Olahraga

Manfaat Senam Kegel bagi Pria: Atasi Sulit Tahan Kencing hingga Ejakulasi Dini

October 28, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Senam kegel dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul. Tak hanya dapat dilakukan oleh wanita saja, latihan ini juga dapat dilakukan oleh pria lho. Senam kegel untuk pria memiliki banyak manfaat, apa saja?

Baca juga: Manfaat Ajaib Senam Kegel dan Cara Melakukannya!

Mengenal lebih dalam tentang senam kegel

Senam kegel juga dikenal sebagai latihan dasar otot panggul. Senam ini menargetkan otot dasar panggul atau otot pubococcygeal (PC).

Perlu kamu ketahui bahwa baik pria maupun wanita memiliki otot PC. Otot PC sendiri memberikan dukungan pada organ panggul, termasuk uretra, kandung kemih, serta usus.

Tak hanya itu, otot PC juga membantu menahan organ untuk tetap berada di tempatnya, meningkatkan kontrol kandung kemih, serta fungsi seksual yang baik. Seiring bertambahnya usia, otot PC dapat meregang.

Otot PC sendiri dapat menjadi terlalu lemah akibat dari beberapa faktor. Hal ini dapat berdampak negatif pada kontrol kandung kemih. Nah, untuk memperkuat otot PC kamu dapat melakukan senam kegel.

Berbagai manfaat senam kegel untuk pria

Ada beberapa manfaat senam kegel untuk pria yang bisa kamu dapatkan ketika kamu melakukan latihan ini, di antaranya adalah:

Meredakan sulit menahan kencing

Ketika kamu pernah menjalani operasi kanker prostat atau terapi radiasi, otot-otot yang membantu mengontrol aliran urine mungkin saja menjadi lemah, sehingga inkontinensia urine mungkin saja dapat terjadi.

Inkontinensia adalah kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan dalam menahan buang air kecil. Akan tetapi, kamu dapat melakukan senam kegel untuk memperkuat otot sehingga kamu bisa mengontrol aliran urine.

Mengatasi disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi, ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Melansir dari Healthline, sebuah studi dari University of the West di Inggris menemukan bahwa latihan panggul dapat membantu 40 persen pria dengan disfungsi ereksi mendapatkan fungsi ereksi yang kembali normal.

Membantu mengatasi ejakulasi dini

Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, manfaat lainnya dari senam kegel untuk pria adalah dapat mengatasi ejakulasi dini. 

Penelitian pada 2014 dalam Therapeutic Advances in Urology menunjukkan bahwa 82 persen pria yang menderita ejakulasi dini dapat meningkatkan waktu latensi setelah 12 minggu melakukan senam kegel.

Baca juga: Ejakulasi Dini Ganggu Kualitas Hubungan Intim? Ini Posisi Seks yang Bisa Dicoba!

Meningkatkan sensasi orgasme

Otot dasar panggul yang kamu latih ketika melakukan senam kegel, sama halnya dengan otot yang berkontraksi ketika kamu mengalami orgasme. Semakin kuat otot-otot tersebut, maka semakin intens kenikmatan seksual yang bisa kamu rasakan saat mencapai klimaks.

Bagaimana cara melakukan senam kegel?

Senam kegel dapat dilakukan kapan saja, untuk melakukannya pun caranya cukup mudah. Nah, berikut ini adalah cara melakukan senam kegel untuk pria.

Temukan otot

Untuk menemukan otot dasar panggul, kamu dapat melakukan cara seperti sedang menahan buang air kecil. Otot yang kamu gunakan untuk menahan urine adalah otot dasar panggul.

Kamu juga dapat melakukan cara lain yakni dengan mengencangkan otot yang menahanmu untuk mengeluarkan gas.

Kamu dapat melakukan senam kegel sambil berbaring, duduk, atau berdiri. Jika otot panggul lemah, melakukan senam kegel sambil berbaring terlebih dahulu adalah cara yang bisa kamu pilih.

Melakukan senam kegel beberapa menit di pagi hari dan sebelum waktu tidur adalah waktu yang tepat untuk memulai latihan ini.

Tahan otot kemudian kendurkan

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengencangkan otot dasar panggul, tahan selama 3 detik, dan kemudian kendurkan selama 3 detik. Kamu dapat mengulanginya sebanyak 10 kali. Namun, jika jumlah tersebut terlalu banyak, kamu dapat menguranginya.

Kamu dapat meningkatkan banyaknya latihan serta lamanya waktu yang digunakan secara bertahap. Sebaiknya tingkatkanlah secara perlahan ya untuk memperoleh kekuatan serta daya tahan.

Fokus

Ketika melakukan senam kegel, fokuslah hanya untuk mengencangkan otot dasar panggul saja. Jangan menekan otot paha bagian dalam, punggung, bokong, atau bahkan perut. Karena, jika kamu menekan otot-otot tersebut, kamu tidak melakukan latihan dengan benar.

Mengatur pernapasan

Jangan pernah menahan napas ketika kamu melakukan latihan ini, tetapi sebaliknya bernapaslah dengan bebas.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai senam kegel untuk pria. Selain mudah dilakukan senam kegel juga tidak memerlukan biaya yang mahal. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba senam kegel?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Cleveland Clinic (2020). Diakses pada 27 Oktober 2020. Kegel Exercises (Pelvic Floor Exercises) 

Healthline (2017). Diakses pada 27 Oktober 2020. Kegel Exercises for Men: Do They Work? 

Healthline (2018). Diakses pada 27 Oktober 2020. Exercises to Eliminate Erectile Dysfunction

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 27 Oktober 2020. Kegel Exercises for Men: Understand the Benefits 

UCLA Health. Diakses pada 27 Oktober 2020. Kegel Exercises for Men 

Promescent.  Diakses pada 27 Oktober 2020. Kegel Exercises For Men To Last Longer: Step By Step Guide

Pastore, Antonio L, Giovanni Palleschi, dan Andrea Fuschi (2014). Pelvic Floor Muscle Rehabilitation for Patients with Lifelong Premature Ejaculation: A Novel Therapeutic Approach. SAGE Journals (diakses pada 27 Oktober 2020)

    register-docotr