Kamus Penyakit

4 Cara Alami Mengobati Maag yang Perlu Kamu Tahu

May 7, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Syarifa Aisyah
feature image

Maag adalah penyakit yang terjadi ketika suatu kondisi yang mempengaruhi organ lambung mengalami bengkak dan terkena radang. Pengobatanya tak selamanya dilakukan secara medis, cara alami mengobati maag pun dapat kamu lakukan lho.

Penyebab maag sangat beragam antara lain pola makan tidak teratur, konsumsi makanan berminyak, bergula, dan pedas, infeksi bakteri dan virus, stres anemia pernisiosa, konsumsi alkohol berlebihan dll.

Pada kondisi tertentu, penyakit maag membutuhkan penanganan medis dari dokter, terutama ketika gejalanya meningkat menjadi lebih serius. Namun, pada kondisi yang lebih ringan, maag dapat diredakan secara alami.

Berikut cara alami mengobati maag yang bisa kamu lakukan di rumah

  • Mengonsumsi makanan anti-radang

Brokoli, konsumsi brokoli dapat menjaga sistem pencernaan dan mencegah terjadinya iritasi lambung.

Blueberry, konsumsi blueberry juga dapat menjaga sistem pencernaan dan mencegah munculnya iritasi pada lambung.

  • Mengubah cara makan

Selain makanan maag juga dapat dipicu oleh cara kamu mengonsumsi makanan. Saat mengalami maag, sistem pencernaan kamu sebisa mungkin dimanjakan agar memudahkan proses pencernaan.

Ketika makan dalam jumlah banyak saluran pencernaan kamu akan kaget karena harus mengubah makanan menjadi energi. Oleh sebab itu, mengurangi jumlah asupan makanan dapat mengurangi gejala maag.

  • Ekstrak bawang putih

Salah satu penyebab maag adalah infeksi bakteri H. pylori, bakteri yang dimiliki oleh setidaknya 50 persen populasi dunia. Maag yang dipicu oleh infeksi bakteri ini diduga dapat diatasi dengan mengonsumsi bawang putih untuk melawan bakteri H. pylori.

Namun, maag yang disebabkan oleh infeksi H. pylori tetap perlu pemeriksaan dan dibutuhkan obat pelindung lambung dan antibiotik.

  • Probiotik

Probiotik membantu melindungi lambung dari penyebaran bakteri H. pylori melalui konsumsi suplemen probiotik dan memperbaiki sistem pencernaan sekaligus memicu buang air besar.

Probiotik juga bisa didapat dari sumber makanan dan minuman seperti yogurt, kimchi, kefir, kol parut, dan teh kombucha.

Sebagian besar kasus maag tidak berbahaya, namun demikian, maag yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi faktor risiko kanker lambung. Maka dari itu, menjalankan pola hidup sehat sangat penting.

Selain itu, kamu juga sebaiknya berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol yang menjadi penyebab maag. Sebisa mungkin hindari penggunaan obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen terlalu sering karena dapat merusak lambung.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Gastritis. Diakses pada 19 Desember 2019. My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10349-gastritis.

[1] Natural remedies for gastritis. Diakses pada 19 Desember 2019. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321138.php.

Diet and Helicobacter pylori infection. Diakses pada 19 Desember 2019.  NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5047973/.

Inhibition of Helicobacter pylori by garlic extract (Allium sativum). Diakses pada 19 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8739190/.

    register-docotr