi yang nyaman untuk mengatasi sesak napas

Mencarti posisi yang nyaman. Sumber Foto : https://www.inc.com/

Pada saat sesak nafas muncul, kamu mungkin akan gelisah untuk menemukan posisi yang tepat. Nah berikut ini posisi-posisi yang bisa membantu saat kamu sedang mengalami sesak:

  • Berbaring dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal
  • Bersandar pada dinding
  • Duduk di kursi dengan posisi badan maju dan kepala ditopang oleh meja
  • Berdiri dengan tangan ditopang kearah meja

Selain dengan cara diatas untuk mencegah kekambuhan maka sebaiknya kamu menghindari faktor-faktor pencetus timbulnya sesak nafas. Dan jika tidak membaik maka jangan ragu-ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Reference

https://www.healthline.com/health/home-treatments-for-shortness-of-breath. n.d. 07 11 2019.

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175.php. n.d. 07 11 2019.

https://www.webmd.com/lung/shortness-breath-dyspnea#1. n.d. 07 11 2019.

Welsh EJ, Bara A, Barley E, Cates CJ. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20091514. n.d. 07 11 2019.

William C. Shiel Jr., MD, FACP, FACR. https://www.medicinenet.com/shortness_of_breath/symptoms.htm. n.d. 07 11 2019.

    register-docotr