Olahraga

Musim Hujan Mulai Datang, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Bugar

September 30, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berolahraga adalah cara penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, meningkatkan suasana hati, dan mencegah penyakit kronis. Namun ketika musim hujan tiba, aktivitas berolahraga seringkali terhenti dengan alasan tidak bisa berolahraga di luar rumah atau cuaca yang dingin. 

Padahal ada banyak lho pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah saat hujan. Apa saja kira-kira? Berikut ulasannya!

Jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan 

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine, berolahraga di saat musim hujan atau cuaca dingin dapat membuat tubuh membakar lebih banyak energi dan membuatnya terasa lebih bugar.

Nah, berikut ini ada 5 jenis olahraga yang bisa kamu coba di rumah saat musim hujan:

1. Peregangan fisik

Peregangan merupakan gerakan yang penting dilakukan setiap hari, termasuk di hari hujan. Ini agar otot tubuh tetap fleksibel sehingga dapat meningkatkan rentang gerak. 

Gerakan peregangan juga mudah dilakukan di rumah tanpa perlu ruangan yang luas dan tanpa alat. Olahraga yang termasuk peregangan di dalamnya meliputi pilates atau yoga. Umumnya peregangan juga dilakukan sebelum latihan pada jenis olahraga lain. 

2.  Latihan aerobik

Latihan aerobik penting untuk melancarkan aliran darah, menjaga tekanan darah, kadar kolesterol, metabolisme, hingga memperbaiki suasana hati.

Kamu bisa melakukan latihan aerobik di rumah berupa senam, zumba, atau menari sambil memutarkan lagu. Berjalan mengelilingi rumah juga bisa jadi pilihan latihan aerobik. 

Bila kamu memiliki alat olahraga di rumah seperti treadmill atau sepeda statis, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk melakukan latihan aerobik. Gerakan seperti jumping jack, lompat tali, naik turun tangga juga bisa jadi pilihan.

Baca juga: Jangan Malas Gerak, Ini Segudang Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh   

3. Yoga

Yoga adalah aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan dengan mudah di kamar tidur, ruang tamu, atau di mana saja di dalam rumah. Latihan yoga sangat penting untuk menjaga tubuh, pikiran juga pernapasan. Yoga juga bisa dilakukan pagi hari saat bangun tidur atau malam menjelang tidur. 

Jangan lupa untuk siapkan matras yoga dan gunakan ruangan yang tenang. Kamu bisa mengikuti kelas yoga online atau mengikuti berbagai video yoga yang tersedia di internet.  

4. Latihan angkat beban

Meski hanya di rumah, kamu tetap bisa melakukan olahraga yang melatih kekuatan tubuh. Terutama untuk membangun otot. Untuk membangun otot, kamu bisa gunakan alat yang memberi beban.

Bila tidak ada barbel atau dumbell, gunakanlah barang-barang lain di rumah seperti botol air atau kaleng minuman. 

Cara lain untuk melatih kekuatan otot adalah latihan menggunakan resistance band. Kamu hanya perlu melilitkan resistance band di sekitar kenop pintu atau kaki kursi yang berat. Lalu mulailah melakukan gerakan menarik berulang kali. 

5. Latihan kalistenik

Latihan kalistenik adalah latihan yang fokus pada beban tubuh sendiri. Gerakan dalam latihan ini bisa dilakukan tanpa perlu membeli peralatan khusus, lho. 

Kamu perlu melakukannya sebanyak tiga atau empat kali seminggu untuk memiliki tubuh yang lebih kuat. Lakukanlah secara berulang sesuai dengan kekuatan tubuh. Bila sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitasnya. 

Berikut adalah gerakan yang meliputi latihan kalistenik: 

  • Push up
  • Crunch
  • Leg lifts
  • Planks
  • Squats
  • Lunges
  • Chair dips
  • Calf raises
  • Standing plank
  • Bridges

Baca juga:  Kram Otot Menyerang saat Berolahraga, Simak Cara Antisipasi dan Penanganannya 

Manfaat rutin melakukan olahraga di rumah 

Selain baik dari segi kesehatan, olahraga di rumah saat hujan juga dapat memberi manfaat lain seperti: 

  • Menghemat waktu. Kamu tidak perlu bepergian ke luar atau menunggu giliran mesin dan peralatan seperti saat berolahraga di tempat kebugaran.   
  • Lebih hemat biaya. Kamu tidak perlu biaya langganan seperti di gym atau membeli peralatan mahal yang tidak dibutuhkan.
  • Waktu lebih fleksibel. Berolahraga di rumah dapat dilakukan sesuai jadwal sendiri. Baik itu pagi atau malam.
  • Privasi lebih tinggi. Saat berada di tempat kebugaran, beberapa orang mungkin merasa malu dengan orang lain. Nah, saat olahraga di rumah, kamu bisa berolahraga lebih leluasa dan tanpa merasa malu.
  • Sesuai dengan kemampuan. Ketika berolahraga di rumah, tidak ada tekanan untuk mengikuti orang-orang di sekitar atau untuk memaksakan diri melampaui batas kemampuan.

Iitu dia deretan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan. Jadi, jangan jadikan hujan alasan untuk tidak berolahraga, ya. Ingat kalau tubuh juga perlu aktif bergerak agar tetap fit. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr