Olahraga

Aman dan Bagus Dilakukan, Ini Jenis Olahraga Saat Haid!

November 15, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Datangnya haid seringkali membuat nyeri pad bagian perut. Oleh sebab itu banyak wanita justru menghindari olahrga. Namun ada beberapa jenis olahraga yang mampu ringankan nyeri saat haid loh. Apa saja ya? 

Jenis-jenis olahraga saat haid

Jalan kaki

Dimulai yang paling ringan dan dapat dilakukan kapan saja, serta dimana saja, yaitu jalan kaki. Kamu tak perlu jauh-jauh, jalan kaki di sekitar rumah pada pagi atau sore hari sudah meringankan nyeri di perut saat haid datang. 

Tak hanya itu saja, berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum, terutama meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru.

Sedangkan, bagi kamu yang sering menderita dismenorea atau nyeri perut saat haid, aktivitas simpel ini bisa menjadi pilihan olahraga saat menstruasi untuk menguranginya. Lakukanlah jalan kaki setidaknya 30 menit tanpa berhenti. Minimal tiga kali dalam seminggu.

Yoga

Dilansir dari Healthline, selain jalan kaki, salah satu jenis olahraga saat haid yang dapat dilakukan adalah yoga. Yoga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan berpotensi mengurangi kram perut, nyeri pada payudara, nyeri otot dan sendi, hingga kelelahan. 

Perlu kamu ketahui bahwa banyak gerakan yoga yang akan meregangkan otot-otot tubuh, termasuk otot panggul. Teknik pernapasan ala yoga juga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot tubuh. Inilah salah satu alasan yoga bisa membantu kamu untuk rileks dan meredakan kram perut.

Sangat disarankan untuk melakukan yoga rutin selama enam hari, dengan durasi 35 hingga 40 menit per harinya.

Pilates

Melansir penjelasan dari laman Healthline, sama seperti yoga, pilates termasuk jenis olahraga saat menstruasi yang dapat membuat tubuh menjadi rileks.

Terlebih lagi, beberapa gerakan pilates juga menggunakan otot-otot dasar panggul sehingga mampu mengurangi nyeri haid dan rasa tidak nyaman selama menstruasi. 

Baca juga: Waspadai Nyeri saat Haid Bisa Jadi Pertanda Penyakit Endometriosis

Olahraga yang harus dihindari

Memang melakukan aktivitas seperti olahraga pada hari pertama haid, sangatlah tidak nyaman. Apalagi jika kamu tipe orang yang cenderung mengeluarkan banyak darah saat haid.

Jika seperti itu pilihlah untuk melakukan olahraga ringan saja, agar tidak memperburuk kondisi tubuh saat haid ya. 

Beberapa olahraga yang perlu untuk dihindari selama haid yaitu seperti olah raga cardio yang intens atau latihan ketahanan yang berat.

Pasalnya, latihan jenis ini malah bisa membuat kamu merasa sangat lelah. 

Pastikan kamu mengetahui kondisi fisik terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga saat menstruasi. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar pilihan olahraga yang dipilih lebih pasti dan cocok bagi kondisi fisik ya.

Ada pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 4 November 2020. Can You Exercise on Your Period?
  2. Flo.health (2020) diakses pada 4 November 2020. Exercising During Period: Benefits and Things to Avoid 
    register-docotr