Olahraga

8 Manfaat Senam Tobelo agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

December 16, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Senam adalah salah satu olahraga yang paling umum dilakukan di Indonesia. Dengan gerakannya yang cukup mudah dilakukan, orang dari berbagai kalangan usia biasanya bisa mengikuti instruksi senam tanpa kesulitan yang berarti.

Nah, salah satu senam yang sedang menjadi bahan pembicaraan di mana-mana adalah senam tobelo yang berasal dari Halmahera Utara, Maluku.

Memiliki ciri khas koreografi yang energik dan ceria, ternyata senam ini punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, lho.

Baca juga: Senam Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat senam tobelo bagi kesehatan

Bosan dengan senam yang itu-itu saja? Coba simak beberapa manfaat senam tobelo berikut:

Memperbaiki suasana hati yang buruk

Olahraga secara umum telah terbukti dapat meningkatkan mood dengan mengurangi depresi, kecemasan dan stres. Hal ini juga berlaku saat kamu melakukan senam tobelo.

Gerakan fisik yang terdapat di dalamnya, akan menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Tak hanya itu, ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi.

Gerakan olahraga dalam senam tobelo juga bisa meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

Membantu mencapai berat badan ideal

Bukan hanya soal penampilan yang lebih menarik, memiliki berat badan yang sehat, juga akan membuat tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Nah, salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan rutin melakukan senam tobelo. Karakteristik gerakannya yang aktif dan bertempo cukup cepat, akan sangat efektif membantu kamu menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan otot dan tulang

Saat melakukan senam tobelo, otot dan tulang akan bergerak secara berkesinambungan dalam waktu yang cukup lama.

Kegiatan fisik seperti ini, secara tidak langsung bisa menjadi media untuk merangsang tubuh membangun massa otot, apalagi jika disertai oleh asupan protein yang mencukupi.

Dilansir dari Healthline, seiring bertambahnya usia, tubuh juga akan cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, sehingga rentan menyebabkan cedera atau bahkan kecacatan.

Jadi berlatih aktivitas fisik secara teratur, misalnya melalui senam tobelo, penting untuk mengurangi risiko kehilangan otot dan mempertahankan kekuatannya seiring pertambahan usia.

Membuat energi terjaga

Tahukah kamu bahwa olahraga dapat menjadi pemicu munculnya energi baik bagi orang sehat, maupun yang sedang menderita berbagai gangguan kesehatan?

Ya, sebuah studi mengemukakan fakta bahwa melakukan olahraga teratur dalam 6 minggu, dapat mengurangi perasaan kelelahan pada 36 orang sehat yang telah melaporkan kelelahan terus-menerus.

Baca juga: 5 Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja

Meningkatkan kewaspadaan

Jika kamu mengalami fluktuasi hormon yang kurang stabil, mungkin kamu perlu mulai melakukan senam tobelo di pagi hari.

Mengapa? Karena produksi hormon kortisol yang juga dikenal sebagai penyebab stres sering meningkat di saat tersebut.

Dengan berolahraga di pagi hari, kamu bisa menurunkan produksi hormon ini sehingga memiliki ritme sirkadian yang lebih sehat.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti gangguan fungsi jantung, tekanan darah tinggi, dan semacamnya.

Itulah mengapa rutin berolahraga banyak disarankan karena bisa meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah maupun kadar lemak darah.

Salah satunya bisa dilakukan melalui senam tobelo yang bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis tersebut.

Meningkatkan kualitas memori otak

Olahraga dapat meningkatkan fungsi otak, melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir.

Pertama-tama, ini terjadi dengan meningkatkan detak jantung, yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Kedua, itu juga dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.

Jadi, aktivitas fisik secara teratur sangat penting terutama pada orang dewasa yang lebih tua karena penuaan yang dikombinasikan dengan stres, dan peradangan bisa mendorong perubahan struktur dan fungsi otak.

Membuat tidur lebih nyenyak

Susah tidur nyenyak di malam hari? Tak perlu sibuk mencari obat tidur, karena bisa saja yang kamu butuhkan hanya berolahraga di pagi hari.

Studi 2014 menunjukkan bahwa orang dewasa mendapatkan tidur yang lebih baik pada hari-hari mereka berolahraga pada jam 7 pagi.

Setelah latihan pagi, para peserta menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak dan mengalami lebih sedikit waktu bangun malam. Mereka juga membutuhkan lebih sedikit waktu untuk tertidur.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Effects of Single Bouts of Walking Exercise and Yoga on Acute Mood Symptoms in People with Multiple Sclerosis, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26917992/ diakses pada 16 Desember 2020

13 Benefits of Working Out in the Morning, https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/working-out-in-the-morning#benefits diakses pada 16 Desember 2020

The Top 10 Benefits of Regular Exercise, https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise#TOC_TITLE_HDR_9 diakses pada 16 Desember 2020

    register-docotr