Kamus Penyakit

Amandel Terasa Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

July 3, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Amandel terasa sakit merupakan kondisi yang menyerang banyak orang. Terkadang, kondisi ini membuat kita tidak nyaman karena dapat menyebabkan kesulitan untuk menelan. Lalu sebenarnya apa sih penyebab amandel sakit? Yuk simak selengkapnya di sini.

Amandel merupakan kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi belakang tenggorokan. Amandel berfungsi sebagai mekanisme pertahanan dan membantu mencegah tubuh dari infeksi.

Namun amandel sendiri juga dapat terkena infeksi yang mengakibatkan rasa sakit. Kondisi ini tidak terjadi begitu saja dan disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab amandel sakit

Amandel merupakan garis pertahanan pertama melawan infeksi yang menghasilkan sel darah putih dan membantu tubuh melawan infeksi.

Amandel memerangi bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui mulut dan hidung. Meskipun demikian, amandel juga rentan terhadap infeksi tersebut.

Amandel yang sakit juga dapat menjadi pertanda radang amandel dan dapat berakibat pula pada sakit tenggorokan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab amandel dan tenggorokan sakit.

Berikut adalah penyebab amandel sakit yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Jangan Sembarangan Operasi Amandel! Ini Efek Samping yang Bisa Terjadi

1. Penyebab amandel sakit akibat infeksi virus

Virus merupakan penyebab paling umum dari sakit amandel. Virus yang menyebabkan pilek sering menjadi sumber radang amandel, tetapi virus lain juga dapat menyebabkan sakit seperti di bawah ini:

  • Rhinovirus, virus penyebab flu
  • Virus epstein-Barr
  • Virus influenza
  • Virus parainfluenza yang menyebabkan radang tenggorokan dan croup (infeksi pernapasan pada anak)
  • Enterovirus, virus penyebab penyakit tangan mulut, dan kaki
  • Adenovirus, virus penyebab diare
  • Virus rubeola, virus penyebab campak

Karena virus Epstein-Barr dapat menyebabkan mononukleosis (demam kelenjar) dan radang amandel, terkadang penderita akan menderita radang amandel sebagai infeksi sekunder.

Pada kasus mononukleosis akut dapat menyebabkan infeksi tenggorokan yang sangat parah yang ditandai dengan pembesaran amandel, adenoid, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher dengan cepat.

Hal tersebut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan kelelahan yang ekstrem. Radang dan pembengkakan kelenjar dapat berlangsung selama seminggu hingga sebulan dan tidak merespons pengobatan antibiotik.

2. Penyebab amandel sakit akibat infeksi bakteri

Sekitar 15 hingga 30 persen dari kasus amandel disebabkan oleh bakteri. Paling sering disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes (grup A streptococcus) atau yang biasa disebut sebagai bakteri strep yang juga dapat menyebabkan radang amandel atau tenggorokan.

Akan tetapi, bakteri lain juga dapat menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Infeksi jenis ini dapat menyebar dengan mudah, oleh karena itu sangat penting untuk mencoba menghindari penularan infeksi pada orang lain.

Amandel sakit sebagai bagian dari radang amandel lebih sering terjadi pada anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun.

Tanda khas dari adanya infeksi bakteri adalah bintik-bintik putih berisi nanah pada amandel, tidak ada batuk, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Jika amandel terasa sakit dan disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti streptococcus, gejala akan lebih parah dan biasanya juga akan menyebabkan bau mulut.

Untuk pengobatan, dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobati amandel sakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bagaimana cara mengobati amandel yang sakit?

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati amandel sakit atau radang amandel. Cara ini dapat meringankan gejala radang amandel dan dapat kamu lakukan di rumah.

Berikut adalah cara mengobati amandel sakit.

  • Meminum banyak cairan
  • Banyak beristirahat
  • Berkumur dengan air garam hangat selama beberapa hari sekali
  • Gunakan pelega tenggorokan
  • Gunakan pelembab udara (humidifier) untuk melembabkan udara di rumah
  • Hindari merokok
  • Mengonsumsi acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi sakit dan peradangan

Pada anak-anak, sebaiknya gunakanlah semprotan tenggorokan dibandingkan dengan pelega tenggorokan, serta selalu berkonsultasilah dengan dokter sebelum memberikan obat kepada anak-anak.

Amandel sakit memang dapat membuat rasa tidak nyaman, oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengetahui apa penyebab amandel terasa sakit. Berkonsultasi dengan dokter merupakan cara paling baik untuk menemukan penyebab amandel sakit yang kamu alami.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

ENT Health (2019). Diakses pada 27 Juni 2020. Tonsillitis

Healthline (2019). Diakses pada 27 Juni 2020. Everything You Need to Know About Tonsillitis 

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. Tonsillitis 

Medicine Net. Diakses pada 27 Juni 2020. Tonsillitis dan Adenoiditis Symptoms, Causes, Treatment, and Cure 

NHS Inform (2020). Diakses pada 27 Juni 2020. Tonsillitis 

    register-docotr