Olahraga

Mengenal Krav Maga: Seni Bela Diri untuk Atasi Kejahatan Jalanan

December 1, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Selama ini, sebagian orang mungkin hanya mengenal beberapa seni bela diri yang dipertandingkan di kejuaraan besar, seperti pencak silat, karate, wushu, dan jujitsu. Faktanya, masih ada banyak martial arts yang tak kalah menarik dan menyehatkan. Salah satunya adalah krav maga.

Seperti apa olahraga bela diri krav maga itu? Apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika rutin menekuninya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu krav maga?

Krav maga adalah salah satu jenis seni bela diri yang mencakup gerakan dan teknik pertahanan. Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di Israel pada tahun 1940-an kepada para tentara. Sejak saat itu, krav maga menjadi populer di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat.

Pada dasarnya, krav maga diciptakan sebagai bentuk perlindungan dari terhadap kejahatan jalanan. Oleh karena itu, teknik dan gerakan dari seni bela diri ini mengandalkan refleks tubuh serta menargetkan kelemahan dan kelengahan lawan.

Sama seperti beberapa jenis martial arts lainnya, krav maga juga bisa menggunakan senjata atau alat peraga yang dapat dipakai untuk membantu melumpuhkan lawan, salah satunya adalah pisau.

Meski, semakin hari, krav maga berkembang menjadi olahraga dengan banyak tujuan. Mengutip Everyday Health, saat ini, krav maga juga berfungsi sebagai olahraga untuk mendukung kesehatan organ kardiovaskular dan elemen dalam yoga.

Teknik olahraga krav maga

Teknik dalam krav maga. Sumber foto: Shutterstock.

Krav maga adalah seni bela diri intensitas tinggi yang mampu membakar kalori dan mendukung pembentukan otot. Ini karena teknik penting yang harus dikuasai mencakup tendangan dan pukulan.

Sama seperti kebanyakan seni bela diri, sesi latihan krav maga dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan, serta banyak latihan gerakan aerobik di tengahnya. Krav maga cocok untuk semua usia, termasuk anak-anak.

Bedanya dengan seni bela diri lain, krav maga tidak memerlukan seragam atau pakaian khusus layaknya karate, jujitsu, dan wushu. Kamu bisa mengenakan pakaian apapun selama dirasa nyaman. Sepatu kets mungkin dibutuhkan untuk melindungi kaki agar tidak cedera.

Manfaat seni bela diri krav maga

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga krav maga. Tak hanya fisik, seni bela diri ini juga dapat memberi efek positif bagi kondisi psikismu. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari rutin menekuni latihan krav maga:

1. Tingkatkan ketenangan dan percaya diri

Seperti yang telah disebutkan, krav maga adalah seni bela diri yang fokus pada perlindungan terhadap kejahatan jalanan. Artinya, dengan menguasai olahraga ini, kamu mungkin bisa lebih siap dan tenang dalam menghadapi sesuatu yang sebelumnya tak terpikirkan.

Begitu juga dengan rasa percaya diri. Sebagian korban dari bullying atau kejahatan lain biasanya mengalami krisis percaya diri. Dengan menguasai teknik krav maga, kamu bisa lebih percaya diri untuk mengatasi semua ‘gangguan’ tersebut.

2. Tingkatkan kesadaran

Mengandalkan ketenangan saja belum cukup, perlu kewaspadaan untuk berada di lingkungan yang memiliki risiko tinggi aksi kejahatan. Saat menekuni krav maga, kamu akan dilatih meningkatkan kesadaran (awareness) untuk mengantisipasi potensi ancaman di sekitar.

Tak hanya aksi kejahatan, kesadaran tinggi tersebut bahkan mungkin dapat menyelamatkanmu dari kondisi berbahaya lain yang tak diduga, misalnya kecelakaan mobil.

3. Sehatkan tubuh dan jantung

Hampir semua olahraga memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Teknik-teknik dasar krav maga bisa membuatmu lebih cepat berkeringat, misalnya gerakan atau latihan aerobik.

Tak hanya kebugaran, krav maga juga dapat membantu menjaga kesehatan beberapa organ penting di dalam tubuh, salah satunya adalah jantung.

Menurut American Heart Association, rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu bisa mengoptimalkan sirkulasi darah dan kinerja organ kardiovaskular.

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Bantu Redakan Stres, Apa Saja?

4. Bantu redakan stres

Jika kamu sering mendapat tekanan pikiran yang menyebabkan stres, cobalah untuk menekuni krav maga.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, aktivitas fisik yang berat seperti krav maga bisa memacu tubuh melepaskan lebih banyak hormon kesenangan.

Hormon kesenangan yang dimaksud adalah endorfin, serotonin, dan dopamin. Pelepasan ketiga bahan kimia alami di dalam tubuh tersebut dapat menekan kadar kortisol, hormon pemicu stres.

Nah, itulah ulasan tentang olahraga seni bela diri krav maga beserta manfaat yang bisa kamu peroleh. Rutin melakukannya tak hanya membuat fisik lebih bugar, tapi juga kondisi psikis yang sehat.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Everyday Health, diakses 20 November 2020, Adding Krav Maga to Your Exercise Routine.
  2. Krav Maga Worldwide, diakses 20 November 2020, Importance of Self-Defense Training | 5 Surprising Benefits Beyond Fighting.
  3. AHA Journals, diakses 20 November 2020, Physical Activity Guidelines for Americans From the US Department of Health and Human Services.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 November 2020, Neuromodulation of Aerobic Exercise—A Review.

    register-docotr