Kamus Penyakit

Tak Perlu Langsung Minum Obat, Ini 8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

September 2, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Hidung tersumbat memang bisa membuatmu merasa tidak nyaman, terutama saat sedang tidur. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan obat, penggunaan inhaler, maupun hanya mengompresnya dengan handuk hangat.

Hidung tersumbat bisa jadi sangat menganggu aktivitas. Sebelum kamu mengambil langkah untuk mengatasinya, ada baiknya kamu pahami dulu penyebab hidung tersumbat.

Penyebab hidung tersumbat

Kondisi hidung mampet ini biasanya terjadi karena inflamasi dan penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah.

Contohnya adalah pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung kamu mampet selama beberapa minggu, meskipun demikian, bisa saja kamu mengalami hidung tersumbat tapi bukan pilek. 

Itu sebabnya kondisi hidung mampet yang kamu alami bisa berlangsung lebih dari seminggu. Beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek adalah sebagai berikut:

  • Alergi
  • Hay fever atau alergi di hidung
  • Tumbuhnya polip atau tumor jinak di hidung
  • Paparan kimia
  • Iritasi dari udara atau lingkungan
  • Infeksi sinus yang berlangsung lama atau sinusitis kronis

Cara mengatasi hidung tersumbat

Nah, kondisi-kondisi ini tentu membuat kamu tidak nyaman. Yuk, simak bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

1. Mengatasi hidung tersumbat dengan inhaler

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan inhaler. Inhaler sendiri adalah obat hirup yang sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Aroma yang kuat pada inhaler membuatnya menembus lendir yang telah menggumpal. Hasilnya, ada rongga yang tercipta dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Hidung akan terasa lebih lega dan keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit akan mereda.

Baca juga: Ini Perbedaan Pilek dan Flu yang Perlu Kamu Tahu

2. Mengatasi hidung mampet dengan mandi

Cara mengatasi hidung tersumbat termudah berikutnya adalah dengan mandi. Bukan mandi biasa, tapi menggunakan air hangat atau panas. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung.

Tidak hanya itu, uap juga bisa mengurangi peradangan, lho. Ini bisa meredakan keluhanmu tentang hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu.

3. Kompres air hangat

Jika kamu sudah selesai mandi, kompres kepala menggunakan air hangat. Ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Caranya mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat.

Kemudian, peras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung. Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Lakukan cara ini secara berkala, ya!

4. Menggunakan minyak kayu putih

Siapa sangka, minyak kayu putih ternyata bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, lho. Cara ini sebenarnya sudah digunakan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya.

Prinsip kerjanya sama dengan inhaler, yaitu aroma dari minyak bisa melegakan hidung dan membuka selaput yang telah tertutup lendir.

Kamu bisa mengoleskannya di bawah lubang hidung secara langsung, atau masukkan beberapa tetes ke dalam panci berisi air mendidih, lalu hirup uapnya.

5. Obat alergi dan dekongestan

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan minum dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin. Obat jenis ini bisa mengurangi terjadi pembengkakan di saluran pernapasan.

Kombinasi dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis. Ada baiknya kamu minum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat.

Baca juga: Panduan Pemberian Obat Batuk Pilek Anak yang Aman dan Efektif

6. Gunakan pelembap ruangan

Jika kamu memiliki pelembap ruangan atau humidifier di rumah, ini bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada hidung. Humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap yang secara perlahan mengisi udara, lalu meningkatkan kelembapan ruangan.

Menghirup udara lembap bisa menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, serta meredakan pembengkakan pembuluh darah di saluran pernapasan. Tidak hanya itu, uap tersebut juga bisa menipiskan lendir yang menjadi pemicu utama hidung tersumbat.

Dengan begitu, lendir yang menggumpal dan mengeras bisa menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. Letakkan humidifier pada ruangan yang sering kamu tempati untuk beraktivitas, misalnya kamar tidur.

7. Minum air putih

Selain cara-cara di atas, memperbanyak asupan cairan adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat. Biarkan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir.

Selain itu, teh hangat dan sup ayam panas juga bisa menjadi alternatif jika hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan. Sensasi panas akan meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan.

8. Mengatasi hidung mampet dengan neti pot

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan mengeluarkan lendir yang menjadi pemicunya. Kamu bisa melakukannya secara manual atau menggunakan bantuan neti pot.

Mengutip The US Food and Drug Administration (FDA), neti pot adalah teko kecil dengan belalai panjang yang dirancang untuk membersihkan lendir atau cairan sinus pada hidung.

Caranya, buat badanmu dalam posisi tegak dengan kepala mendongak ke atas, miringkan neti pot sampai air memasuki satu lubang hidung.

Setelah itu, air yang telah masuk akan keluar melalui lubang yang lain. Lakukan cara ini selama satu menit secara bergantian.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Bayi tidak boleh sembarangan diberi obat karena itu bisa mengganggu pertumbuhan mereka. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kamu harus pahami terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab hidung mampet pada bayi biasanya tidak terlalu jelas. Mereka biasanya mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek karena mereka sedang membangun sistem imun terhadap berbagai virus yang ada di udara.

Beberapa penyebab hidung mampet pada bayi adalah:

  • Alergi
  • Virus dan pilek
  • Udara yang kering
  • Kualitas udara yang buruk
  • Kelainan yang membuat posisi yang salah dari tulang rawan yang memisahkan kedua lubang hidung

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengikuti cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikut ini:

1. Menggunakan obat tetes

Salah satu cara yang aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan spray tetes hidung saline (air garam). Kedua produk ini, dilansir Web MD, bisa didapatkan tanpa resep.

Jika menggunakan obat tetes, lebih baik tanya dulu kepada dokter keamanannya. Setelah mendapat persetujuan, kamu bisa aplikasikan dua tetes pada setiap lubang hidung untuk mengencerkan lendir di dalamnya.

Lalu segera gunakan pipa pengisap yang ada dalam kemasan untuk menarik kembali cairan saline dengan lendir yang sudah mencair. Pastikan kamu menekan pengisap sebelum memasukkannya ke hidung agar dia bisa menarik saline dan lendir tersebut saat tekanan dikendurkan.

2. Menguapkan ruangan

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah menggunakan vaporizer atau humidifier untuk menguapkan ruangan. Cara ini dinilai aman selama benda-benda tersebut jauh dari jangkauan bayi kamu.

Meskipun demikian, alat tersebut harus diletakan tidak terlalu jauh dari bayi agar kabut yang dihasilkan dapat mencapai bayi pada saat dia sedang tidur. Untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh, gantilah air di dalam alat tersebut setiap hari.

Nah, itulah cara mengatasi hidung yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kombinasi beberapa cara bisa mempercepat kesembuhanmu. Selamat mencoba!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 16 Mei 2020, How to Clear a Stuffy Nose.
  2. Medical News Today, diakses 16 Mei 2020, How to get rid of a snuffy nose: ten possible treatments.
  3. Everyday Health, diakses 16 Mei 2020, 7 Natural Remedies for Congestion Relief.
  4. The US Food and Drug Administration (FDA), diakses 16 Mei 2020, Is Rinsing Your Sinuses With Neti Pots Safe?
  5. Webmd.com (2016) diakses 02 September 2020. How to Treat Your Baby’s Stuffy Nose
  6. Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020. What Causes a Stuffy Nose?
  7. Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020. How to Treat Nasal and Chest Congestion in a Newborn

    register-docotr