Kamus Penyakit

Sulit Melihat Jarak Jauh Pertanda Mata Minus, Yuk Coba Cara untuk Menyembuhkannya

October 5, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mata adalah organ tubuh yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Mata minus atau yang sering disebut dengan rabun jauh atau juga Miopia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat jarak jauh, namun mudah untuk melihat jarak dekat. Salah satu cara menyembuhkan mata minus yang sering dilakukan adalah dengan memakai kaca mata.

Namun seiring dengan majunya ilmu pengetahuan, cara menyembuhkan mata minus yang bisa dicoba pun menjadi semakin beragam. Jadi kamu tak harus melulu memakai kaca mata untuk mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini.

Lalu ada apa saja ya, cara mengurangi minus mata yang bisa kamu coba?

Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Tepat Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Ciri-ciri mata minus

Berikut ini beberapa ciri-ciri mata minus yang perlu kamu ketahui:

  • Pandangan menjadi buram atau kabur saat kamu berusaha melihat objek atau benda – benda yang berjarak jauh. 
  • Akan lebih sering mengedipkan mata ataupun memicingkan mata sembari mendekati objek tertentu. 
  • Mata menjadi tegang atau lelah ketika dipaksa untuk fokus melihat objek berjarak agak jauh.
  • Cenderung merasakan pusing atau sakit kepala jika memaksa mata untuk terus berfokus pada suatu objek.

Penyebab mata minus

Miopia adalah kondisi di mana bentuk bola mata terlalu panjang atau kornea terlalu melengkung. Hal ini membuat paparan cahaya yang masuk terganggu, sehingga mata tidak bisa fokus melihat benda dengan sempurna.

Oleh karena itu, penderita mata minus akan mengalami penglihatan yang kabur. Ini dikarenakan fokus gambar jadi tidak terlihat di tempat semestinya yaitu di retina.

Hingga saat ini, penyebab bola mata lebih panjang dari normal belum diketahui dengan pasti. Kebiasaan dari membaca, melihat layar monitor, atau menonton terlalu dekat lebih mudah terkena rabun jauh dapat meningkatkan resiko terkenanya rabun jauh.

Tes minus mata

cara menyembuhkan mata minus
Alat pemeriksaan mata. Sumber foto: Unsplash.com

Dilansir dari mayoclinic.org, kondisi mata minus dapat didiagnosis dengan metode penilaian pembiasan, dan pemeriksaan mata secara langsung. Semua ini akan menentukan apakah kamu mengalami gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatism, serta presbyopia.

Pemeriksaan ketajaman mata dengan menggunakan diagram huruf dan angka (Snellen chart), diminta melihat dari jarak 6 meter, dan kemudian membaca Snellen chart mulai dari yang ukurannya paling besar hingga paling kecil.

Jika dicurigai menderita rabun jauh, dokter akan meminta pasien untuk kembali membaca huruf dan angka, dibantu dengan lensa minus. Lensa minus ini diletakkan di dalam alat bernama refraktor. Dokter akan mengganti lensa hingga menemukan ukuran lensa yang sesuai. Tujuannya untuk mengetes jarak pandang yang dimiliki baik secara jauh maupun dekat.

Cara mengurangi minus mata

Tujuan utama mengatasi masalah mata minus, adalah meningkatkan kualitas penglihatan. Caranya adalah dengan memperbaiki fokus cahaya pada retina.

Hal ini biasanya dilakukan melalui dua pilihan prosedur yakni pemakaian lensa atau operasi. Adapun secara lebih rinci, cara menyembuhkan mata minus dapat dilakukan melalui beberapa metode di bawah ini.

Cara megurangi minus mata dengan pemberian lensa perbaikan

Metode ini dapat mengurangi mata minus dengan mencegah lengkungan kornea atau bola mata memanjang semakin parah. Beberapa cara yang umum disarankan dokter adalah:

Kacamata minus

Merupakan cara paling sederhana yang bisa mempertajam penglihatan pada penderita mata minus. Lensa yang disarankan bisa beragam, mulai dari yang memiliki jangkauan luas dan memiliki penglihatan tunggal, bifokal, trifokal, sampai progesif multifokal.

Pemakaian lensa kontak

Merupakan cara lain yang digunakan untuk memperbaiki penglihatan yang kabur. Caranya adalah dengan memasang lensa tambahan tepat di permukaan lensa mata. Bentuk dan bahan lensanya bermacam-macam, semua bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mata.

Cara megurangi minus mata dengan operasi pembiasan

Operasi mata minus ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan mata terhadap pemakaian kacamata atau lensa kontak.

Prosedur ini dilakukan dengan memakai sinar laser untuk membentuk ulang kornea yang melengkung agar kembali normal. Hasilnya penglihatan akan membaik, dan penderita mata minus bisa melihat dengan lebih jelas. Adapun beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan adalah:

Laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK)

Dalam prosedur ini dokter mata akan membuat semacam tutup berengsel yang menggantung ke dalam kornea. Dokter kemudian akan menggunakan sinar laser untuk menghilangkan lapisan dalam kornea untuk meratakan bentuknya yang terlalu melengkung.

Proses penyembuhan operasi LASIK relatif sangat cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit dibanding operasi mata lainnya.

Laser- assisted subepithelial keratectomy (LASEK)

Dalam prosedur ini dokter akan membuat semacam tutup berengsel yang sangat tipis pada lapisan luar pelindung kornea yang disebut epithelium. Lalu dokter akan menggunakan sinar laser untuk membentuk ulang lapisan luar kornea, meratakan lengkungannya, dan mengganti epithelium.

Photorefractive keratectomy (PRK)

Mirip dengan prosedur LASEK, cara menyembuhkan mata minus yang satu ini bedanya hanya pada saat dokter menghilangkan semua bagian epithelium.

Jadi pada saat sinar laser membentuk ulang kornea, epithelium tidak diganti melainkan diharapkan dapat tumbuh kembali secara alami dan menyesuaikan diri dengan bentuk baru kornea.

Penanganan untuk menjaga mata minus agar tidak semakin parah

Selain cara menyembuhkan mata minus yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menjaga kondisi mata minusmu agar tidak semakin parah dengan memperbanyak aktivitas di luar ruangan, akan membuat mata secara rutin terpapar sinat ultraviolet dari matahari. Hal ini dipercaya bisa mengubah struktur molekul sclera dan kornea agar kembali ke bentuk yang normal.

Cara mencegah mata minus bertambah 

1. Gerakkan bola mata 

Demi mencegah mata minus bertambah kamu bisa olahraga mata dengan menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri. Kemudian lanjut dengan memutarkan arah pandangan atau bola mata dan berkedip sekitar 100 kali setiap hari.

Gerakan bola mata dengan memutar searah jarum dan sebalinya, diulangi hingga 5 kali. Seluruh gerakan ini juga baik untuk membersihkan dan melumasi bola mata agar tidak kering.

2. Fokus ke satu titik 

Cara ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja Pertama, duduklah tegap dengan posisi yang nyaman. Lalu arahkan jari telunjuk  sejauh 10 cm di depan mata, dan fokuslah menatapnya.

Lanjut dengan menatap objek jauh dengan cara melirikkan mata, bukan menggerakkan kepala. Lakukan langkah ini hingga 10 kali dalam seharinya.

3. Jemur mata 

Tak hanya beberapa cara di atas, sangat dianjurkan juga untuk kamu olah raga mata sebagai upaya mencegah mata minus bisa dengan menjemur mata di pagi hari sebelum jam 8 atau 9.

Pandanglah matahari langsung secukupnya hingga merasa hangat, lalu tutuplah mata . Cara ini juga berfungsi untuk memberi asupan vitamin D pada mata.

Jika kamu merasa memiliki pertanyaan seputar cara menyembuhkan mata minus, jangan ragu untuk konsultasikan bersama dokter melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Nearsightedness https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/diagnosis-treatment/drc-20375561 diakses pada 16 Juni 2020

What Is Myopia (Nearsightedness)? https://www.webmd.com/eye-health/nearsightedness-myopia#1 diakses pada 16 Juni 2020

    register-docotr