Kamus Obat

Dari Kimiawi hingga Alami, Ini Ragam Obat Sakit Gigi yang Perlu Diketahui

September 9, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kamu yang pernah merasakan sakit gigi pasti paham bagaimana penyakit ini sangat mengganggu aktivitas. Ketika sakit tentu kamu mencari obat sakit gigi apa yang tepat untuk digunakan.

Sakit gigi merupakan penyakit yang berkaitan dengan dental. Biasanya sakit gigi terjadi karena cidera atau trauma di wilayah ini.

Obat untuk meredakan sakit pada gigi pun beragam. Ada yang kimiawi yang biasa kamu temukan di apotek, hingga yang alami yang bisa kamu racik sendiri dari bahan-bahan yang bisa kamu temukan di pasar.

Tujuan dari pemakaian obat adalah untuk mengurangi inflamasi (radang) yang terjadi di wilayah dental. Naum demikian, ada juga obat-obatan yang dipakai secara khusus untuk menangani permasalahan gigi yang lebih kompleks, lho.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai obat yang bisa kamu gunakan saat penyakit ini menyerangmu. Baik obat sakit gigi di apotik atau obat alami yang bisa didapatkan dari bahan-bahan yang ada di rumah.

Obat sakit gigi rumahan

Umumnya, obat rumahan akan efektif secara temporer untuk meredakan sakit gigi yang berat dan tidak untuk mengobati akar penyakit.

Obat rumahan ini merupakan satu jawaban bagaimaan kamu mengatasi rasa sakit saat kamu enggan atau tidak bisa menemui dokter.

Beberapa obat rumahan yang bisa kamu gunakan adalah:

1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan jenis obat yang masuk dalam kelas anti inflamasi nonsteroidal (NSAID). Kegunaannya sebagai pengurang inflamasi itulah yang menjadikan Ibuprofen direkomendasikan sebagai obat sakit gigi berlubang dan masalah gigi yang menyebabkan rasa sakit lainnya.

Saat sakit, demam dan inflamasi, tubuh biasanya mengeluarkan zat kimiawi yang disebut prostaglandins. Nah, ibuprofen ini berfungsi untuk menghentikan enzim yang memproduksi prostaglandins untuk mengurangi rasa sakit, demam dan inflmasi tersebut.

Di balik kegunaannya, Ibuprofen juga memiliki efek saming, lho. Beberapa efek samping yang biasa ditemukan adalah gatal-gatal, sakit kepala, pusing, mual hingga diare.

Untuk efek samping yang tercatata adalah hipertensi, reaksi alergi yang berat, serangan jantung, hingga gagal jantung.

2. Naproxen

Sama seperti ibuprofen, naproxen juga masuk dalam obat-obatan jenis NSAID. Kegunaan dan cara kerja dari kedua obat ini pun relatif sama.

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi Naproxen saat kamu berada dalam trimester terakhir kehamilan. Karena obat jenis NSAID ini dapat memberikan risiko janin terkena penyakit ductus arteriosus.

Selebihnya, Naproxen juga memiliki efek samping yang relatif tidak jauh berbeda dengan ibuprofen.

3. Acetaminophen

Obat ini masuk ke dalam golongan analgesik atau obat pengurang rasa sakit dan antipyretics atau pengurang demam. Dengan demikian, acetaminophen tidak hanya mengurangi rasa sakit yang kamu rasa di gigi, tapi juga menghilangkan demam yang juga dapat hadir.

Jika kamu menggunakannya dengan tepat, biasanya tidak ada efek samping. Akan tetapi ada juga beberapa efek samping biasa seperti gatal, mual hingga sakit kepala.

Yang membuat acetaminophen ini berbeda dari dua jenis sebelumnya adalah kamu bisa menjadikannya pilihan obat sakit gigi ibu hamil atau menyusui. Karena acetaminophen dieksresikan di ASI dalam kuantitas yang kecil.

4. Asam Mefenamat

Obat ini biasa dipakai untuk mengobati nyeri yang sedang. Penggunanya disarankan berusia minimal 14 tahun.

Asam mefenamat juga masuk dalam golongan obat NSAID. Sehingga cara kerja dan efek samping yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan naproxen serta ibuprofen.

Perlu diingat jika kamu memiliki gangguan pada hati dan ginjal, obat ini mungkin tidak bisa dicerna dengan baik karena kondisi tersebut.

5. Benzocaine topical

Obat ini merupakan obat anestesi lokal yang dapat membuat tubuh melupakan sensasi rasa sakit yang sedang berlangsung. Obat ini bekerja dengan cara memutus sinyal rasa sakit yang dipancarkan ke otak.

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya dan berujung pada overdosis, maka kamu berisiko terkena beberapa gangguan seperti detak jantung tidak merata, kejang, koma, pernapasan lambat hingga gagal napas.

Benzocaine juga bisa kamu dapatkan dalam bentuk obat sakit gigi semprot. Sama seperti bentuk lainnya, benzocaine yang berbentuk obat sakit gigi semprot juga bekerja dengan cara membuat daerah yang sakit mati rasa sementara waktu.

Sesaat setelah obat sakit gigi semprot ini digunakan, akan membuat mulut mati rasa selama sekitar 15 menit. Penggunaa obat sakit gigi semprot ini tidak disarankan untuk anak berusia di bawah 2 tahun, karena efek samping yang serius.

Obat sakit gigi alami

Selain beberapa jenis obat sakit gigi di apotik, ada beberapa langkah penanganan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami.

Beberapa memang dapat ditemukan dengan mudah di dapur, meskipun tidak sedikit juga yang perlu kita beli di toko makanan sehat.

Karena itu, penting untuk kamu perhatikan beberapa daftar obat ampuh untuk sakit gigi berikut, dan mulai berpikir untuk menyimpannya untuk berjaga-jaga.

1. Air garam

Kamu tentu tidak asing dengan obat yang satu ini, kan?. Yep, air garam memang dikenal sebagai salah satu obat mujarab penanganan awal sakit gigi  karena air garam adalah disinfektan alami.

Berkumur dengan air garam bahkan dapat membantu untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang menyangkut di antara gigimu. Air garam ini juga bisa bisa mengurangi inflamasi dan menyembuhkan luka di dalam mulut.

Karena termasuk obat alami, kumur air garam juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi ibu hamil. Mengingat ibu hamil tidak bisa sembarangan minum obat, maka obat-obatan alami adalah pilihan yang relatif aman.

Untuk menggunakannya, kamu cukup berkumur dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan segelas air hangat.

2. Hidrogen peroksida

Senyawa ini adalah antiseptic yang bisa menyembuhkan luka goresan, lecet dan terbakar. Dalam kegunaannya untuk mengobati sakit gigi, senyawa ini dapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi yang berdarah.

Untuk menggunakannya sebagai obat ampuh untuk sakit gigi, kamu perlu mencampurkan 3% hidrogen peroksida dengan jumlah air yang sama. Kumurlah tapi jangan sampai tertelan, ya!.

3. Bawang putih

Selama ribuan tahu, bawang putih dikenal dan digunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan. Bukan hanya karena bumbu masakan ini dapat membunuh bakteri jahat yang dapat membuat plak, tapi juga kegunaannya sebagai penghilang rasa sakit.

Karena manfaat itu, bawang putih dikenal sebagai obat ampuh untuk sakit gigi untuk orang dewasa. Selain itu bawang putih juga bisa dijadikan pilihan sebagai obat sakit gigi ibu hamil. Tentunya, akan lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Jika ingin menggunakannya, geprek dan jadikan bawang putih sebagai pasta dan oleskan di wilayah gigimu yang bermasalah. Kamu dapat menambahkan sedikit garam untuk ramuan ini.

Sebagai langkah alternatif, kamu bisa langsung mengunyah bawang putihnya ketimbang menggepreknya terlebih dahulu.

4. Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat meredakan rasa sakit. Kandungan antioksidannya yang sudah terbukti membuat ekstrak vanila sebagai penyembuh yang efektif, lho.

Untuk menggunakannya sebagai obat sakit gigi alami, ambil sedikit ekstrak vanila ini ke jari atau kapas. Lalu oleskan langsung ke wilayah gigi yang bermasalah selama beberapa kali dalam sehari.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan anti inflamasi, lho. Karena itu lah dia dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan luka.

Daun ini juga memiliki antimikroba yang dapat digunakan dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakannya, kamu cukup perlu mengunyah daun jambu biji yang masih segar. Atau kamu juga bisa merebus daun yang sudah diremas untuk dijadikan obat kumur.

6. Cengkeh

Penggunaan cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang sudah ada dalam sejarah selama ribuan tahun. Karena minyak atau ekstraknya dapat meredakan nyeri dan mengurangi inflamasi.

Minyak cengkeh sendiri mengandung eugenol yang merupakan obat antiseptik alami. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskan minyak cengkeh ke kapas dan oleskan itu wilayah gigi yang bermasalah.

Kamu juga bisa mencairkan minyak ini bersama dengan miyak zaitun atau air. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sehari. Kamu juga bisa membuat obat kumur dari minyak cengkeh dengan cara meneteskannya ke segelas air.

Bahan dari jenis rempah ini juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi ibu hamil. Obat ini bisa digunakan untuk pertolangan awal. Setelahnya, ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Rumput gandum

Rumput yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan yang berguna untuk kesehatan. Kandungan-kandungan ini dapat bekerja untuk menyehatkan dari dalam tubuh jika kamu konsumsi.

Rumput gandum dapat menghilangkan inflamasi di dalam mulut dan mencegah adanya infeksi. Kandungan klorofil dari rumput gandum bahkan berguna untuk melawan bakteri-bakteri.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menjadikan jus rumput gandum sebagai obat kumur.

8. Thyme

Tanaman yang biasa dijadikan rempah pada makanan ini ternyata memiliki kegunaan tersendiri dalam mengobati sakit gigi.

Kandungannya yang memiliki antibakterial sangat kuat dan antioksidan mendukung kegunaan thyme sebagai bahan yang ampuh mengatasi sakit gigi.

Untuk menggunakannya, kamu cukup perlu mengoleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke kapas kemudian mengoleskannya di wilayah gigi yang bermasalah.

Kamu juga dapat membuat obat kumur dengan mencampurkan minyak esensial thyme ke dalam satu gelas kecil air.

Tips lain untuk obat sakit gigi alami

Mengurangi sakit gigi juga tidak sepenuhnya harus menggunakan obat. Ada juga langkah-langkah berikut yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

1. Obat dari teh pepermint bekas

Kantong teh ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan meredakan gusi yang sesitif.

Sebelum menggunakannya di wilayah gigi yang bermasalah, kamu harus mendinginkan suhu kantong teh bekas pakai karena kemungkinan suhunya masih agak hangat setelah pemakaian utama.

Kamu juga bisa memakai kantong teh ini untuk mendinginkan wilayah yang bermasalah di gigimu itu. Untuk itu kamu harus menaruh kantung teh bekas pakai ini di lemari pendinginmu dulu.

2. Kompres dingin untuk obat sakit gigi

Menggunakan kompres dingin adalah pilihan lain jika kamu tidak mau mengonsumsi obat sakit gigi di apotik. Caranya, kamu cukup menaruh sekantung es yang kamu lapisi dengan handuk ke wilayah pipi atau rahangmu (bagian luar dari lokasi sakit gigi).

Hal ini dilakukan untuk mengerutkan pembuluh darah yang berada di area itu. Dengan demikian, dapat mengurangi rasa sakit dan membantu kamu beristirahat.

Mengompres area itu selama 15 hingga 20 menit setiap beberapa jam sebagai obat sakit gigi berlubang juga dapat membantu mencegah rasa nyeri kembali datang di malam hari saat kamu ingin tidur.

3. Meninggikan kepala

Tips yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang sering terkena sakit gigi di malam hari. Sakit gigi di malam hari akan terasa lebih nyeri karena saat kamu rebah, aliran darah akan sangat deras ke kepala.

Untuk itu, menggunakan satu atau dua bantal ekstra dinilai dapat membantumu mengurangi rasa sakit gigi di malam hari.

Karena dapat membuat aliran darah tidak terlalu deras. Karena aliran darah yang deras dan ekstra di kepala justru membuat gigi yang bermasalah jadi lebih sakit.

Tekankan pencegahan

Sakit gigi yang mengganggu sebenarnya dapat dicegah dengan cara yang relatif mudah, lho. Kamu cukup mempraktikan gaya hidup sehat dan higienis pada rongga mulutmu saja.

Menyikat gigi dengan pasta gigi yang ber-fluoride dan menggunakan benang gigi adalah salah satu cara yang efektif mewujudkan hidup dental yang sehat.

Yang lebih penting lagi, kunjungan rutin ke dokter gigi juga perlu kamu lakukan untuk dilakukan pengecekan kesehatan dengan baik dan tepat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medicinenet.com (2020) diakses 28 April 2020. https://www.medicinenet.com/ibuprofen/article.htm#what_are_the_side_effects_of_ibuprofen
  2. Medicinenet.com (2019) diakses 28 April 2020. https://www.medicinenet.com/reducing_daily_chronic_pain_pictures_slideshow/article.htm
  3. Nhs.uk (2019) diakses 28 April 2020. https://www.nhs.uk/medicines/paracetamol-for-adults/
  4. Drugs.com (2018) diakses 28 April 2020. https://www.drugs.com/mtm/benzocaine-topical.html
  5. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 28 April 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326133#pain-at-night
  6. Healthline.com (2017) diakses 28 April 2020. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#other-natural-remedies
  7. Medicinenet.com (2019) diakses 28 April 2020. https://www.medicinenet.com/toothache_overview/article.htm
  8. Healthline.com (2019) diakses 28 April 2020. https://www.healthline.com/health/mefenamic-acid-oral-capsule
    register-docotr