Kamus Penyakit

Kenali Ciri-ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh agar Bisa Memutus Rantai Penularan

August 4, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh justru dimulai ketika kulit yang melepuh akibat penyakit ini mulai berair dan pecah. Kondisi ini biasanya berlangsung 1 hingga 2 minggu setelah sensasi terbakar dan geli di permukaan kulit pertama kali muncul.

Sensasi itu sendiri merupakan tanda pertama jika kamu akan menderita herpes zoster. Setelah itu penyakit ini akan berkembang di tubuh yang biasanya berlangsung selama 3 sampai 5 minggu.

Apa itu herpes zoster?

Penyakit herpes zoster sama seperti cacar air, menghasilkan ruam yang menyakitkan di salah satu bagian kulit. Virus yang menyebabkan kedua penyakit ini sama, yaitu varicella-zoster virus yang merupakan bagian dari famili virus herpes.

Itu sebabnya kalau kamu pernah terkena cacar air, maka herpes zoster bisa muncul di kemudian hari. Karena virus ini tidak pernah pergi, melainkan tinggal di sistem saraf dan akan aktif ketika sistem imun melemah.

Tahapan perkembangan herpes zoster

Untuk mengetahui ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh, kamu harus memahami tahap demi tahap perkembangan penyakit ini di dalam tubuh. Secara umum, kamu harus mulai waspada ketika kulit terasa sensitif dan nyeri.

Gejala awal dari penyakit ini hingga muncul ruam yang merupakan ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh adalah:

  • Rasa tidak nyaman di badan
  • Kulit terasa panas
  • Iritasi
  • Gatal-gatal
  • Mati rasa di salah satu bagian kulit
  • Kesemutan

Proses kesembuhan

Dalam waktu satu hingga lima hari kemudian, ruam kemerahan biasanya akan muncul di daerah kulit yang sensitif tersebut. Setelah itu, ruam tersebut akan membentuk bintik melepuh yang berisi cairan yang merupakan ciri-ciri herpes zoster kamu mulai sembuh.

Menjelang kesembuhan, kamu akan mengalami tahapan sebagai berikut:

Muncul Bintik Melepuh

Munculnya bintik melepuh biasanya akan terjadi sekitar 5 hari setelah tanda awal herpes zoster ini muncul. Bintik melepuh ini akan bertahan selama 7 hingga 10 hari ke depan, jangan khawatir, ini adalah ciri-ciri pertama herpes zoster mulai sembuh.

Pada waktu ini, kamu disarankan untuk mengambil jeda dari segala macam aktivitas yang sedang kamu jalani. Karena kamu berpotensi menularkan virus ini ke orang lain melalui cairan dari bintik melepuh ini.

Dalam periode ini, kamu bisa mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

  • Menggigil
  • Letih
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Rasa tidak enak badan
  • Mual
  • Sensitif terhadap cahaya

Pecah dan berkoreng

Ciri-ciri berikutnya jika herpes zoster mulai sembuh adalah bintik melepuh tersebut pecah dan membentuk koreng. Proses ini biasanya memakan waktu satu hingga 3 minggu untuk sembuh.

Akan tetapi, kamu akan mengalami proses penyembuhan yang lebih lama kalau kamu ruam dan bintik melepuh itu muncul di kulit kepala. Untuk kondisi ini, biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk sembuh, lho!

Dalam proses kesembuhannya, bintik melepuh ini akan mengecil dan rasa sakit juga berkurang. Biasanya proses ini memakan waktu tiga hingga lima minggu.

Peluang komplikasi

Penyakit ini biasanya akan sembuh dalam waktu tiga hingga lima minggu. Jika kamu sudah melewati ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh tapi tidak juga kunjung membaik, kamu bisa terkena komplikasi.

Kondisi ini jarang terjadi, hanya sekitar 10 persen hingga 15 persen penderita herpes zoster bisa berkembang ke arah nyeri saraf yang kronis. Dan semakin kamu berusia lanjut, maka peluang komplikasi ke arah post-herpetic neuralgia akan semakin besar.

Meskipun demikian, rasa sakitnya akan semakin berkurang seiring waktu. Beberapa pengobatan yang bisa kamu gunakan adalah suntikan antiinflamasi, nerve blocks, beberapa antidepresan trisiklik atau obat tradisional yang bisa dibuat dari cabai untuk mengurangi nyeri saraf.

Yang bisa kamu lakukan saat proses penyembuhan

Ketika ciri-ciri herpes zoster kamu mulai sembuh, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Bersantai sejenak sambil menghilangkan fokus dari rasa sakit yang disebabkan herpes zoster.
  • Gunakan pakaian agak longgar
  • Usahakan agar ruam tetap kering dan bersih. Jangan tutupi dengan salep, karena dapat menghambat proses timbulnya bintik melepuh dan proses pengeringannya
  • Jangan berbagi tempat tidur, pakaian ataupun handuk dengan orang lain untuk mencegah penyakit ini tertular pada mereka

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthgrades.com (2019) diakses 03 Agustus 2020. https://www.healthgrades.com/right-care/shingles/recovery-from-shingles-what-to-expect
  2. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 03 Agustus 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321198#timeline
  3. Nia.nih.gov(2018) diakses 03 Agustus 2020. https://www.nia.nih.gov/health/shingles
  4. Medicinenet.com (2019) diakses 03 Agustus 2020. https://www.medicinenet.com/shingles_herpes_zoster/article.htm
    register-docotr