Olahraga

Yuk Pratikkan di Rumah, Ini Dia Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga

November 25, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Cara mengecilkan paha bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara teratur. Paha yang terlalu besar terkadang menyebabkan tingkat kepercayaan diri menurun sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengecilkannya.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka olahraga merupakan cara paling tepat dalam membantu mengecilkan paha. Nah, informasi lebih lanjut mengenai cara mengecilkan paha dengan olahraga yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Klamidia pada Mata: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengecilkan paha dengan olahraga?

Dilansir dari Healthline, memperkuat kaki dengan melakukan latihan pengencangan otot paha lebih penting daripada hanya membuatnya ramping. Karena itu, terdapat latihan tertentu yang lebih berfokus pada kekuatan dan daya tahan kaki. 

Membentuk, mengencangkan, dan memperkuat otot paha sangat perlu dilakukan. Jika kamu ingin mengecilkan paha, maka latihan untuk memperkuat dan mengencangkan otot perlu dipertimbangkan seperti:

Stepmill

Cara mengecilkan paha dengan olahraga yang bisa kamu ikuti, salah satunya adalah stepmill. Stepmill ini sendiri dapat membantu membangun dan mengencangkan tubuh bagian bawah, terutama paha depan.

Jika kamu malas pergi ke gym, maka bisa menggunakan tangga di kantor atau apartemen untuk memulai latihan. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan tinggi glikemik setengah jam sebelum berolahraga dan hindari minum air putih sebelum memulai latihan.

Naik tangga bisa membantu mengecilkan paha. Foto: Today.

Treadmill

Selain stepmill, treadmill juga menjadi latihan kardiovaskular utama yang dapat membantu membakar lemak berlebih dan menambah massa otot. Berlari umumnya melibatkan tubuh bagian bawah selama seluruh sesi sehingga akan memperkuat otot paha.

Semakin besar kecepatan treadmill, maka semakin besar kekuatan yang harus kamu berikan pada paha belakang dan bokong selama latihan.

Jika malas pergi ke tempat olahraga, alternatif yang bisa dilakukan adalah berlari di luar ruangan secara teratur selama sekitar 15 menit pada awalnya dan kemudian tingkatkan durasi seiring waktu.

Cara mengecilkan paha dengan latihan leg lift and hold

Cara mengecilkan paha dengan latihan leg lift and hold. Foto:Modernmom.

Latihan leg lift and hold bisa dilakukan dengan mudah, di rumah secara mandiri. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu berbaring telentang di tanah dan angkat kaki hingga sekitar 45 derajat sambil menjaga agar lutut dan pergelangan tangan tetap bersatu.

Tahan hingga hitungan delapan dan kemudian rileks secara perlahan. Ketika melakukan latihan ini, dianjurkan untuk melakukan enam set di hari pertama mencoba dan tambah hingga 8 set setiap hari agar hasil yang diinginkan maksimal.

Latihan squat

Cara mengecilkan paha yang umum dan mudah dilakukan adalah squat. Latihan squat dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki terbuka, kemudian mulailah menurunkan tubuh dengan menekuk lutut.

Coba dorong semua beban tubuh ke kaki, angkat lengan sejajar dengan lutut untuk menyeimbangkan tubuh, dan pastikan tulang belakang tegak. Hitung dari nol sampai delapan dan kemudian dengan mulus kembali ke posisi awal. 

Lakukan latihan squat enam hingga delapan kali setiap hari tergantung pada seberapa banyak tubuh dapat melakukannya. Jangan terlalu banyak mengerahkan tenaga di hari-hari awal karena hanya akan menyebabkan pegal pada paha dan betis.

Lunges

Lunges merupakan latihan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan paha. Pertama, berdiri tegak lalu mulai tekuk lutut secara perlahan. Kedua, langkahkan ke depan dan mulailah mencondongkan tubuh untuk menahan semua beban pada kaki kanan sementara kaki kiri tetap rileks. 

Tetaplah di posisi ini sampai hitungan delapan, lalu kemudian ganti kaki. Mulailah latihan dengan tiga set pada percobaan awal dan secara bertahap tambahkan jumlah set setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diimpikan.

Cara mengecilkan paha dengan latihan knee-plank

Untuk melakukan latihan ini, kamu perlu mengambil posisi seperti ingin merangkak yakni lengan dan lutut bertumpu rata di tanah. Selanjutnya, rentangkan kaki kiri ke belakang dengan jari kaki mengarah ke langit-langit dan regangkan lengan kanan ke depan sejajar lantai.

Ulangi langkah-langkah tersebut dengan kaki kiri sebagai lima hingga enam kali. Setelah itu, bawalah lutut kanan ke arah bahu dan ulangi proses tersebut sebanyak lima hingga enam kali dengan kaki lainnya.

Baca juga: Mengenal Ultra Low Fat Diet: Apa Itu dan Bagaimana Tips Aman Menerapkannya?

Informasi kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 16 November 2020. 10 Ways to Tone and Strengthen Your Thighs
  2. NDTV Food (2016), diakses 16 November 2020. Shed Some Mass: 7 Exercises to Help You Reduce Your Thighs
    register-docotr