Olahraga

7 Jenis Cedera Olahraga yang Sering Terjadi dan Harus Kamu Waspadai

October 10, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat melakukan aktivitas fisik berupa olahraga, tubuh kita akan sangat rentan mengalami cedera. Apalagi jika olahraganya tidak diawali dengan peregangan yang baik.

Selain karena kurang peregangan, ada juga cedera yang terjadi karena metode olahraga yang salah. Nah untuk mengetahui apa saja jenis cedera olahraga atau sports injuries serta penyebabnya, simak penjelasan berikut sampai habis ya.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Dia Beberapa Olahraga yang Boleh dan Tidak Dilakukan saat Hamil !

Faktor risiko terjadinya cedera saat olahraga

Anak-anak memiliki risiko tinggi mengalami cedera olahraga, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Kamu berisiko mengalami cedera olahraga jika:

  • Tidak olahraga secara teratur
  • Tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga
  • Melakukan olahraga yang melibatkan kontak fisik dengan orang lain.

Baca Juga : 5 Cedera yang Mungkin Terjadi Akibat Kecelakaan Mobil

Jenis cedera olahraga yang sering terjadi dan penyebabnya

Ada banyak sekali jenis sports injuries. Jenisnya biasanya tergantung area tubuh mana yang terdampak. Berikut beberapa jenis cedera olahraga yang harus kamu tahu!

1. Keseleo atau kaki terkilir

Ankle sprain atau keseleo pergelangan kaki adalah cedera yang terjadi saat pergelangan kaki terkilir, ini biasanya terjadi ketika ligamen teregang melebihi batas kemampuan regangnya, hal ini dapat merobek ligamen di bagian luar pergelangan kaki, yang relatif lemah.

Untuk mengatasi kondisi ini penting untuk melakukan olahraga yang dapat mencegah hilangnya fleksibilitas dan kekuatan dan cedera kembali.

Kamu dapat meminta dokter atau terapis fisik untuk membantu kamu mengetahui jenis latihan apa yang harus kamu lakukan.

Baca Juga : 8 Penyebab Kaki Bengkak: Bisa Sebabkan Cedera hingga Penyakit Jantung

2. Ketegangan hamstring

Ketegangan hamstring atau hamstring strain adalah cedera yang terjadi saat hamstring (3 otot di bagian belakang) meregang secara berlebihan.

Ini biasanya terjadi saat kamu melakukan gerakan olahraga seperti halang rintang yang mengharuskan melakukan gerakan menendang kaki keluar dengan tajam saat berlari.

Cedera hamstring lambat sembuh karena stres konstan yang diterapkan pada jaringan yang terluka saat berjalan. Penyembuhan total bisa memakan waktu enam hingga 12 bulan.

3. Cedera lutut

Salah satu cedera lutut yang paling umum terjadi disebut sindrom patellofemoral. Kondisi ini bisa disebabkan oleh tergelincir atau jatuh dengan lutut, pembengkakan sendi lutut, atau ketidakseimbangan otot.

Patela, atau tempurung lutut, harus berjalan di alur di ujung tulang paha atau paha. Terkadang, jatuh dengan lutut dapat menyebabkan pembengkakan.

Nyeri patellofemoral dapat memakan waktu hingga enam minggu. Penting untuk melanjutkan latihan intensitas rendah selama waktu ini. Melatih otot quadriceps juga dapat meredakan rasa sakit.

Baca Juga : 5 Gerakan Yoga untuk Cedera Lutut, Terbukti Redakan Rasa Sakit Juga

4. Cedera siku (epicondylitis)

Penggunaan siku yang berulang misalnya, saat bermain golf atau tenis dapat mengiritasi atau membuat sobekan kecil di tendon siku. 

Epikondilitis paling sering terjadi pada usia 30 hingga 60 tahun dan biasanya melibatkan bagian luar siku.

Seringkali, para atlet akan mengeluhkan kurangnya kekuatan cengkeraman. Pilihan pengobatan dini untuk tenis atau golf elbow melibatkan istirahat dan mengompres area yang meradang.

5. Cedera bahu

Cedera bahu mencakup banyak cedera olahraga mulai dari dislokasi, ketegangan pada otot, dan keseleo ligamen.

Bahu adalah sendi tubuh yang paling lemah dan mengalami banyak tekanan selama aktivitas atletik. Banyak cedera bahu dapat disebabkan oleh kurangnya kelenturan, kekuatan, atau stabilitas.

Perawatan cedera bahu dimulai dengan istirahat dan kompres es untuk membantu meredakan nyeri dan pembengkakan. Nyeri yang berlangsung selama lebih dari dua minggu harus dievaluasi oleh ahli terapi fisik.

6. Sciatica

Sciatica atau linu panggul adalah nyeri punggung yang juga menjalar ke bagian belakang kaki atau bahkan ke kaki. Nyeri yang menjalar ini juga dapat dikaitkan dengan mati rasa, rasa terbakar, dan kesemutan di kaki.

Linu panggul dapat terjadi pada atlet yang memiliki postur tubuh yang tertekuk ke depan, seperti pengendara sepeda, atau atlet yang melakukan banyak rotasi seperti gerakan mengayun, contohnya golf dan tenis.

Nyeri punggung dan nyeri yang menjalar dapat disebabkan oleh cakram yang menonjol atau saraf terjepit. Kadang-kadang istirahat, meregangkan punggung dan paha belakang, serta berbaring tengkurap dapat membantu meringankan gejala.

Jika nyeri, mati rasa, atau kesemutan berlanjut selama lebih dari dua minggu, kamu harus mencari ahli medis, seperti ahli terapi fisik, untuk membantu meringankan gejala linu panggul.

Baca Juga : Obati Cedera dengan Darah Sendiri seperti Pegolf Tiger Woods, Seperti Apa Terapi PRP?

7. Shin Splints

Atlet dengan shin splints mengeluhkan nyeri pada tulang kaki bagian bawah, atau tibia. Shin splints paling sering ditemukan pada atlet yang merupakan pelari atau berpartisipasi dalam aktivitas yang banyak berlari, seperti sepak bola.

Mereka biasanya didiagnosis shin splints di awal musim, karena mereka meningkatkan aktivitas atau jarak tempuh terlalu cepat.

Shin splint paling baik dicegah dan / atau diobati dengan istirahat, mengompres dengan es, dan secara bertahap meningkatkan aktivitas berlari. Membeli sepatu dengan penyangga lengkung yang baik juga dapat mengurangi nyeri di tulang kering dan membantu pemulihan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 9 Oktober 2020. Everything You Need to Know About Sports Injuries and Rehab

WebMD. Diakses pada 9 Oktober 2020. The Seven Most Common Sports Injuries

Live Well. Diakses pada 9 Oktober 2020. Top 10 Most Common Sports Injuries

    register-docotr