Kamus Obat

Mau yang Salep atau Oral, Ini Sederet Pilihan Obat untuk Atasi Dermatitis

July 26, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Obat untuk dermatitis bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat dengan atau tanpa resep khusus dari dokter. Obat-obatan ini bisa berupa pilihan bentuk salep maupun yang dimasukan ke dalam tubuh secara oral dan injeksi.

Dermatitis merupakan istilah umum yang dipakai untuk menyebut iritasi di kulit, kondisi ini disebabkan oleh gatal, kulit kering atau ruam yang bengkak dan merah. Saat kamu memakai obat untuk dermatitis, itu hanya untuk memulihkan kondisinya saja, bukan penyebabnya.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Kenali Penyakit Dermatitis Seboroik yang Mirip Ketombe

Beragam bentuk obat untuk dermatitis

Untuk mengatasi dermatitis kamu bisa menggunakan beragam obat pilihan. Baik itu yang masuk ke dalam tubuh (secara oral atau injeksi) maupun dalam bentuk salep yang dioleskan ke kulit yang terpapar.

Obat dermatitis yang dioles

Pelembap

Pelembap merupakan salah satu pengobatan yang mudah dan paling efektif untuk dermatitis, terutama atopic dermatitis. Untuk mengatasi keringnya kulit karena penyakit ini, kamu butuh pelembap yang diaplikasikan langsung setelah mandi, saat kulit masih basah.

Beberapa pelembap kulit yang dapat diperoleh di apotek dan toko obat biasanya hadir dalam 3 jenis. Yaitu:

  • Lotion untuk dermatitis

Wujud yang satu ini merupakan yang paling ringan di antara jenis pelembap lainnya. Losion merupakan pengobatan untuk dermatitis berupa campuran air dan minyak yang dapat kamu sebarkan dengan mudah di permukaan kulit.

Meskipun demikian, kandungan air di dalam losion dapat menguap dengan cepat, jadi ini mungkin pilihan yang terbaik untuk dermatitis, terutama eksim, yang parah.

  • Krim

Pelembap yang satu ini merupakan campuran antara minyak dan air yang agak kental. Kandungan minyak pada krim lebih tinggi daripada di losion.

Obat yang satu ini lebih lunak daripada losion, itu sebabnya wujud ini lebih baik dalam melembapkan kulit. Krim merupakan pelembap harian yang baik untuk mengatasi kulit kering yang kronis.

Salep untuk dermatitis

Wujud dari obat ini adalah minyak yang agak padat. Kandungan minyak dalam salep untuk dermatitis ini biasanya lebih banyak daripada air ketimbang komposisi di losion dan krim.

Minyak untuk dermatitis sangat melembapkan kulit kamu dan biasanya tidak memiliki banyak unsur lain. Salep untuk dermatitis yang paling sederhana adalah petroleum jelly yang hanya memiliki satu unsur.

Dengan hanya memiliki sedikit bahan penyusun, salep merupakan opsi terbaik untuk mengatasi dermatitis dengan kulit yang sensitif. Karena efek dari salep untuk dermatitis ini adalah membuat kulit berminyak, maka kamu sebaiknya memakai obat ini sebelum tidur.

Kortikosteroid topikal

Obat untuk dermatitis ini bisa kamu dapatkan di apotek dengan atau tanpa resep dokter. Di Inggris, kortikosteroid topikal ini biasanya akan diresepkan oleh dokter kalau dermatitis yang kamu alami menyebabkan kulit radang dan inflamasi. 

Sama seperti pelembap, kortikosteroid ini juga hadir dalam wujud krim dan salep untuk dermatitis. Penggunaan obat ini adalah untuk mengurangi inflamasi yang terjadi saat dermatitis.

Salep kortikosteroid berisiko rendah biasanya dipakai untuk pengobatan jangka pendek. Kamu bisa mendapatkan salep berisiko rendah hydrocortisone di seperti Cortaid dan Nutracort di apotek dan toko obat.

Sementara untuk kortikosteroid yang diresepkan sebagai obat untuk dermatitis, akan tergantung pada seberapa parah kondisi yang kamu alami. Karena tingkat keparahan akan memengaruhi kekuatan salep untuk dermatitis yang diberikan.

Kamu bisa diberikan salep untuk dermatitis sebagai berikut:

  • Dosis kuat untuk penggunaan jangka pendek pada dermatitis kontak
  • Dosis lemah untuk dermatitis atopik seperti eksim
  • Salep lemah yang penggunaannya untuk wajah, genital atau lipatan di sendi kamu karena wilayah ini merupakan kulit yang lebih tipis daripada yang lain
  • Salep yang kuat digunakan untuk area telapak tangan dan kaki karena wilayah ini merupakan kulit yang tebal

Baca Juga: Wajib Tahu Moms, Ini Pengaruh Psikologi #dirumahaja untuk Anak

Obat antiinflamasi suntik

Dilansir healthline.com, Food and Drugs Administration Amerika Serikat mengizinkan jenis pengobatan ini. Termasuk dalam jenis obat untuk dermatitis bentuk injeksi yakni dupilumab, antiinflamasi yang bisa disuntikan dan digunakan bersamaan dengan kortikosteroid.

Obat dermatitis melalui oral

Dokter bisa memberikan resep obat dermatitis yang dikonsumsi secara oral. Diantaranya:

  • Kortikosteroid oral untuk dermatitis atopik yang sudah menyebar, parah dan sulit untuk diobati dengan obat biasa
  • Obat cyclosporine atau interferon untuk dermatitis atopik yang berat
  • Antibiotik apabila terjadi infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Nhs.uk (2019) diakses 23 Juli 2020. https://www.nhs.uk/conditions/contact-dermatitis/treatment/
  2. Helathline.com (2019) https://www.healthline.com/health/atopic-dermatitis/treatment-options#1
    register-docotr