Kamus Penyakit

Beberapa Gejala Kanker Prostat yang Harus Kamu Tahu dan Waspadai

June 15, 2020 | Husni Efendi
feature image

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria, kanker prostat menempati urutan kedua terbanyak pada pria di Indonesia, yang terjadi rata-rata pada umur lebih dari 65 tahun.

Gejala kanker prostat biasanya ditandai dengan buang air kecil yang tersendat hingga tidak bisa keluar.

Kanker prostat merupakan pertumbuhan berlebih dari kelenjar prostat. Prostat adalah bagian dari sistem reproduksi pria, letaknya di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing.

Kamu juga perlu mengenali gejala lain, supaya bisa segera mencari perawatan yang tepat saat kondisi tersebut terjadi, sekaligus menjadi langkah dini untuk mengantisipasi kondisi semakin parah.

Gejala kanker prostat

1. Susah buang air kecil

Gejala ini diakibatkan oleh membesarnya kelenjar prostat yang ada di sekitar saluran kemih karena terdapat kanker di dalamnya.

Kelenjar prostat akan menjadi lebih parah seiring bertambahnya usia seseorang. Karena itu, periksa diri ke dokter sedini mungkin, saat kamu merasakan gejala tadi.

2. Keluar darah saat buang air kecil

Keluar darah saat buang air kecil adalah gejala yang jarang terjadi, namun jangan diabaikan. Segeralah periksa ke dokter meski keluar sedikit darah saat buang air kecil.

3. Darah pada sperma

Gejala lain adalah munculnya bercak darah yang bersamaan saat keluarnya sperma, bercak darah bisa timbul tidak terlalu jelas, darah pada sperma juga mungkin tidak dalam jumlah banyak dan hanya menyebabkan warnanya berubah menjadi merah muda.

4. Sering mengalami kesulitan buang air besar

Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan berada di depan rektum, akibatnya bila ada gejala gangguan prostat, kemungkinan pencernaan juga akan terganggu.

Keseringan kesulitan buang air besar yang terjadi  terus menerus, juga bisa menyebabkan pembesaran pada prostat.

Keseringan saat buang air besar juga bisa mengindikasikan gangguan saluran pencernaan, segera konsultasikan ke dokter saat kamu mengalami gejala tersebut.

Gejala kanker prostat dalam tahap lanjut

Gejala kanker prostat pada tahap lanjut dapat menimbulkan beberap gejala sebagai berikut:

1. Rasa nyeri pada beberapa bagian tulang

Gejala kanker prostat
Gejala kanker prostat rasa nyeri pada tulang. Sumber Foto: arksurgicalhospital.com

Gejala kanker prostat pada tahap lajut bisa menyebabkan rasa sakit yang parah atau rasa kaku pada tulang panggul, punggung bagian bawah, tulang rusuk, atau paha bagian atas.

2. Penurunan berat badan

Gejala kanker prostat pada tahap lanjut juga bisa memicu penurunan berat badan. Selain itu, juga disertai muncul perasaan menurunnya nafsu makan, mual, muntah, dan mudah merasa lelah.

Jika gejala pada tahap awal dan tahap lanjut dibiarkan saja, dan tidak segera diantisipasi, ada kemungkinan gejala kanker prostat akan menyebar.

Gejala kanker prostat yang sudah menyebar akan memicu gangguan fungsi organ pada tulang belakang dan menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang. Tertekannya saraf tulang belakang adalah keadaan berbahaya, dan bisa menjadi tanda awal terjadinya kanker.

Sementara gejala yang dapat muncul akibat tertekannya saraf tulang belakang antara lain, kaki menjadi sering terasa lemah dan sulit berjalan, semakin kesulitan mengontrol keinginan untuk buang air kecil ataupun besar.

Apabila kamu mengalami gejala-gejala di atas, segerakan untuk berkonsultasi ke dokter, untuk mengetahui langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan.  

Rutin berolahraga, hindari makanan atau minuman yang tidak sehat, melakukan gaya hidup sehat, juga perlu kamu lakukan supaya risiko kanker prostat bisa menurun.

Jika ingin berkonsultasi dengan dokter perihal gejala-gejala kanker prostat, dan bagaimana cara mengantisipasinya, kamu bisa menghubungi dokter di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

– Yayasan Kanker Indonesia, Jenis-jenis kanker, diakses 10 Juni 2020

http://yayasankankerindonesia.org/jenis-jenis

 

– Mayo Clinic, Prostate cancer, diakses 10 Juni 2020

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/symptoms-causes/syc-20353087

 

– Cdc.gov, What Are the Symptoms of Prostate Cancer? diakses 10 Juni 2020

https://www.cdc.gov/cancer/prostate/basic_info/symptoms.htm

 

– WebMD, Prostate Cancer Symptoms, diakses 10 Juni 2020

https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/understanding-prostate-cancer-symptoms

 

– Cancer.net, Prostate Cancer: Symptoms and Signs, diakses 10 Juni 2020

https://www.cancer.net/cancer-types/prostate-cancer/symptoms-and-signs

 

– Pfc.org, Prostate Cancer Symptoms and Signs, diakses 10 Juni 2020

https://www.pcf.org/about-prostate-cancer/what-is-prostate-cancer/prostate-cancer-symptoms-signs/

 

– Cancer centre, Prostate cancer symptoms, diakses 10 Juni 2020

https://www.cancercenter.com/cancer-types/prostate-cancer/symptoms

    register-docotr