Kamus Penyakit

Catat, Ini 12 Makanan Pantangan Asam Urat yang Sering Disepelekan

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Vivi Puspita Hartono
feature image

Jika kamu adalah penderita asam urat, salah satu hal yang mesti kamu perhatikan adalah makanan yang kamu konsumsi. Makanan pantangan asam urat umumnya adalah makanan yang mengandung tinggi purin, seperti yang terkandung dalam daging sapi, hati, kalkun dll.

Nah, untuk menjaga agar kamu tak diserang asam urat, berikut adalah beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang sebaiknya kamu hindari.

Makanan pantangan asam urat

1. Bayam

Sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid ini ternyata merupakan salah satu makanan pantangan asam urat.

Bagi kamu yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin yang tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gramnya.

2. Asparagus

Bagi kamu yang ingin mendapatkan asupan folat yang tinggi, makanan ini jawabannya.

Namun, meskipun asparagus memiliki kandungan folat dan kalsium yang tinggi dan baik untuk tubuh ternyata asparagus juga menjadi salah satu pantangan makanan asam urat dikarenakan kadar purin yang tinggi sekitar 23 gram per 100 gram asparagus.

3. Kembang kol

Biasanya sayuran yang satu ini digunakan sebagai campuran atau penambah rasa lezat dari suatu masakan dan kerap dijadikan campuran sayuran atau sebagai lauk.

Kembang kol memiliki kadar purin sekitar 51 gram per 100 gram sehingga menjadi salah satu deretan makanan pantangan asam urat.

4. Jamur

Jamur diperkirakan memiliki kandungan purin sekitar 17 hingga 92 gram per 100 gram. Karena itulah jamur masuk ke dalam daftar sayuran yang harus dihindari jika kamu perlu membatasi jumlah asam urat.

5. Minuman beralkohol

Minuman hasil fermentasi (alkohol) tergolong dalam deretan pantangan asam urat dikarenakan alkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat.

Selain itu, akibat dari konsumsi bir itu sendiri kamu dapat merasakan nyeri dan dehidrasi. Minuman beralkohol yang dimaksud misalnya tape, bir, tuak pahit, dan lainnya.

6. Seafood

Bagi kamu pecinta makanan laut, sayangnya seafood tergolong dalam makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Hal ini karena purin yang terkandung dalam makanan laut juga cukup tinggi.

Oleh karena itu, kamu diharuskan menghindari makanan seperti udang, kepiting, remis, tiram, cumi-cumi hingga makanan kalengan seperti sarden dan kornet sapi.

7. Jeroan

Makanan yang satu ini bukan hal asing lagi dalam deretan makanan pantangan asam urat. Hal ini karena sudah terbukti bahwa kandungan purin yang terdapat dalam jeroan sangat tinggi. Makanan yang tergolong jeroan adalah usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan sebagainya.

8. Daging merah

Sebaiknya meskipun proteinnya tinggi dan dibutuhkan tubuh, kamu sebaiknya menghindari pula daging merah. Hal ini berlaku termasuk daging sapi, daging kambing, dan daging babi yang dianggap memiliki kadar purin tinggi.

9. Kedelai olahan

Makanan berbahan kedelai yang difermentasi seperti tahu, tempe, dan lainnya memang terkenal menjadi andalan di Indonesia karena selain tinggi protein harganya juga murah.

Namun, jika kamu harus menghindari pantangan makanan asam urat Kamu pun harus membatasi mengonsumsi makanan ini.

10. Gula

Tak hanya penderita diabetes saja yang harus menghindari gula, penderita asam urat juga harus memperhatikan pantangan ini.

Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat memperburuk gejala reumatik dari penyakit asam urat. Hindari konsumsi minuman yang mengandung fruktosa, dan sebagai gantinya kamuu bisa memakan buah segar.

11. Nangka

Efek dari purin adalah mengganggu fungsi ginjal karena tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh sehingga menyebabkan penumpukan asam urat pada ginjal yang menyebabkan batu ginjal.

Meskipun nangka tergolong buah, sayangnya kandungan purinnya cukup tinggi sehingga kamu perlu membatasinya.

12. Durian

Buah yang satu ini sering menjadi kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia, sayangnya durian mengandung tinggi kolesterol sehingga kamu harus membatasinya.

Tak hanya berdampak pada asam urat, namun juga dapat berisiko menyebabkan komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang dan hipertensi.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr