Olahraga

Ingin Mengecilkan Perut? Ini 5 Olahraga yang Perlu Kamu Coba

May 9, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Olahraga untuk mengecilkan perut ternyata nggak sulit serta dapat dilakukan di rumah lho. Kamu pun dapat melakukannya setiap hari agar mendapatkan hasil maksimal.

Selain dapat membakar lemak di perut, olahraga ini juga mampu membentuk otot pada perut sehingga perut dapat terlihat lebih indah.

Nah, untuk kamu yang ingin mengecilkan perut, berikut beberapa tips olahraga yang perlu kamu lakukan.

1. Toe reaches

Olahraga untuk mengecilkan perut salah satunya adalah toe reaches. (Foto:Shutterstock)

Latihan ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ya!

  • Berbaring telentang di atas matras.
  • Angkatlah kaki pada sudut 90 derajat.
  • Saat mengangkat kaki, gunakan otot perut bagian bawah.
  • Arahkan tanganmu ke arah jari-jari kaki, kemudian berhenti selama 1-2 detik di atas. Berusahalah untuk meraih jari-jari kaki. 
  • Turunkan kaki secara perlahan-lahan.
  • Lakukan hal ini sebanyak 1-3 set.
  • Satu set bisa berisi 12-18 kali pengulangan.

2. Side plank

Side plank mampu membentuk otot perut. (Foto:Freepik)

Selain melatih otot perut, gerakan ini juga mampu meredakan sakit punggung lho. Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama, berbaringlah di sisi kanan dengan lengan kanan menahan beban tubuh.
  • Luruskan kaki, pastikan kaki kiri berada di atas kaki kanan.
  • Anggkat pinggul sampai kamu membentuk garis lurus dengan tubuh.
  • Angkat lengan kiri hingga posisinya sejajar dengan bahu.
  • Putar batang tubuh ke lantai sambil bawa lengan kiri ke bawah tubuh.
  • Putar batang tubuh ke posisi semula dan luruskan lengan kiri.
  • Ulangi gerakan 8-12 kali dalam satu set.
  • Lakukan pada sisi lain juga. 

3. Boat pose 

Boat pose dapat membuat otot perut serta punggung lebih kuat. (Foto: Shutterstock)

Gerakan ini mampu membangun otot perut serta otot punggung kamu. Untuk melalukannya ikuti tahapan berikut:

  • Mulailah dengan posisi duduk.
  • Pastikan kedua lutut ditekuk dan kedua kaki menapak rata pada lantai.
  • Rentangkan tangan ke depan sehingga sejajar dengan sisi kedua lutut.
  • Buat gerakan condong ke belakang hingga badan membentuk sudut 45 derajat. 
  • Perlahan, angkat kaki ke udara hingga membentuk huruf V.
  • Tahan posisi ini hingga 1 menit.
  • Kamu dapat mengulanginya 2-3 kali.

4. Bicycle crunches

Lakuan bycicle crunches untuk menguatkan perut dan pinggul. (Foto:www.freepik.com)

Gerakan yang satu ini tidak hanya berguna untuk perut tapi juga leher serta pinggul lho. Caranya cukup mudah, ikut langkah berikut:

  • Mulai dengan berbaring telentang di lantai.
  • Tekuk kedua lutut membentuk sudut 90 derajat.
  • Pastikan tumit menempel pada lantai.
  • Letakan kedua tangan di bagian belakang kepala.
  • Mulailah angkat bagian atas tubuh dan lutut.
  • Saat menghembuskan napas, pastikan kamu membuat siku kanan menyentuh lutut kiri dan sebaliknya secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak  8–18 pengulangan.
  • Ulangi gerakan dalam 2-3 set.

5. Burpees 

Gerakan burpees yang berulang baik untuk membakar lemak di perut. (Foto: Shutterstock)

Gerakan yang satu ini akan sangat efektif untuk membakar lemak pada tubuh. Ikuti langkah berikut untuk melakukannya:

  • Berdirilah dengan posisi kaki selebar bahu.
  • Jongkok dan letakkan telapak tangan di depan, tepat di bawah bahu.
  • Lempar kakimu ke belakang hingga membentuk posisi push up.
  • Posisi ini harus membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.
  • Lakukan 1 kali push up.
  • Lempar ke posisi semula sehingga kamu seperti jongkok kembali.
  • Raih lengan di atas kepala dengan lompat ke arah atas.
  • Setelah mendarat, kembalilah ke posisi jongkok.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 12-25 kali dalam satu set.
  • Ulangi sebanyak 6-10 set.

Baca juga: 5 Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja

Berapa lama olahraga ini akan memberikan efek pada tubuh?

Waktu yang diperlukan untuk mengecilkan perut pada setiap orang cenderung berbeda-beda. Banyak faktor yang mampu mempengaruhi cepat atau lambatnya hal tersebut. 

Jumlah lemak dalam tubuh kamu juga menjadi faktor utama nya lho. Tetapi tenang saja, kalau kamu konsisten melakukannya dalam kurun waktu yang lama kamu akan melihat perubahan sedikit demi sedikit.

Hasil maksimalnya mungkin dapat kamu raih dalam hitungan bulan atau mungkin tahun. Ingatlah untuk selalu fokus pada kesehatanmu ya bukan pada angka yang berkurang pada ukuran perutmu. Imbangi olahraga dengan diet yang tepat.  

Apakah hanya dengan olahraga perut dapat mengecil?

Di samping olahraga, kamu harus bisa melakukan beberapa hal lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada perutmu. Kamu harus bisa mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

Berikut adalah hal yang mampu mempercepat proses pengecilan perut: 

  1. Terus bergerak

Usahakan berolahraga 30 hingga 60 menit setiap hari. Jadikanlah olahraga sebagai rutinitasmu.

  1. Makan makanan bergizi

Kurangi asupan makanan dengan kadar gula tinggi, asin, atau makanan olahan. Kalau kamu sering merasa kembung, hindari makanan seperti kacang, gluten, dan produk susu.

  1. Tidur teratur

Tidur adalah salah satu kuncinya. Pastikan kamu mendapatkan tidur berkualitas tinggi supaya tubuh bisa rileks dengan maksimal. 

  1. Hidrasi tubuh

Minum banyak air tidak hanya membantu sistem pencernaanmu tetapi juga membantumu merasa kenyang lho. Sehingga kamu terhindar dari rasa ingin ngemil atau memakan makanan yang kurang bermanfaat bagi tubuh. 

  1. Puasa

Puasa dapat mempermudah kamu dalam mengurangi lemak pada tubuh. Selain itu, puasa juga membantumu mengelola pola makan sehingga kamu lebih disiplin terhadap jadwal makan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

    register-docotr