Kamus Obat

Pilihan Obat Sariawan di Apotik yang Bisa Dipilih, Apa Saja?

July 14, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Muncul sariawan pasti membuat kamu tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk mengatasi rasa sakitnya, ada beberapa obat sariawan di apotik yang bisa jadi pilihan.

Beberapa obat ini mulai dari bentuk cair hingga tablet isap yang terbukti bisa meringankan sakit sariawan dan mengobati sariawan akibat infeksi bakteri.

Apa itu sariawan?

Sariawan atau yang dalam dunia medis disebut aphthous atau stomatitis aphthous adalah borok kecil yang menyakitkan di dalam mulut. Ini mungkin terjadi pada lidah dan pada lapisan dalam pipi, bibir, dan tenggorokan.

Biasanya muncul dengan warna putih, abu-abu, atau kuning, dan di sekitarnya berwarna merah. Sariawan adalah jenis lesi oral yang paling umum.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mulut bisa sariawan, beberapa di antaranya seperti:

  • Cedera mulut ringan karena menyikat gigi, lidah tidak sengaja tergigit
  • Sensitif terhadap makanan asam
  • Kekurangan mineral esensial, terutama vitamin B12, seng, folat, dan zat besi
  • Respons terhadap bakteri mulut
  • Perubahan hormon selama menstruasi
  • Stres emosional atau kurang tidur
  • Menggunakan kawat gigi

Sariawan juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius dan memerlukan penanganan medis.

Pilihan obat sariawan di apotik

Saat sariawan muncul, pasti rasanya sangat tidak nyaman dan membuat kita mengalami nyeri dan sakit ketika berbicara atau juga makan. Tentu kamu tidak ingin terus-terusan mengalami hal ini bukan? 

Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah 2-3 minggu, tapi ada beberapa obat sariawan di apotik yang bisa kamu gunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, di antaranya:

Obat kumur

Obat sariawan di apotik pertama yang bisa kamu pilih adalah jenis obat kumur, ada berbagai macam, seperti:

1. Diphenhydramine suspension

Obat kumur dengan kandungan diphenhydramine suspension tidak sulit untuk kamu dapatkan di apotik. Ia memiliki efek anestesi topikal pada jaringan mulut dan sariawan, sehingga dapat meredakan rasa nyeri karena sariawan.

Berkumurlah dengan cairan ini selama 30 detik sampai satu menit, lalu muntahkan, jangan menelannya.

2. Steroid dexamethasone

Untuk bisa menggunakan obat kumur steroid dexamethasone, kamu memerlukan resep dokter. Kamu bisa meminta dokter untuk meresepkannya sebagai obat sariawan.

Kandungan steroid dexamethasone punya kegunaan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan atau lidokain untuk mengurangi rasa sakit. 

3.  Chlorhexidine

Ini dapat mencegah infeksi sekunder dengan mengurangi penumpukan bakteri yang ada di mulut. Agar hasil pengobatan efektif, berkumurlah dengan obat kumur 2 kali sehari.

Obat antibiotik tetrasiklin 

Obat sariawan jenis antibiotik tetrasiklin harus dibeli dengan resep dokter, obat ini telah terbukti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan sariawan. 

Tapi jika kamu sedang hamil atau memiliki riwayat alergi tetrasiklin, sebaiknya jangan gunakan obat ini, ya. 

Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen dapat digunakan untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat sariawan.

Suplemen nutrisi

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah kurangnya zinc atau vitamin B12 dan vitamin C. Kamu juga bisa mengobati sariawan dengan suplemen nutrisi yang berbentuk tablet isap, yang biasanya tersedia di apotik dengan berbagai rasa.

Produk topikal

Produk-produk yang dijual bebas baik dalam bentuk gel, pasta, krim, atau cairan dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Ada beberapa obat yang mengandung bahan aktif, seperti:

  • Benzocaine
  • Fluocinonide
  • Hydrogen peroxide

Ada banyak produk topikal lainnya untuk sariawan, termasuk yang tanpa bahan aktif. Mintalah saran dokter atau apoteker yang paling sesuai untuk kamu.

Obat antiinflamasi topikal

Obat steroid seperti triamcinolone acetonide atau fluocinonide dapat digunakan secara topikal untuk mengurangi peradangan dari sariawan. Obat-obatan ini biasanya memerlukan resep dokter dan harus digunakan tepat seperti yang diperintahkan dokter.

Antibiotik topikal

Jika ternyata sariawan yang kamu alami terinfeksi bakteri, jenis obat sariawan di apotik yang bisa kamu pilih yaitu anitbiotik topikal. Mintalah dokter untuk memasukannya ke dalam resepmu.

Tanda-tanda sariawan yang terinfeksi bakteri sendiri biasanya kemerahan, pengerasan kulit, pengeluaran nanah, dan disertai demam.

Itulah beberapa obat sariawan di apotik yang bisa jadi pilihan kamu untuk mempercepat proses penyembuhan. Selalu perhatikan intruksi dari dokter dan apoteker, serta perhatikan aturan minum pada kemasan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medicine Net (2019). Diakses pada 08/07/20. Canker Sores (Causes, Home Remedies, Treatment, and Prevention)

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 08/07/20. Canker sore

Health Navigator (2019). Diakses pada 08/07/20. Medication for mouth ulcers

Medical New Today (2019).  Diakses pada 08/07/20. Nine ways to treat canker sores

    register-docotr