Kamus Penyakit

Waspada! Kenali Gejala Serangan Jantung pada Wanita Agar Tak Terlambat

June 9, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Serangan jantung menjadi salah satu kondisi yang bisa menyebabkan kematian, tak terkecuali pada wanita. Oleh sebab itu, mengenali tanda dan gejala serangan jantung pada wanita sejak awal pun jadi penting.

Sudahkah kamu memahami seperti apa gejala serangan jantung yang perlu diperhatikan? Nah, agar tidak terlambat, yuk kenali lagi lebih dalam tentang kondisi ini!

Apa itu serangan jantung?

Serangan jantung adalah salah satu keadaan darurat medis yang terjadi ketika ada gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung. Seperti diketahui, tanpa adanya darah maka jaringan akan kehilangan oksigen dan mati.

Pengobatan untuk masalah jantung sebaiknya dilakukan sejak dini, sehingga kamu perlu segera cek ke dokter jika curiga mengalami kondisi tersebut.

Gejala serangan jantung pada wanita

Secara umum, gejala serangan jantung pada wanita berbeda dibandingkan dengan pria. Biasanya gejala ini seringkali diabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa yang tidak berbahaya.

Berikut beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang penting untuk diketahui, antara lain:

Sakit perut

Biasanya keluhan ini seringkali membuat keliru karena kesulitan membedakan antara sakit perut biasa, asam lambung naik, dan penyakit jantung. Dilansir Mayo Clinic, sakit perut bisa menjadi gejala utama kamu terkena serangan jantung. 

Biasanya sakit yang dirasakan tak seperti sakit perut biasa, seperti ada rasa tertekan pada perut dan bisa mengakibatkan kamu kesulitan untuk bernapas.

Nyeri di bagian dada

Jika pada umumnya dada sebelah kiri kamu akan terasa nyeri saat terkena serangan jantung, hal tersebut berbeda dengan wanita. Pada wanita, biasanya akan merasakan nyeri dada di bagian manapun, baik kiri atau kanan.

Berkeringat dingin

Biasanya para wanita yang terkena serangan jantung akan merasakan keringat dingin di tubuhnya. Hal tersebut bisa terjadi kapan pun dan tanpa alasan yang tidak jelas. Jadi, para wanita harus waspada ketika keringat dingin datang secara tiba-tiba.

Mual, pusing, dan sesak napas

Jika kamu sering merasakan mual, pusing, dan disertai sesak napas, kamu harus waspada dengan hal tersebut. Hal tersebut bisa saja menjadi gejala kamu terkena serangan jantung. 

Terutama perlu diperhatikan jika gejala tersebut muncul ketika kamu sedang tidak melakukan aktivitas yang berat, misalnya seperti olahraga dan lari cepat.

Lengan, punggung, leher dan rahang terasa nyeri

Biasanya kondisi ini dapat terjadi kapan saja, misalnya saat tertidur dan saat sedang tidak melakukan aktivitas. Gejala ini biasanya gejala yang paling umum dirasakan wanita ketika terkena serangan jantung. 

Kamu akan merasakan nyeri di bagian tersebut, seperti pegal-pegal sehabis melakukan aktivitas berat.

Tubuh terasa kelelahan

Biasanya para wanita yang terkena serangan jantung ini akan merasakan tubuh yang sangat lelah. Meski tidak melakukan kegiatan dan aktivitas yang melelahkan, hal ini dapat terjadi sewaktu-waktu.

Cara mencegah terjadinya serangan jantung

Agar tidak terkena serangan jantung yang bisa membahayakan nyawa, sebaiknya mulai saat ini kamu mengubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat.

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya serangan jantung, antara lain:

Hindari dan setop merokok

Sebagaimana kita ketahui, kandungan nikotin pada rokok dapat mengakibatkan penyakit jantung. Merokok aktif maupun pasif memiliki risiko kamu terkena penyakit jantung. Jadi berhenti dan hindari paparan asap rokok sebisa mungkin, ya!

Olahraga secara teratur

Kamu sebaiknya melakukan olahraga yang teratur agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya penyakit jantung. Kamu bisa meluangkan waktu kamu setiap harinya untuk melakukan olahraga seperti lari pagi dan yoga.

Menjaga berat badan agar stabil

Kamu sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang sehat. Jangan sampai kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan, karena hal ini membuat kamu bisa saja terkena penyakit jantung.

Mengontrol gula darah

Jika gula darah kamu terlalu tinggi, hal ini dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Usahakan kamu tetap menjaga gula darah kamu tetap stabil dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak terlalu banyak gula.

Menurunkan kadar kolesterol 

Kolesterol jahat bisa menjadi salah satu penyebab utama kamu terkena penyakit jantung. Sebaiknya hindari makanan yang berlemak agar terhindar dari kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit jantung.

Hindari stres berlebihan

Stres merupakan faktor penyebab banyak penyakit muncul di tubuh kamu, lho. Salah satunya bahkan masalah pada jantung.

Kamu dapat menghindari stres dengan melakukan kegiatan positif yang kamu sukai, seperti contohnya traveling, melakukan hobi yang membuat kamu bahagia.

Nah, demikian informasi penting tentang gejala serangan jantung yang perlu kamu waspadai. Jangan tunda ke dokter jika mengalaminya, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr