Kamus Penyakit

Gemar Makan Daging Mentah? Awas, Penyakit Ini Mengintai!

April 21, 2020 | Santi Andriani | dr. Johanna Sihombing
feature image

Ditulis oleh : dr. Johanna Sihombing

Mengonsumsi daging penting bagi tubuh karena daging mengandung kandungan gizi seperti protein. Namun gizi dan protein akan menjadi sia-sia kalau kamu gemar makan daging mentah. Pasalnya ada penyakit mengintai dari kebiasaan tidak sehat ini.

Dalam mengonsumsi daging, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tingkat kematangannya. 

Mungkin ada yang gemar konsumsi daging setengah matang atau bahkan mentah, tapi yang jelas kamu harus ketahui bahwa pada daging mentah bisa terdapat cacing pita yang bisa menyebabkan penyakit infeksi cacing pita atau disebut juga Taeniasis.

Baca Juga: Kabar Gembira! Begini Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Permanen

Makan daging mentah rentan terkena infeksi cacing pita

Gemar makan daging mentah waspadai terkena infeksi cacing pita.Foto: https://www.healthline.com/

Taeniasis adalah infeksi cacing pita yang disebabkan oleh daging mentah atau daging setengah matang. Ada beberapa jenis cacing pita ini dan yang paling sering terdapat di Indonesia yaitu Taenia Saginta (cacing pita pada daging sapi) dan Taenia Solium (cacing pita pada daging babi). 

Infeksi terjadi karena telur atau larva cacing pita ini masuk ke saluran cerna ketika memakan daging yang terkontaminasi. Cacing pita dapat tumbuh hingga 5 meter di dalam usus selama bertahun-tahun tanpa gejala.

Gejala yang dapat timbul akibat infeksi dari cacing mulai dari gejala ringan seperti mual, muntah, rasa tidak enak di perut, nyeri kepala, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, diare, dan bisa juga terjadi konstipasi ketika cacing sudah berkembang sepenuhnya di usus yang bisa menyebabkan penyumbatan usus. 

Gejala ini dapat berlanjut sampai menghasilkan kondisi yang disebut cyctercosis yaitu terdapat larva cacing pita di otot, kulit, mata dan sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan kondisi lebih serius seperti nyeri kepala yang parah, buta, dan kejang.

Baca Juga: Mitos-mitos Tentang Vaksin, Jangan Mudah Percaya!

Pencegahan infeksi cacing pita

Gemar makan daging mentah, waspadai penyakit infeksi cacing pita. Fotohttps://pt.slideshare.net/

Taeniasis dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, cuci bersih sayur dan buah sebelum dikonsumsi.

Biasakan makan daging yang benar-benar matang, dan rutin meminum obat cacing sesuai rekomendasi dokter untuk mencegah infeksi cacing. 

Jika kamu mengalami gejala infeksi cacing pita, segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Reference

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Panduan Praktis Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer. Jakarta: Kementrian Kesehatan, 2014.

    register-docotr