Kamus Obat

Tisu Magic, Tisu Ajaib yang Bisa Atasi Ejakulasi Dini, Apa Benar?

May 1, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tisu magic atau juga sering disebut tisu ajaib sudah tidak asing lagi di kalangan pria dewasa, terutama mereka yang sudah memiliki pasangan. Benda satu ini diklaim bisa mengatasi masalah ejakulasi dini dan ereksi lebih lama.

Tapi sebenarnya apa itu tisu magic, adakah efek samping dari segi kesehatan bagi para penggunanya? 

Apa itu tisu magic?

Tisu magic adalah sejenis tisu basah yang membantu masalah pria yang memiliki ejakulasi dini, atau juga untuk ereksi yang lebih lama pada saat aktivitas bercinta, sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit penis.

Cara pemakaiannya sama seperti kebanyakan alat vitalitas lainnya, digunakan sebelum melakukan hubungan dengan cara mengoleskannya pada bagian intim.

Apa fungsi tisu magic?

Ejakulasi dini merupakan salah satu disfungsi seksual yang paling umum terjadi pada pria, setidaknya 30% pria di dunia pernah dan mengalami ejakulasi dini. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan tisu magic. 

Ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang dijelaskan oleh American Urological Association (AUA). Dalam studi tersebut, pria dengan ejakulasi dini yang menggunakan tisu magic sebelum bercinta, dapat bertahan lebih lama setidaknya 4 sampai 5 menit.

Selain itu, para pria melaporkan bahwa mendapatkan kepuasan dan kontrol terhadap ejakulasi mereka.

Umumnya, seorang pria rata-rata bertahan 7 menit saat bercinta namun pria yang ejakulasi dini, menurut studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan rata-rata hanya dapat bertahan 1,8 menit. 

Sehingga, tisu magic menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasi ejakulasi dini pada pria.

Bagaimana cara pemakaian tisu magic?

Cara pemakaiannya sama halnya seperti kita membersihkan tubuh dengan menggunakan tisu basah. Cukup usap tisu ajaib ini secara menyeluruh pada batang penis lalu diamkan selama 10-15 menit.

Perlu diperhatikan, satu lembar tisu cuma untuk pemakaian satu kali saja.

Apa saja kandungan di dalamnya?

Tisu ajaib mengandung beberapa kandungan seperti yang tertera dalam kemasannya. Dalam satu kemasan dijelaskan bahwa kandungan dari tisu magic ini berupa, alcohol, benzalkonium chloride, triclosan, cocamidopropyl betaine, PEG-78, glyceryl cocoate, parfum dan aloe vera.

Adakah efek sampingnya?

Tidak sulit untuk dapat menemukan tisu satu ini, karena dijual dengan bebas. Kita dengan mudah dapat menemukannya di mini market. Namun, ada beberapa efek samping yang biasanya dialami oleh pengguna tisu ajaib ini, seperti:

  • Rasa nyeri ringan.
  • Penurunan libido.
  • Sensasi terbakar.
  • Hilangnya sensitivitas sementara.

Beberapa efek samping tentu akan berbeda pada pemakai, tapi ini adalah efek yang umum terjadi.

Baca juga arikel lainnya: Jangan Anggap Remeh, Ini Bahaya Kanker Prostat pada Pria

Apakah aman digunakan? 

Tisu ajaib sendiri mengandung alcohol yang dikenal dapat membunuh kuman tapi juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang menyebabkan gangguan kulit. 

Bukan cuma kandungan alcohol, dalam produk tisu ini juga terdapat anestesi lokal yaitu benzocaine. Benzocainelah yang membuat ereksi bisa lebih lama, karena sifatnya yang menghambat inisiasi dan konduksi impuls saraf.

Sehingga membuat kita menjadi mati rasa. Ini juga berlaku bagi pasangan ketika menggunakan benzocaine di area penis dan melakukan hubungan tanpa kondom, itu akan membuat vagina pasangan menjadi mati rasa.

Terdapat juga sebuah laporan yang mengatakan bahwa, penggunaan magic tissue ini tidak aman karena dapat mengurangi jumlah sperma dan infertilitas.

Bahan kimia yang biasa digunakan sebagai bius (benzocaine) berbahaya, terutama bila digunakan pada area intim karena dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Apakah tisu magic benar bisa mengatasi ejakulasi dini?

Memang telah banyak forum dan studi yang membahas tentang hal ini, dan menunjukan hasil yang baik. Tapi hingga saat ini, belum ada penelitian medis yang mengatakan bahwa tisu magic benar-benar dapat mengatasi ejakulasi dini dengan aman. 

Cara terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini bisa dilakukan dengan tidak merokok, mengatur gaya hidup yang sehat, memperhatikan asupan gizi makanan.

Tidak ada salahnya juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter jika kamu mungkin punya masalah dengan hubungan seks. Pastinya dokter akan memberikan penanganan yang aman dan efektif.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 29 April 2020. Best Home Remedies for Premature Ejaculation

Men’s Health (2017). Diakses pada 29 April 2020. These Special Wipes Can Make You Last Longer In Bed

Americal Urological Association (2017). Diakses pada 29 April 2020. Study Demonstrates Effectiveness of Topical 4% Benzocaine Wipes to Improve Symptoms of Premature Ejaculation

Vice (2016). Diakses pada 29 April 2020. Everything You Always Wanted to Know About ‘Tisu Mejik” But Were Afraid to Ask

The Star (2015). Diakses pada 29 April 2020. Warning over ‘magic tissue’ claiming to boost men’s sexual performance

Web MD (2017). Diakses pada 29 April 2020. A New Treatment For Premature Ejaculation?

Pubchem (2020). Diakses pada 29 April 2020. Benzocaine

Cardio Smart (2011). Diakses pada 29 April 2020. benzocaine topical

 

 

    register-docotr