Olahraga

5 Olahraga yang Bisa Bantu Redakan Stres, Apa Saja?

September 17, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Stres adalah salah satu bentuk reaksi tubuh terhadap setiap perubahan yang memerlukan respons, baik fisik, emosi, maupun mental. Biasanya, stres akan muncul saat seseorang menghadapi peristiwa tertentu yang menyita pikiran atau perhatian lebih.

Alih-alih mengonsumsi obat penenang, kamu bisa mencoba meredakan stres dengan berolahraga. Cara ini jauh lebih aman dan hampir tidak mempunyai efek buruk pada kesehatan. Bahkan, bisa membuat tubuhmu lebih bugar.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan stres? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 7 Tanda Tubuh Kamu Kurang Olahraga, Awas Bisa Picu Penyakit!

Jenis-jenis olahraga yang bisa meredakan stres

Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres, mulai dari yoga, aerobik, hingga berenang. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, beragam olahraga tersebut bisa memengaruhi suasana hatimu. Berikut 5 olahraga pereda stres yang bisa kamu lakukan:

1. Olahraga yoga

Yoga adalah salah satu olahraga pereda stres yang tak hanya berfokus pada gerakan, tapi juga pemusatan pikiran dan pernapasan. Perpaduan beberapa aspek tersebut diyakini dapat membuatmu menjadi rileks.

Mengutip dari Verywell Mind, olahraga yang berasal dari India ini mementingkan aspek keseimbangan tubuh. Yoga bisa melancarkan peredaran darah, sehingga oksigen dapat menjangkau ke seluruh bagian tubuh.

Detak jantung menjadi normal dan kamu akan merasakan ketenangan dalam diri. Ketika memasuki fase ini, pikiran atau sesuatu yang selama ini menjadi beban atau pemicu stres bisa perlahan hilang.

2. Berenang

Jika ada waktu, pergilah berenang untuk menghilangkan penat dan stres. Selama ini, renang dikenal sebagai olahraga yang fokus pada gerakan. Faktanya, renang juga bisa memengaruhi suasana hatimu.

Aktivitas fisik seperti berenang dapat merangsang otak untuk melepaskan zat kimia pengatur rasa senang. Pada waktu yang sama, produksi hormon pemicu stres seperti kortisol bisa ditekan. Belum lagi, efek air dari gerakan badanmu bisa menciptakan sensasi pijatan untuk relaksasi.

Menurut Swim England Organization, olahraga renang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan mental, seperti:

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Renang bagi Kesehatan Tubuh Kamu

3. Senam aerobik

Olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres adalah senam aerobik. Dilansir Healthline, aerobik merupakan salah satu olahraga penguatan otot (muscle-strengthening) yang bisa memengaruhi suasana hati.

Bahkan, American Heart Association menyarankan untuk rajin melakukan senam ini, setidaknya 150 menit setiap minggu. Semakin kamu aktif bergerak, tubuh akan memproduksi banyak hormon kesenangan yang dapat menekan stres.

Ketika jantung berdetak kencang, otak akan melepaskan senyawa kimia bernama endorfin, candu alami yang bisa membuatmu nyaman tanpa efek samping.

4. Bersepeda

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan stres adalah bersepeda. Psychology Today menjelaskan, aktif bersepeda bisa mempertajam kemampuan kognitif dan menstabilkan suasana hati.

Bersepeda dapat membantu menurunkan kadar kortisol (hormon stres) di dalam tubuh, serta mendukung peningkatan serotonin dan dopamin (hormon kesenangan). Mood akan lebih terjaga dan kamu akan terbebas dari stres.

Bukan hanya meredakan stres, bersepeda juga baik untuk kesehatan organ kardiovaskular. Ini bisa menurunkan risiko berbagai penyakit serius seperti gangguan jantung dan stroke.

Baca juga: 6 Manfaat Bersepeda: Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Sakit Jantung

5. Olahraga bela diri

Siapa sangka, olahraga bela diri (martial art) dapat membantu meredakan stres, lho. Mengutip dari Everyday Health, olahraga bela diri adalah cara positif untuk melepaskan stres, frustasi, tekanan, dan emosi.

Menurut Charity Curtz, seorang pakar konseling di Southwestern Assemblies of God University, Amerika Serikat, melampiaskan stres dan emosi bukanlah sesuatu yang buruk, justru bisa menjaga kesehatan mentalmu.

Hanya saja, pelampiasan stres tak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi sampai merugikan atau menyakiti orang lain. Dengan olahraga bela diri, kamu tak hanya bisa meluapkan stres, tapi juga mengasah keterampilan badan dan kekuatan otot.

Ada banyak olahraga bela diri yang bisa kamu pilih, mulai dari silat, karate, jujitsu, capoeira, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 5 olahraga yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stres. Rutin berolahraga juga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih bugar. Tetap jaga kesehatan, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. American Heart Association, diakses 15 September 2020, Why is physical activity so important for health and wellbeing?
  2. Healthline, diakses 15 September 2020, Exercise as Stress Relief.
  3. Everyday Health, diakses 15 September 2020, Exercise and Stress Relief.
  4. Verywell Mind, diakses 15 September 2020, How Yoga Can Help Reduce Stress.
  5. SAGU.edu, diakses 15 September 2020, The Psychology Of Venting.
  6. Psychology Today, diakses 15 September 2020, Bicycling Can Sharpen Your Thinking and Improve Your Mood.
  7. Swim England, diakses 15 September 2020, How swimming improves mental health.
    register-docotr