Kamus Penyakit

Jangan Diremehkan! Sejumlah Kondisi Ini Jadi Sebab Timbulnya Benjolan di Ketiak

June 26, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Ketiak kerap menjadi salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan kesehatannya. Tak ayal banyak orang sering terkejut saat meraba bagian tubuh ini dan menemukan ada benjolan di ketiak.

Sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya benjolan di ketiak, apakah ini hal wajar atau justru tidak boleh diremehkan? Simak penjelasan dalam artikel ini.

Munculnya benjolan di ketiak

Ketika kamu merasakan adanya benjolan di ketiak, hal tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya suatu kondisi yang serius atau mungkin bisa jadi juga tidak. Bukannya pria, kamu para wanita malah justru yang paling rentan mengalami benjolan seperti ini. 

Dilansir dari healthline.com, benjolan pada ketiak mungkin merujuk pada pembesaran kelenjar getah bening di bawah lengan kamu. 

Kelenjar getah bening adalah struktur kecil berbentuk oval yang terletak di seluruh sistem limfatik tubuh. Jangan disepelekan karena kelenjar getah bening ini memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Benjolan ketiak dapat disebabkan oleh kista, infeksi, atau iritasi akibat pencukuran atau penggunaan antiperspiran. Namun, benjolan ini juga menunjukkan kondisi kesehatan serius yang mendasarinya.

Sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter, jika timbul benjolan di bagian ketiak apalagi dibarengi dengan rasa sakit saat disentuh. Sebelumnya kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebab yang dapat memicu timbulnya benjolan pada ketiak.

Baca juga: Mau Tampil Percaya Diri? Atasi Penyebab Ketiak Hitam dengan 5 Cara Ini!

Penyebab munculnya benjolan di ketiak

benjolan di ketiak
Benjolan pada ketiak bisa jadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Foto: https://www.medindia.net

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, timbulnya benjolan di ketiak tersebut karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening. 

Perlu diketahui bahwa lebih dari 20 kelenjar getah bening berada di ketiak. Lalu timbulnya benjolan tersebut terjadi akibat pertumbuhan jaringan yang abnormal.

Ukuran kecil atau besar benjolan tersebut tentu setiap orang akan berbeda-beda. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebagian benjolan dapat menandakan masalah yang serius. Berikut ini beberapa penyebab paling umum dari benjolan ketiak yang dilansir dari healthline.com:

1. Infeksi bakteri atau virus

Infeksi bakteri atau virus ini biasanya terjadi setelah kamu melakukan pencabutan atau mencukur bulu ketiak. 

Akibat hal tersebut bakteri dapat masuk ke folikel rambut ketiak hingga menumpuk bersama kulit mati dan tentu saja menimbulkan benjolan kecil di ketiak. Biasanya benjolan tersebut berbentuk bisul yang mungkin saja bisa berisi nanah.

Tak hanya itu saja, infeksi virus seperti herpes zoster, cacar air, mononukleosis, dan HIV yang juga mampu menyebabkan benjolan di ketiak loh.

2. Adanya penyakit lipoma 

Lipoma bisa diartikan sebagai pertumbuhan jaringan lemak jinak dan berkembang di bawah kulit. Perlu diketahui bahwa semua golongan usia rentan untuk mengalami kondisi seperti ini loh. 

3. Fibroadenoma 

Penyebab ini dikarenakan adanya pertumbuhan jaringan fibrosa non-kanker. Fibroadenoma merupakan tumor payudara jinak yang biasanya bersifat nonkanker.

Jika kamu mengalami kondisi ini, tentu saja akan timbul benjolan di payudara atau sekitar ketiak. Ukuran benjolan yang terjadi pada setiap orang tentu berbeda-beda, namun dapat bergerak dengan mudah tanpa adanya rasa sakit yang serius. 

4. Hidradenitis suppurativa

Kondisi bisa menyebabkan munculnya benjolan hingga adanya warna kemerahan pada ketiak. Kamu akan memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kondisi ini apabila terjadi sumbatan folikel rambut ketiak yang terjadi dalam waktu yang panjang. 

Jika terjadi seperti itu secara terus menerus hidradenitis suppurativa ini dapat berubah menjadi abses atau kantung nanah.

5. Reaksi alergi bisa sebabkan benjolan di ketiak

Kamu yang memiliki alergi terhadap yodium sebaiknya berhati-hati karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya benjolan pada ketiak. 

6. Reaksi negatif terhadap vaksinasi

Kamu melakukan vaksinasi dan munculnya benjolan bisa jadi hal itu akibat dari reaksi negatif loh. Jika hal ini terjadi segera untuk konsultasi dengan dokter. 

7. Infeksi jamur

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang tempatnya hangat dan lembap, hal tersebut merupakan faktor utama jamur bisa berkembang di kulit. Jika kamu sudah terinfeksi jamur tentu saja benjolan bisa dengan mudahnya timbul. 

8. Benjolan di ketiak bisa pertanda kanker payudara

Jika kamu mengalami timbulnya benjolan dan dibarengi rasa sakit yang serius, bisa jadi ini menjadi gejala kanker payudara. Jika mengalami benjolan dan rasa sakit tersebut ada baiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

9. Limfoma 

Kondisi ini disebut juga sebagai kanker sistem limfatik atau getah bening. Cairan getah bening ini memang mengandung sel darah putih yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya di bagian ketiak, benjolan akibat kelenjar getah bening ini bisa muncul di daerah mana saja. 

Baca Juga: Anak 2 Tahun Idealnya Sudah Bisa Apa Saja? Yuk Moms Simak Perkembangannya

10. Leukemia

Ketika kamu mengalami kondisi ini, artinya adanya pembengkakan dan memicu munculnya benjolan kelenjar getah bening pada area ketiak dan leher. 

11. Lupus

Kondisi ini adalah penyakit autoimun yang menargetkan sendi dan organ tubuhmu. Lupus dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening dan munculnya benjolan pada ketiak. 

Demikian beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan pada ketiak. Tidak perlu panik, hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi atau konsultasi ke tenaga kesehatan untuk mengetahui apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2015) diakses 23 Juni 2020. Armpit Lump
  2. Medicalnewstoday.com (2020) diakses 23 Juni 2020. Armpit lumps: What you need to know
  3. Medlineplus.gov (2020) diakses 23 Juni 2020. Armpit lump

 

    register-docotr