Kamus Penyakit

6 Kesalahan dalam Pengobatan yang Membuat Diabetes Makin Parah

May 4, 2020 | dr. Ghifara Huda
feature image

Diabetes merupakan penyakit yang awam terjadi pada masyarakat. Penyakit ini bisa dibilang paling ditakuti karena komplikasinya, namun masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan pengobatan diabetes.

Baca Juga: Awas 4 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Wajib Dihindari saat Puasa

Diabetes merupakan penyakit penyebab kematian terbesar di dunia

Kesalahan pengobatan diabetes yang membuat makin parah. Foto: https://www.shutterstock.com

Diabetes mellitus menurut WHO merupakan 7 penyebab utama kematian pada 2016 di seluruh dunia. Sedangkan penderita diabetes secara global sendiri telah meningkat dari 108 juta orang pada 1980 menjadi 422 juta di 2014. 

Ada dua jenis diabetes, yakni:

Diabetes tipe 2 

Merupakan jenis  diabetes mellitus terbanyak yang dialami masyarakat dunia saat ini, dimana penderitanya merupakan orang orang yang menjalankan pola hidup tidak sehat.

Diabetes tipe 2 masih dapat dimanajemen atau diobati dalam artian gula darah seseorang dapat terkendali sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang menakutkan. 

Diabetes mellitus tipe 1

Dialami penderitanya sejak usia belia yang memang dikarenakan faktor genetik atau keturunan dan tidak bisa dihindari. 

Penderita diabetes harus memahami bahwa diabetes ini tidak bisa disembuhkan secara total, hanya bisa dikelola dengan baik saja. 

Seringkali seseorang frustasi mengapa gula darahnya tidak bisa terkelola dengan baik meski sudah dalam pengobatan.

Kesalahan pengobatan diabetes

Berikut akan diuraikan beberapa kesalahan yang mungkin terjadi dalam  pengobatan diabetes yaitu :

Kesalahan pengobatan diabetes adalah menganggap remeh manfaat olahraga

Meremehkan olahraga membuat diabetes makin parah. Sumber foto : https://www.medicalnewstoday.com/

Ini merupakan kesalahan yang paling umum terjadi pada masyarakat, adanya sikap malas serta anggapan bahwa olahraga adalah hal yang percuma dilakukan.

Jikalau dilakukan olahraga hanya menimbulkan efek yang kecil saja dan tidak berarti. Sehingga orang cenderung akan melakukan olahraga disaat luang saja dan jika ada kesibukan akan meninggalkannya.

Hal ini adalah kesalahan fatal karena sebenarnya dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat karena sel tubuh menjadi lebih aktif dan kuat. Sehingga insulin dalam tubuh dapat digunakan maksimal oleh sel dan akhirnya gula darah akan terkontrol dengan baik.

Tidak disiplin dalam mengonsumsi obat diabetes maupun insulin

Kurang disiplinnya seseorang mengakibatkan lupa dan tidak teratur dalam mengonsumsi obat diabetes ataupun insulin. Ini mengakibatkan gula darah menjadi tidak terkontrol dan pengobatan diabetes tidak berhasil.

Tidak melakukan cek kadar gula darah secara rutin adalah kesalahan pengobatan diabetes

kesalahan pengobatan diabetes
Tidak rajin mengecek darah. Sumber Foto : https://abcnews.go.com/

Kadar gula darah seseorang bisa naik turun tergantung jumlah asupan kalori yang dikonsumsi. Jika tidak dilakukan pengecekan secara rutin maka seseorang tidaklah bisa tahu apakah kadar gulanya dalam posisi normal atau sudah berlebihan.

Berhenti minum obat tanpa persetujuan dokter adalah kesalahan pengobatan diabetes

Banyak sekali masyarakat awam beranggapan jika kadar gula sudah di angka normal, maka pengobatan dapat dihentikan segera dan diabetes sudah sembuh total. Serta aman untuk mengonsumsi makanan secara bebas tanpa perlu khawatir apapun. 

Hal inilah adalah kesalahan yang sangat fatal dan menyebabkan banyak pasien jatuh dalam komplikasi diabetes yang fatal akibat gula darah terlalu tinggi setelah konsumsi makanan secara berlebihan. 

Oleh karena itu seseorang harus selalu konsultasi dengan dokter tentang pengobatan yang sedang dilakukan.

Makan makanan ringan terlalu banyak 

kesalahan pengobatan diabetes
Makanan ringan banyak mengandung kadar gula. Foto: https://www.foodbeast.com/

Makanan ringan kebanyakan mengandung gula dan garam berkadar tinggi tiap gramnya. 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa diabetes hanya akan beresiko jika mengonsumsi makanan besar saja seperti nasi, roti dan makanan besar lainnya dalam jumlah besar. Sedangkan makanan ringan tidak akan meningkatkan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi sebanyak apapun yang diinginkan. 

Anggapan ini juga adalah kekeliruan besar, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan dengan kadar gula yang tinggi tiap gramnya akan menyebabkan kadar gula naik sama halnya dengan makan makanan besar.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala Sebelah Kiri, Cek Lagi Bagaimana Gaya Hidup Kamu

Terlalu bergantung pada obat diabetes dan menyepelekan solusi lain selain obat

Kebanyakan pasien hanya mengandalkan obat saja namun tidak melakukan olahraga dan diet makanan dengan bijaksana. 

Kasus yang terjadi adalah banyak pasien yang kadar gula darah naik tinggi meski sudah minum obat sesuai anjuran dokter. Mereka mengonsumsi makanan tinggi gula secara berlebihan tanpa ada rasa khawatir, karena menganggap telah minum obat maka akan aman-aman saja.

Reference

We’re wrong about type 2 diabetes treatment. https://www.dietdoctor.com/wrong-type-2-diabetes-treatment. Accessed on 27 oktober 2019.

Life doesn’t end with diabetes type 2.  https://www.diabetes.org/diabetes/type-2. Accessed on 27 October 2019.

Diabetes: Have We Got It All Wrong?.  https://care.diabetesjournals.org/content/35/12/2432 . Accessed on 27 October 2019. 

Management of diabetes: are doctors framing the benefits from the wrong perspective?. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1121514/. Accessed on 27 October 2019.

    register-docotr