Olahraga

Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Fakta Selengkapnya!

July 25, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Olahraga yang satu ini banyak disukai karena membuat relaksasi tubuh dan ketenangan pikiran. Ya, yoga diyakini juga bisa bermanfaat untuk program dietmu. Namun, apakah benar yoga bisa menurunkan berat badan? Berikut penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apakah yoga bisa menurunkan berat badan?

Gerakan yoga diyakini dapat membakar kalori tubuh dengan optimal. Namun, apakah yoga bisa menurunkan berat badan secara maksimal? Ya, yoga ternyata juga dapat membentuk kekuatan otot-otot tubuh seperti otot lengan, abdomen (otot inti), hamstring, bokong, dan betis.

Jika kamu melakukan yoga selama satu jam, dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. 

Tidak hanya itu saja, jika kamu melakukan yoga secara rutin dapat membuat relaksasi pada pikiran sehingga dapat membantu kamu memberikan pikiran positif untuk termotivasi menurunkan berat badan.

Salah satu contoh efek positifnya adalah kamu menjadi lebih bisa untuk mengontrol nafsu makan, kesadaran untuk menerapkan gaya makan sehat, memulai kebiasaan olahraga, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ini Ragam Gerakan Yoga untuk Kram Perut saat PMS

Bagaimana yoga dapat menurunkan berat badan?

Yoga dipercaya efektif dapat menurunkan berat badan bagi sebagian besar orang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai yoga dapat menurunkan berat badan ideal, antara lain:

Yoga dapat menurunkan stres

Yoga ternyata mampu menjaga berat badan dan bentuk tubuh ideal lewat latihan konsentrasi. Yang mana lewat efek meditasi dan pemusatan pikiran dari yoga dapat meredakan gangguan psikologis seperti stres, depresi, atau kejenuhan.

Sebagai contohnya, banyak orang yang cenderung menginginkan makanan manis atau makan berlebihan saat sedang stres. Dengan melakukan yoga secara rutin, dapat membantu kamu untuk mengelola emosi dan pikiran menjadi lebih baik, sehingga terhindar dari stres.

Selain itu, stres juga merupakan salah satu pemicu seseorang makan berlebihan. Dengan melakukan yoga, kondisi psikologis kamu juga akan semakin baik sehingga kamu tidak terlalu berlebihan untuk mengonsumsi makanan yang kamu inginkan. 

Yoga dapat meningkatkan kualitas tidur

Yoga merupakan olahraga yang membuat relaksasi tubuh dan ketenangan pikiran. Jika kamu melakukan yoga, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Apalagi jika kamu melakukan yoga secara rutin dan teratur, alhasil setelah yoga kamu akan tertidur lebih pulas dan nyenyak.

Kualitas tidur juga sangat berpengaruh terhadap berat badan, di mana jika kamu sering tidur larut malam akan membuat kamu sering mengonsumsi makanan di jam malam.

Yoga dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Ternyata yoga juga dapat membantu kamu supaya lebih tenang secara keseluruhan, dengan melibatkan kombinasi meditasi pikiran, latihan pernapasan, dan relaksasi tubuh. 

Dengan merelaksasikan pikiran, kamu akan menyadari pentingnya hidup sehat dengan mengganti pola makan dan gaya hidup kamu menjadi lebih sehat. 

Tips menurunkan berat badan lewat yoga

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara yoga ini, kamu harus melakukan olahraga ini secara rutin. Ini membantu untuk meningkatkan lebih banyak kalori yang dibakar dalam waktu lebih cepat.

Sebaiknya kamu kombinasikan latihan yoga dengan latihan yang lain yang dapat meningkatkan denyut jantung lebih besar. Contohnya, seperti berlari, senam aerobik, bersepeda, dan lainnya. 

Bagi kamu yang masih pemula dalam olahraga ini, kamu bisa melakukan yoga setiap harinya secara rutin selama 20 menit. Tidak hanya itu saja, kamu juga imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan gizi.

Kamu juga harus mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu. Jangan sampai kalori yang kamu konsumsi lebih besar daripada yang kamu keluarkan lewat yoga ini. Namun, harus diingat kamu jangan terlalu memforsir supaya tubuh kamu tidak drop sewaktu-waktu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr