Kamus Obat

Tanpa Resep Dokter, Ini Daftar Obat Kutu Air Bisa Dibeli di Apotek

September 8, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Obat kutu air termasuk mudah didapat karena kamu bisa mendapatkannya di apotek dan toko obat tanpa perlu resep dokter. Obat-obatan ini biasanya berbentuk salep atau obat oles lainnya untuk membunuh jamur penyebab penyakit ini.

Kutu air merupakan infeksi jamur yang menyerang kulit di kaki dan seringkali jamur ini bisa menyebar ke kuku jari kaki dan tangan. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit kaki atlet karena banyak ditemui pada atlet.

Baca Juga: Serba-serbi Kutu Kelamin, Benarkah Bisa Menyebabkan Penyakit?

Penyebab kutu air

Kutu air disebabkan oleh jamur yang tumbuh di kaki. Jamur ini bisa tersebar lewat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau ketika kamu menyentuh permukaan yang terkontaminasi oleh jamur ini.

Tipe jamur ini berkembang di lingkungan yang lembap. Biasanya mereka dapat ditemukan di kamar mandi, lemari untuk pakaian olahraga dan di sekitar kolam renang.

Pilihan obat kutu air di apotek

Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri, tapi kamu bisa juga mempercepat penyembuhannya dengan menggunakan obat anti-kutu air di toko obat atau apotek. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa minggu agar pengobatan ini berhasil

Obat biasanya hadir dalam bentuk salep, spray atau tablet. Beberapa obat ini di antaranya adalah:

Miconazole

Obat ini biasanya dipakai untuk mengatasi infeksi kutu air, infeksi jamur di selangkangan, kurap dan infeksi jamur di kulit lainnya. Sesuai namanya, prinsip obat ini bekerja adalah dengan mencegah pertumbuhan dari jamur tersebut.

Miconazole yang hadir dalam bentuk krim biasanya bernama miconazole nitrate 2 persen topical cream. Untuk memakainya, kamu harus membersihkan dan mengeringkan area kaki yang akan diobati.

Aplikasikan obat ini di lokasi kutu air tersebut, biasanya dibutuhkan dua kali aplikasi dalam satu hari atau ikuti anjuran dari dokter.

Terbinafine

Terbinafine tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kutu air, tapi juga infeksi jamur lainnya salah satunya adalah kurap, infeksi jamur di selangkangan serta pityriasis versicolor.

Obat ini hadir dalam bentuk krim, gel hingga spray. Ada juga obat cair yang khusus untuk mengatasi kutu air.

Ikuti aturan pakai yang tercantum di kemasan obat atau tanyakan kepada dokter jika kamu ingin menggunakannya untuk mengatasi kutu air atau infeksi jamur lainnya.

Obat kutu air clotrimazole

Clotrimazole bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur seperti kutu air, kurap, infeksi kuku jamur hingga ruam di lipatan kulit karena jamur. obat ini tersedia dalam bentuk krim, spray hingga obat cair.

Obat ini di pakai sesuai dengan lokasi infeksi jamur yang kamu miliki, kamu bisa menanyakan dosis dan seberapa sering penggunaan obat ini kepada dokter atau apoteker ya.

Baca Juga: Hati-hati! Kenali Penyakit Scabies yang Berasal dari Kutu Hewan

Butenafine

Obat ini berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan jamur, itu sebabnya ini bisa dipakai untuk mengatasi kutu air. Selain itu, butenafine juga bisa dipakai untuk mengatasi infeksi karena jamur lainnya pada kulit seperti kurap.

Butenafine hadir dalam bentuk krim sehingga bisa kamu aplikasikan langsung di lokasi kutu air. Sebelum dipakai, bersihkan dan keringkan lokasi kulit yang terinfeksi kutu air tersebut.

Oleskan tipis krim butenafine pada lokasi kutu air, lalu gosok secara perlahan. Biasanya kamu perlu melakukan hal ini satu atau dua kali sehari, dan dosis serta lama pengobatan tergantung dari tipe infeksi yang terjadi pada kulit kamu.

Tolnaftate

Toldaftae hadir dalam wujud krim, cairan, bedak, gel hingga spray. Tolnaftate bisa dibeli di apotek atau toko obat dengan atau tanpa resep dokter.

Tolnaftate ini biasanya dipakai dua kali sehari dan kamu harus ikuti petunjuk di dalam kemasan atau sesuai dengan yang diresepkan dokter.

Rasa sakit atau sensasi terbakar yang disebabkan oleh kutu air biasanya akan hilang dalam waktu 2-3 hari setelah pemakaian. Kamu harus teruskan pemakaian selama setidaknya 2 minggu setelah gejala dari kutu air hilang.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 07 September 2020. Athlete’s Foot (Tinea Pedis)
  2. Nhs.uk (2018) diakses 07 September 2020. Athlete’s foot
  3. Nhs.uk (2020) diakses 07 September 2020. Terbinafine
  4. Nhs.uk (2019) diakses 07 September 2020. Clotrimazole
  5. Webmd.com, diakses 07 September 2020. Butenafine Cream
  6. Medlineplus.gov (2017) diakses 07 September 2020. Tolnaftate
  7. Webmd.com, diakses 07 September 2020. Miconazole Nitrate 2 % Topical Cream
    register-docotr