Kamus Penyakit

Wajib Dicatat! Begini Cara Mengatasi Kesemutan yang Tepat

June 26, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Kesemutan merupakan kondisi yang sering dialami setiap orang. Ternyata mengatasi kesemutan bukan dengan obat lho. Berikut cara mengatasi kesemutan yang tepat, simak penjelasan di bawah ini!

Cara mengatasi kesemutan

Kesemutan merupakan gejala neuropati, yaitu kondisi yang terjadi karena rusaknya sistem saraf tepi. Kesemutan sering muncul tiba-tiba, dapat berlangsung sebentar ataupun dalam waktu lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut cara mengatasi kesemutan yang ampuh, antara lain:

Istirahat yang cukup

Tidur sangat penting untuk membantu penyembuhan saraf, karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat kamu tidur. 

Dengan mengistirahatkan tangan dan kaki yang kesemutan serta menambah jam tidur, dapat membantu meredakan kondisi ini dengan sendirinya lho.

Mencoba mengubah posisi tubuh 

Penyebab utama kesemutan tertekannya saraf, akibat postur tubuh yang kurang baik. Misalnya, saat duduk atau berdiri dalam posisi yang salah dapat meningkatkan tekanan di tubuh, serta merusak otot dan tulang belakang, sehingga muncul rasa kesemutan.

Diusahakan menggunakan bantal saat duduk sebagai alas, dan pilih kursi yang nyaman dan memiliki sandaran leher. Posisi kursi yang baik, dapat membantu mengurangi beban tubuh dan kemudian mendukung proses penyembuhan saraf.

Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti ibuprofen, naproxen sodium, dan suntikan steroid, dapat membantu meredakan rasa nyeri yang muncul di area kaki maupun tangan yang kesemutan.

Tidak hanya itu saja, obat-obatan tersebut juga dapat membantu meredakan pembengkakan, akibat peradangan yang terjadi.

Rajin berolahraga

Hal ini merupakan cara mengobati kesemutan seluruh badan paling ampuh karena seluruh bagian tubuh ikut bergerak ketika berolahraga.

Aktivitas menyehatkan ini juga membuat otot-otot lebih aktif dan lebih terlatih sehingga mengurangi risiko otot terjepit dan kesemutan.

Mengurangi konsumsi alkohol dan merokok

Mengonsumsi alkohol dan merokok merupakan salah satu penyebab sering timbulnya kesemutan. Sebaiknya kamu harus mengurangi konsumsi alkohol dan rokok jika ingin gejala kesemutan berkurang.

Kedua bahan konsumsi ini juga merupakan sumber dari banyak penyakit berat yang dialami oleh seseorang.

Kompres dengan air hangat

Tak sulit untuk mempraktikkan cara ini karena kamu hanya perlu mengompres bagian tubuh yang kesemutan dengan air hangat. Penggunaan air hangat sangat ampuh karena dapat membantu membuat aliran darah kembali lancar dan otot kembali rileks.

Mengangkat kaki

Kamu juga bisa mengangkat kaki dan menyandarkannya ke tembok. Hal ini dapat menurunkan tekanan pada tulang belakang, yang merupakan pusat saraf.

Cara herbal untuk atasi kesemutan

Tidak hanya kebiasaan yang harus dilakukan, berikut ada beberapa cara herbal untuk mengatasi kesemutan, antara lain:

Mengonsumsi alpukat

Mengonsumsi alpukat merupakan salah satu cara mengatasi kesemutan yang terus-menerus secara alami. Buah alpukat diketahui kaya akan magnesium, zat penting yang sangat bagus untuk kesehatan otot dan tulang di tubuh.

Itulah sebabnya alpukat sangat baik dikonsumsi untuk meredakan kesemutan, diabetes, hingga penyakit ginjal.

Mengonsumsi kayu manis

Kayu manis mengandung vitamin B kompleks yang merupakan vitamin penting bagi kesehatan otot dan tulang. Kayu manis juga dipercaya memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk kelancaran aliran darah agar gejala kesemutan semakin berkurang.

Mengonsumsi ramuan kunyit

Sudah tak asing lagi bahwa kunyit telah digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya kesemutan. Selain itu, asam lambung, cacar air, bisul, dan masalah kesehatan serupa juga bisa sembuh.

Cara mengonsumsinya pun mudah, kamu tinggal mengolah kunyit bubuk dicampur madu dalam segelas air hangat dan kemudian diminum. 

Mengonsumsi air jahe

Mengonsumsi air jahe merupakan cara mengobati kesemutan secara alami. Sama seperti air kunyit, jahe dipercaya mampu meredakan peradangan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan nyeri kronis.

Tidak hanya itu saja, air jahe juga dapat meningkatkan suplai darah dalam tubuh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 23 Juni 2020. 25 Causes of Tingling in Hands and Feet. 23 Juni 2020 pukul 22.00.
  2. medicalnewstoday.com (2020) diakses 23 Juni 2020. Why are my legs and feet numb?. 23 Juni 2020 pukul 22.35.
    register-docotr