Kamus Penyakit

Ini 5 Fakta Tentang Kanker Ginjal yang Perlu Diketahui Gejalanya

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan
feature image

Penyakit kanker ginjal memang tak pandang usia dan dapat menyerang siapa saja dengan pola hidup yang tidak sehat. Fakta tentang kanker ginjal ini juga kerap meyerang usia muda, terutama laki-laki.

Nah, berikut adalah sejumlah fakta tentang kanker ginjal yang perlu kamu ketahui.

Fakta tentang kanker ginjal   

1. Pria dua kali lebih berisiko

Kanker ginjal lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita dengan perbandingan 2:1. Misalnya yang terjadi di Amerika Serikat, diperkirakan ada 73,820 orang terkena kanker ginjal di tahun 2019 dengan rincian 40.610 pria dan 23.380 wanita.

Itu berarti pria punya peluang terkena hampir dua kali lipat. Hanya saja belum ada penelitian yang pasti mengapa itu terjadi. Faktor yang mungkin jadi penyebab adalah paparan bahan kimia dan tingkat merokok yang lebih tinggi.

Pria lebih cenderung menjadi perokok dan cenderung terpapar bahan kimia penyebab kanker di tempat kerja.

2. Kanker ginjal sering menyerang usia 55 tahun

Publik pantas terkejut, sebab menurut penelitian kanker ginjal memang lebih sering menyerang mereka yang berumur di atas 55 tahun. Bahkan risiko meningkatnya kanker ginjal semakin besar seiring bertambahnya usia.

Meskipun kanker ginjal jarang pada orang yang lebih muda dari usia 45, ada jenis kanker ginjal yang dikenal sebagai tumor wilms. Jenis ini cenderung menyerang anak-anak. Bahkan sekitar 5% dari semua jenis kanker pada anak-anak adalah tumor wilms.

3. Merokok dan faktor-faktor lain

Sebanyak sepertiga kasus kanker ginjal dikaitkan kegiatan merokok. Peningkatan risikonya meningkat hingga dua kali lipat jika kamu adalah perokok aktif. Berhenti merokok bisa mengurangi risikonya sekalipun kamu telah bertahun-tahun jadi perokok.

Selain merokok, faktor risiko utama lainya adalah obesitas, tekanan darah tinggi hingga paparan bahan kimia seperti asbes dan kadmium.

4. Riwayat keluarga

Faktor risiko utama lainya adalah riwayat keluarga. Bahkan jika ada keluarga kamu yang terkena kanker, kemungkinan kamu juga akan terkena. Terutama keluarga tingkat pertama (ayah, ibu atau saudara sekandung) yang didiagnosis menderita kanker ginjal.

Selain itu juga mereka yang lahir dengan sindrom turunan tertentu mungkin memiliki peningkatan risiko kanker ginjal. Misalnya saja von hippel-lindau, sindrom birt-hogg-dube dan tuberous sclerosis. 

5. Tanda dan gejala awal kanker ginjal

Sama seperti seperti kanker paru-paru, kanker kolorektal dan kanker serviks, tanda dan gejala kanker ginjal juga jarang dirasakan penderita. Terutama jika masih tahap awal.

Tanda-tanda dan gejala seperti darah dalam urin bisa sesekali muncul dan tidak muncul lagi di hari berikutnya. Penderita juga tidak merasakan sakit saat darah muncul di urin.

Lalu tanda lain seperti sakit punggung tepat di bawah tulang rusuk yang tidak hilang dan tidak disebabkan oleh cedera hingga penurunan berat badan juga bisa muncul tiba-tiba. Jadi jika kamu merasakan salah satu dari gejala tersebut, tidak ada salahnya untuk segera temui dokter.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

American Cancer Society (2017). Diakses 15 Desember 2019. Risk Factors for Kidney Cancer

American Cancer Society (2018). Diakses 15 Desember 2019. Key Statistics About Kidney Cancer

American Cancer Society (2018). Diakses 15 Desember 2019. Key Statistics for Wilms Tumors

WebMD. Diakses 15 Desember 2019. Understanding Kidney Cancer

    register-docotr