Kamus Penyakit

Semangat! Pasien Kanker Otak Bisa Sembuh dengan Beberapa Catatan Ini

August 9, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mendapat diagnosis penyakit kanker otak tentu bukan hal yang mudah untuk diterima. Tapi ini bukan berarti kamu harus berputus asa. Selalu ada harapan bahwa kanker otak bisa sembuh atau setidaknya mengalami penurunan gejala.

Salah satunya dengan mencari informasi-informasi pendukung seputar hal-hal yang bisa mendorong kanker otak bisa sembuh. Tetap semangat! Yakinlah selama kamu berdoa dan berusaha, akan ada jalan untuk bisa beraktivitas dengan normal seperti sedia kala.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Ciri Kanker Otak Stadium Awal agar Lebih Cepat Ditangani

Apa itu kanker otak?

Dilansir dari mayoclinic.org. kanker otak adalah pertumbuhan sel-sel otak yang berjalan dengan tidak normal. Kanker otak juga dapat disebut sebagai tumor pada otak yang bersifat ganas.

Secara umum penanganannya pun berbeda-beda. Semua tergantung pada letak, ukuran, dan tingkat keparahannya.

Istilah-istilah seputar kesembuhan kanker otak

Pada dasarnya jawaban atas pertanyaan di atas akan bergantung pada bagaimana kamu mendefinisikan kesembuhan itu sendiri.

Menurut cancer.gov, penyakit kanker dikatakan sembuh apabila tidak lagi ditemukan jejak kanker setelah penanganan dan sel-sel tersebut tidak akan kembali lagi.

Tingkat keberlangsungan hidup dari pasien kanker otak

Untuk mengetahui apakah kanker otak bisa sembuh atau tidak, kamu perlu mengenal istilah tingkat keberlangsungan hidup. Istilah ini dilansir dari mayoclinic.org adalah statistik keberhasilan bertahan hidup dari orang-orang yang divonis penyakit kanker.

Angka ini biasanya disajikan dalam bentuk persentase. Ini membantu kamu mengetahui perkiraan masa kelangsungan hidup berdasarkan pengalaman para penderita kanker sebelumnya.

Sebagai gambaran umum, tingkat keberlangsungan hidup penderita kanker otak dilansir dari cancer.net adalah sebesar 36 persen untuk masa 5 tahun, dan 31 persen untuk masa hidup 10 tahun. Angka ini akan semakin tinggi jika kanker otak diderita orang yang masih berusia muda.

Perlu diingat bahwa angka ini hanya merupakan perkiraan dan bukan kepastian. Bagaimana pun pasien kanker otak bisa sembuh sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh, pola hidup, dan jenis penanganan yang diambil.

Tindakan medis untuk mendukung pasien kanker otak bisa sembuh

Pada dasarnya hal ini dapat dilihat dari masing-masing langkah penanganan kanker otak yang dilakukan. Secara rinci hal ini dapat dijelaskan melalui ulasan di bawah ini:

Tindakan operasi

Dilansir dari texasoncology.com, tindakan paling umum yang dilakukan untuk menangani kanker otak adalah operasi dengan tujuan:

  1. Membuang semua atau sebagian besar sel-sel kanker yang tumbuh di dalam otak tanpa menimbulkan kerusakan
  2. Mengurangi gejala yang ditimbulkan dan meningkatkan kualitas hidup penderita dengan menghilangkan tekanan intracranial yang disebabkan kanker
  3. Menyediakan akses untuk kemoterapi maupun radiasi internal.

Untuk meningkatkan keberhasilan penanganan terhadap kanker otak, kamu bisa menerapkan strategi seperti Fluorescent-guided surgery. Teknik ini melibatkan sebuah komponen untuk mengumpulkan sel-sel glioblastoma pada otak.

Adapun tingkat keberhasilan operasi standar diukur dari sel-sel kanker yang berhasil hilang adalah sebesar 36 persen, sedangkan pada Fluorescent-guided surgery sebesar 41 persen.

Sementara tingkat keberhasilan bertahan hidup operasi standar membukukan keberhasilan pada angka 21 persen sedangkan Fluorescent-guided surgery sebesar 41 persen.

Tindakan radiasi dan kemoterapi untuk mendukung pasien kanker otak bisa sembuh

Dilansir dari cancer.gov, sebuah percobaan yang melibatkan obat kemoterapi bernama temozolomide pada proses radiasi menunjukkan perkembangan positif mengenai kesembuhan penderita kanker otak.

Hal ini terjadi pada penderita kanker otak glioblastoma di mana tingkat keberlangsungan hidup 1 sampai 2 tahun adalah 37,8 persen. Sedangkan jika ditambah temozolimide angka tersebut bertambah sebesar 10,4 persen.

Untuk tingkat keberlangsungan hidup selama 5 tahun, presentase keberhasilan pada pasien yang mengonsumsi obat ini ada pada angka 56 persen, sementara yang tidak hanya sebesar 44 persen.

Pengobatan lain agar pasien kanker otak bisa sembuh

Kamu mungkin mendapat beberapa alternatif metode penanganan kanker otak lain yang bisa dicoba. Untuk setiap informasi yang kamu dapatkan, pastikan untuk membawanya kepada dokter untuk dikonsultasikan sebelum diterapkan, ya.

Itulah beberapa informasi yang bisa memberikan gambaran apakah kanker otak bisa sembuh atau tidak. Semoga bermanfaat dan jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional.

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr