Kamus Penyakit

Berat Badan Turun Drastis? Hati-hati, Bisa Jadi Itu Gejala Hipertiroid

July 10, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Berat badan yang hilang tanpa sebab bisa jadi merupakan gejala hipertiroid. Karena ketika kamu terkena penyakit ini, metabolisme tubuh menjadi lebih aktif daripada biasanya.

Hipertiroid disebabkan oleh kelenjar tiroid yang hiperaktif sehingga menghasilkan terlalu banyak hormon tiroksin. Ketika hormon tiroksin berlebihan di dalam tubuh, maka metabolisme pun menjadi lebih cepat.

Gejala hipertiroid dapat menyerupai masalah kesehatan lain, sehingga penyakit ini sulit untuk didiagnosis. Di antaranya adalah:

Pembengkakan kelenjar tiroid

Gejala hipertiroid yang dapat dilihat oleh mata telanjang adalah pembengkakan kelenjar tiroid. Letak kelenjar ini berada di leher, di bawah jakun, dan pada saat pembengkakan, bisa terjadi secara simetris, atau hanya satu sisi saja.

Pembengkakan kelenjar tiroid ini dikenal juga dengan istilah gondok. Dalam kondisi ini, kamu akan mengalami:

  • Kesulitan untuk menelan atau bernapas
  • Batuk-batuk
  • Suara menjadi serak
  • Pusing pada saat kamu mengangkat tangan ke atas kepala

Penurunan berat badan

Hormon tiroksin yang dihasilkan kelenjar tiroid ini sangat dibutuhkan dalam mengatur metabolisme. Metabolisme sendiri adalah berapa banyak energi yang digunakan oleh tubuh kamu.

Pada banyak kasus, kelebihan hormon tiroksin ini dikaitkan dengan peningkatan metabolisme dasar tubuh. Ini berarti, tubuh akan membakar lebih banyak energi biarpun sedang beristirahat, itu sebabnya turunnya berat badan jadi gejala hipertiroid.

Meningkatnya nafsu makan

Beberapa orang yang menderita penyakit ini juga bisa memperoleh kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan gejala lain hipertiroid adalah meningkatnya nafsu makan kamu.

Sehingga, ketika kamu makan lebih banyak dan kalori yang dihasilkan lebih banyak daripada yang dibakar menjadi energi, hasilnya berat badan kamu pun akan meningkat. 

Untuk itu, pastikan asupan makanan kamu didominasi oleh makan sehat dan rutin berolahraga. Jika perlu, kamu bisa konsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana asupan makanan.

Peningkatan suhu tubuh

Metabolisme tubuh yang meningkat juga sejalan dengan peningkatan panas tubuh. Oleh karena itu, salah satu gejala hipertiroid adalah munculnya panas dari dalam tubuh.

Selain itu, karena suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat pun menjadi bekerja lebih berat daripada biasanya, itu sebabnya kamu akan lebih banyak berkeringat. Efeknya, kamu akan sering haus karena merasa butuh mengisi kembali cairan yang terbuang.

Dalam kondisi ini kamu harus banyak minum air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Puncak dari metabolisme yang meningkat adalah tubuh akan kelelahan yang terjadi secara terus-menerus. Dan kombinasi antara kelelahan dan sistem saraf yang terstimulasi secara berlebihan dapat menyebabkan perubahan emosional yang beragam.

Masalah pada mata 

Gejala hipertiroid dapat berupa munculnya masalah mata yang serius. Kebanyakan dari gejala yang terjadi adalah kelopak mata yang menjadi lebih masuk sehingga mata terlihat menonjol dan menyeramkan. 

Mata kamu pun akan bengkak dan berair, dan tidak menutup kemungkinan juga penglihatan kamu terganggu dengan munculnya penglihatan ganda (double vision).

Gejala hipertiroid lainnya

Beberapa gejala berikut juga dapat timbul saat kamu terkena hipertiroid:

  • Detak jantung lebih cepat: kamu akan merasakan jantung berpacu dengan cepat dan tiba-tiba. Ini bisa terjadi saat beraktivitas atau beristirahat, denyut kamu pun akan terasa lebih cepat
  • Tremor di tangan: saraf yang terlalu terstimulasi dapat menyebabkan tangan berguncang. Guncangan yang terjadi bisa berlangsung secara halus atau bahkan bisa membuat kamu menumpahkan sebagian isi gelas yang kamu genggam
  • Diare: kelenjar tiroid yang hiperaktif dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi lebih cepat, dan ini akan berujung pada gerakan usus yang lebih sering dan kendur
  • Gatal-gatal: kamu akan merasakan munculnya ruam yang gatal yang hanya dapat disembuhkan dengan antihistamine
  • Infertilitas: kaum perempuan akan dapat merasakan menstruasi mereka berubah, di antaranya adalah menstruasi yang menjadi lebih ringan atau bahkan telat. Tidak hanya itu, salah satu gejala hipertiroid adalah sulitnya untuk hamil atau infertilitas

Penyakit hipertiroid yang didiamkan akan memunculkan penyakit lainnya, seperti meningkatnya osteoporosis dan kemungkinan masalah pada jantung. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2020) diakses 07 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hyperthyroidism/symptoms-causes/syc-20373659
  2. Healthline.com (2019) diakses 07 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/hyperthyroidism
  3. Healthline.com (2018) diakses 07 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/hyperthyroidism-weight-gain
  4. Health.harvard.edu diakses 07 Juli 2020. https://www.health.harvard.edu/womens-health/do-you-have-an-overactive-thyroid
    register-docotr