Olahraga

Yuk Rutin Pound Fit: Perpaduan Musik dan Olahraga yang Banyak Manfaat!

August 17, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Beragam model fitness dan diet terus bermunculan dan berkembang seiring dengan tren gaya hidup sehat yang mulai diperhatikan banyak orang. Salah satu yang menarik perhatian adalah pound fit, di mana kamu melakukan gerak tubuh layaknya seorang penabuh drum.

Dalam aktivitas ini, kamu akan melakukan gerakan-gerakan workout sembari mendengar musik dan menggenggam Ripstix, sebuah alat khusus yang digunakan dalam pound fit berbentuk stik drum.

Yuk kenali lebih jauh tentang pound fit!

Metode pound fit: gabungan latihan fisik dan musik

Pound fit bukan hanya sekadar mendengarkan musik lalu bergerak bebas. Lebih dari itu, metode workout ini mengombinasikan latihan kardio, kekuatan dan conditioning dengan yoga dan beberapa gerakan pilates sembari diiringi alunan musik.

Dilansir laman poundfit.com, metode ini diciptakan pada tahun 2011 oleh dua perempuan mantan drummer dan juga atlet di masa kuliah, Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom. Itu sebabnya, tidak heran kalau musik menjadi hal yang penting dalam setiap sesi pound fit.

Dikutip dari besthealthmag.ca, Kirsten menyebut jika kamu akan menikmati banyak genre musik berbeda saat workout. Setiap lagu akan membuat kamu melakukan banyak hentakan berbeda.

Kirsten menjanjikan jika musik-musik yang dihadirkan sangat memotivasi, sehingga kamu akan merasa dalam sebuah perjalanan kecil di dalam setiap latihannya.

Ripstix: instrumen terpenting pound fit

Tidak hanya alunan musik, pound fit bahkan menggunakan salah satu instrumen yang mirip dengan stik drum yang diberi nama Ripstix.

Memiliki berat yang ringan, stik ini secara spesifik didesain khusus untuk latihan pound fit.

Berikut ini adalah fakta tentang ripstix yang dilansir poundfit.com:

  • Ripstix merupakan kepanjangan dari ripped drumstick yang secara konsep adalah stik untuk menemani aktivitas pound fit kamu
  • Stik ini memiliki dua kali berat standar stik drum standar 5B dan ukurannya sedikit lebih pendek. Modifikasi desain ini diciptakan untuk meningkatkan kondisi fisik tangan dan memaksimalkan workout
  • Dalam setiap sesi, kamu secara tidak sadar akan menabuh Ripstix sekitar 15 ribu kali
  • Warna hijau neon pada stik ini disebut sebagai salah satu warna yang gerakannya mudah diproses oleh otak. Karena itulah kamu akan lebih mudah memerhatikan gerakan kamu sendiri dalam setiap sesi
  • Ripstix terbuat dari plastik yang lentur dan dapat melewati pemeriksaan di bandara jika kamu sedang bepergian

Pengaruh rutin pound fit pada tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam satu sesi pound fit yang berdurasi 45 menit, kamu secara tidak sadar akan mampu menabuh hingga 15 ribu kali dengan lebih dari 70 teknik.

Laman poundfit.com mengklaim jika gerakan-gerakan dalam satu sesi mampu membakar hingga lebih dari 900 kalori.

Dengan cara tersebut, kamu akan mampu meningkatkan kekuatan otot. Tidak hanya itu, kamu pun dapat meningkatkan ritme, mengatur tempo, koordinasi, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan musikalitas jika kamu melakukan pound fit secara rutin.

Meskipun demikian, dilansir CNN Health, salah satu hal terpenting dari workout bukan hanya menggenjot fisik saja, tapi juga bagaimana setiap gerakan dapat menstimulasi otak. Nah, hal-hal ini bisa kamu dapatkan dalam pound fit.

“Saat kamu menabuh drum dalam ritme tertentu, terutama jika kamu bersinkronisasi dengan orang banyak, kamu membuat banyak area di otak terkoneksi dan bekerja,” ucap Dr. David Burke dari Emory University, dikutip dalam laman tersebut.

Ketentuan pound fit untuk hasil yang maksimal

Dalam wawancara eksklusif dengan besthealthmag.ca, Cristina menyebut jika pound fit adalah program workout yang dilakukan selama 60 hari. Kamu bisa melakukan gerakan ini di rumah, atau di kelas pound fit sekitar kamu.

Setiap harinya, kalender kerja pound fit akan memberi tahu workout apa yang harus kamu lakukan. Kamu juga dapat menggunakan fitness journal untuk menuliskan dengan rinci apa yang kamu lakukan setiap harinya.

Bukan tanpa alasan khusus, program ini sengaja diciptakan selama 60 hari karena waktu ini dikatakan Kirsten sebagai waktu yang optimal untuk memberikan hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, kamu pun diminta untuk mengikuti rencana pola makan yang mereka ciptakan.

Demikian informasi tentang pound fit yang penting untuk kamu ketahui. Berminat akan mulai mencobanya?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Poundfit.com, diakses 15 Agustus 2020. Rockout Workout
  2. Poundfit.com, diakses 15 Agustus 2020. 5 THINGS YOU DIDN’T KNOW ABOUT RIPSTIX®
  3. Edition.cnn.com (2019) diakses 15 Agustus 2020. Pound workouts will rock your body and mind
  4. Besthealthmag.ca, diakses 15 Agustus 2020. How the POUND Workout Makes Sweating Fun
    register-docotr