Olahraga

Jangan Malas Gerak, Ini Segudang Manfaat Olahraga Kardio bagi Kesehatan Tubuh

September 25, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Olahraga kardio merupakan komponen yang terpenting dari setiap olahraga. Setiap gerakan dalam olahraga ini memiliki peranan untuk target dari yang mau kamu capai, baik itu untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan atau membuat tubuh tetap prima.

US Department of Health and Human Services menerbitkan kajian yang bisa dijadikan panduan untuk melakukan aktivitas fisik bagi seluruh warga Amerika Serikat. Panduan itu menyebut olahraga kardio yang dilakukan selama 150 menit per minggu dapat mengurangi risiko penyakit.

Baca Juga: Harapan Sehat Penderita Diabetes, Terapkan Kardio dan Diet Rendah Kalori

Apa itu olahraga kardio?

Olahraga kardio bisa diartikan sebagai setiap aktivitas berirama yang kamu lakukan yang dapat meningkatkan detak jantung ke satu titik di mana kamu bisa membakar kalori dan lemak paling banyak.

Tidak ada definisi aktivitas khusus di sini. Baik kamu bersepeda, lari, berdansa, naik gunung hingga kickboxing, selama dia bisa meningkatkan detak jantung kamu, maka dia bisa disebut sebagai olahraga kardio.

Masih mengacu pada panduan US Department of Health and Human Services. Berapapun lama waktu yang kamu luangkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas ini, waktu tersebut akan diakumulasikan dengan waktu olahraga kardio lainnya yang kamu lakukan selama seminggu.

Apa manfaat dari olahraga kardio?

Meskipun yang dipompa adalah jantung, tapi manfaat olahraga kardio ini tidak hanya terbatas dirasakan oleh organ pemompa darah ini saja. 

Clinical exercise physiologist, Dr. Erik Van Iterson, PhD, MS dalam laman Cleveland Clinic menyebut manfaat olahraga kardio sebagai berikut:

Manfaat olahraga kardio bagi otak dan sendi

Olahraga kardio bermanfaat bagi kesehatan otak dan sendi. Salah satunya adalah mengurangi risiko dementia, sementara manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan aliran darah dan mengurangi peluang terkena penyakit stroke
  • Meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir
  • Melawan penurunan fungsi otak karena usia
  • Menahan laju perkembangan penyakit Alzheimer
  • Melawan osteoporosis dan mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul
  • Mengurangi ketidaknyamanan karena arthritis dan menjaga gerakan sendi.

Manfaat olahraga kardio untuk kulit dan otot

Olahraga kardio memberikan manfaat bagi kulit yakni menjadi lebih sehat. Hal ini karena aktivitas-aktivitas kardio yang kamu lakukan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Begitu pun dengan otot, olahraga kardio akan meningkatkan suplai oksigen bagi otot sehingga bisa bekerja dengan lebih keras. Dengan demikian, aktivitas reguler menjadi lebih mudah dan enteng dikerjakan.

Peningkatan aktivitas tubuh dan fisik ini juga bermanfaat bagi penurunan berat badan. Karena kamu akan membakar banyak kalori dan lemak di dalam tubuh.

Manfaat olahraga kardio untuk pankreas dan paru-paru

Dengan olahraga kardio, kamu meningkatkan kontrol gula darah dalam tubuh, juga level kolesterol di dalam darah. Dengan demikian, kesehatan dan fungsi pankreas akan tetap terjaga.

Sementara untuk paru-paru, Dr. Van Iterson menyebut salah satu manfaat olahraga kardio adalah kamu bisa membuat kerja paru-paru menjadi minimal dengan hasil maksimal. Paru-paru akan mengurangi kebutuhan untuk menghirup napas panjang.

Dengan demikian, kamu tidak akan mudah merasa letih dan mengalami napas yang memendek, karena paru-paru akan bekerja dengan hasil yang maksimal.

Manfaat olahraga kardio untuk fungsi seksual

Aktivitas fisik dari olahraga kardio dapat membantu kamu mengatasi masalah disfungsi ereksi, lho. Sebuah penelitian dalam jurnal Sexual Medicine menyebut tubuh yang aktif secara fisik dapat meningkatkan fungsi ereksi.

Olahraga kardio dapat meningkatkan mood

Tidak hanya olahraga kardio, membuat tubuh tetap aktif ternyata bagus untuk mood atau suasana hati kamu. Jadi ketika kamu sedang stres, cobalah untuk berolahraga, terutama olahraga kardio.

“Tidak hanya itu, olahraga kardio bisa melawan depresi, meningkatkan self esteem atau pandangan terhadap diri sendiri, serta melepaskan hormon serotonin serta dopamin,” ucap Dr. Van Iterson.

Baca Juga: 7 Tanda Tubuh Kamu Kurang Olahraga, Awas Bisa Picu Penyakit!

Manfaat olahraga kardio bagi tidur dan energi tubuh

Olahraga fisik, termasuk kardio membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Tidak hanya itu, kamu pun jadi lebih mudah untuk beristirahat di malam hari.

Untuk itu, Dr. Van Iterson meminta agar kamu jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu istirahat. Karena itu bisa membuat kamu menjadi terlalu berenergi dan malah cenderung sulit tidur.

Demikianlah manfaat dari olahraga kardio. Melihat segudang manfaat ini, maka tidak ada alasan bagi kamu untuk malas bergerak, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellfit (2019) diakses 24 September 2020. Everything You Need to Know About Cardio
  2. JAMA Network (2018) diakses 24 September 2020. The Physical Activity Guidelines for Americans
  3. Cleveland Clinic (2020) diakses 24 September 2020. The (Many) Benefits of a Cardio Workout
  4. US National Library of Medicine (2018) diakses 24 September 2020. Physical Activity to Improve Erectile Function: A Systematic Review of Intervention Studies
    register-docotr