Olahraga

7 Manfaat Main Sepak Bola: Sehatkan Jantung hingga Cegah Osteoporosis

June 29, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Sebagai salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola sudah menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan bagi sebagian orang. Tidak hanya sebagai hobi, ada banyak manfaat main sepak bola yang baik untuk kesehatan.

Aktivitas berlari, melompat, menendang, menghadang lawan, dan menggiring bola adalah gerakan-gerakan yang bisa memberikan efek positif bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat itu?

Manfaat main sepak bola yang perlu diketahui

Ada banyak manfaat untuk tubuh dari bermain sepak bola yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari menguatkan otot dan tulang, hingga memperbaiki fungsi jantung.

Selain itu, olahraga ini juga dapat menghindarkanmu dari gangguan mental, lho. Yuk, simak tujuh manfaat main sepak bola berikut ini:

1. Menguatkan otot

Salah satu manfaat main sepak bola yang bisa kamu dapatkan adalah otot-otot yang semakin kuat. Ya, selama bermain sepak bola, kamu membutuhkan otot untuk melakukan berbagai gerakan, seperti menendang, melompat, dan berlari.

Bukan hanya otot kaki, tubuh bagian atas juga diperlukan untuk olahraga yang satu ini. Menahan lawan, melindungi bola, melakukan lemparan ke dalam lapangan, bisa membuat otot lengan dan sendi atas menjadi lebih terlatih.

2. Menyehatkan jantung

Pemain dengan posisi tertentu pada sepak bola diharuskan untuk mengejar atau menggiring bola agar tak diambil lawan. Aktivitas ini bisa mengoptimalkan kinerja jantung.

Mengutip American Heart Association, berlari adalah salah satu olahraga yang bisa menyehatkan organ kardiovaskular, termasuk jantung.

Sama seperti olahraga kardio lainnya, sepak bola dapat menjaga detak jantung tetap normal. Dengan begitu, potensi terserang berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diminimalkan.

Selain itu, gerakan aktif secara berulang juga efektif untuk melawan penumpukan plak di arteri yang bisa memicu penyakit jantung koroner.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

3. Mencegah osteoporosis

Semakin bertambahnya usia, tubuh manusia akan mengalami banyak penurunan fungsi, termasuk tulang. Tulang akan kehilangan kepadatan, sehingga kehilangan kekuatan untuk menopang tubuh.

Kamu bisa mencegahnya dengan bermain sepak bola. Bermain sepak bola bisa membantumu menjaga kepadatan tulang. Menurut Kementerian Kesehatan, jarang olahraga bisa mengurangi aktivitas pembentukan tulang baru. Dengan demikian, osteoporosis akan rentan menyerang.

4. Memacu kemampuan kognitif

Bukan hanya fisik, sepak bola juga membawa manfaat untuk kesehatan otak. Sebab, saat melakukan olahraga ini, kamu diharuskan untuk konsentrasi, disiplin, dan mengatur taktik agar dapat menjebol gawang lawan.

Belum lagi, permainan yang terjadi serba cepat membuatmu harus mengambil keputusan sesegera mungkin. Misalnya, apa yang harus dilakukan setelah menerima umpan, mempertahankan area sendiri saat ada lawan menyerang, dan mencari kawan satu tim untuk mengoper bola.

Semua hal tersebut membutuhkan keputusan yang segera. Ini akan memacu saraf kognitif untuk bekerja lebih keras. Jika kamu sering main sepak bola, otak akan terbiasa untuk berpikir cepat.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sepak bola adalah olahraga yang bagus untuk membakar lemak. Gerakan-gerakan masif bisa memicu keluarnya keringat, mengoptimalkan pembakaran nutrisi yang sering menyebabkan obesitas itu.

Sepak bola sendiri mengharuskan pemainnya, kecuali penjaga gawang, untuk terus berlari mengejar dan menggiring bola.

Tidak hanya lemak, olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori. Perlu diketahui, setiap hari, tubuhmu mendapatkan asupan kalori dari makanan.

Jika tidak ada pembakaran, kalori yang menumpuk dapat menyebabkan kegemukan. Semakin banyak keringat yang mengucur, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Baca juga:Yuk, Cari Tahu Berapa Kebutuhan Kalori per Hari yang Diperlukan Tubuh

6. Meredakan stres

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, olahraga memiliki hubungan erat dengan berbagai hormon di dalam tubuh, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin.

Ketiga hormon tersebut berperan mengubah suasana hati menjadi senang, gembira, dan bahagia. Saat kadar ketiganya meningkat, berbagai gangguan kecemasan bisa diminimalkan, misalnya stres atau depresi.

7. Membantu menstabilkan tekanan darah

Siapa sangka, ternyata main sepak bola juga bisa menstabilkan tekanan darah dalam tubuh, lho. Ini tak lepas dari kinerja jantung yang semakin optimal dalam memompa darah.

Sirkulasi darah yang lancar membuat tekanan darah tetap terjaga dan stabil. Sangat penting untuk memiliki tekanan darah normal, agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Pada tekanan darah tinggi misalnya, penyakit seperti jantung dan stroke akan mudah menyerang.

Nah, itulah tujuh manfaat main sepak bola yang baik untuk kesehatan. Melakukannya secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta meminimalkan risiko terkena sejumlah penyakit. Selamat bermain!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Health Fitness Revolution, diakses 21 Juni 2020, Top 10 Health Benefits of Soccer/ Football for Men.
  2. Coach Up Nation, diakses 21 Juni 2020, Top 10 Health Benefits of Soccer.
  3. US National Library of Medicine, diakses 21 Juni 2020, Exercise Benefits Brain Function: The Monoamine Connection.
  4. Kementerian Kesehatan, diakses 21 Juni 2020,Aktivitas Fisik yang cukup dan teratur untuk mencapai kepadatan tulang yang optimal.
  5. American Heart Society, diakses 21 Juni 2020, Is long-distance running good for the heart?

    register-docotr