Kamus Obat

Obat Kencing Batu Alami dan Medis, Ini Daftar Lengkapnya!

September 19, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kencing batu bisa terjadi akibat pembentukan kristal menyerupai gumpalan di saluran kemih. Hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan kalsium, asam urat, dan zat lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat kencing batu yang dijual bebas di apotek.

Tak hanya obat-obatan, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Pahami 8 Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

Obat kencing batu yang dijual di apotek

Hampir semua obat kencing batu yang dijual di apotek memiliki cara kerja yang sama, yaitu mencegah pembentukan kristal gumpalan dan membantu menghancurkannya. Berikut lima obat kencing batu yang tersedia di apotek:

1. Allopurinol

Obat kencing batu yang pertama adalah allopurinol. Allopurinol adalah obat yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat. Kadar yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan kristal-kristal di sejumlah organ sistem kemih, yang pada akhirnya menciptakan gumpalan menyerupai batu.

Penggunaan obat yang sama juga dapat menghancurkan gumpalan-gumpalan tersebut. Mengutip Healthline, allopurinol adalah obat yang masuk dalam golongan inhibitor, bekerja dengan cara memblokir enzim xantin oksidase.

Di apotek, obat ini tersedia dengan beberapa merek dagang, di antaranya adalah Zyloprim dan Lopurin. Perhatikan aturan minum dan dosis yang tercantum pada kemasan.

Obat ini bisa menimbulkan rasa kantuk, sehingga sebaiknya tidak diminum jika sedang mengemudi atau melakukan kegiatan yang butuh konsentrasi.

2. Obat penghilang rasa sakit

obat kencing batu
Ibuprofen bisa digunakan untuk mengurangi efek nyeri akibat batu ginjal. Sumber foto: www. theconversation.com

Selain allopurinol, kamu perlu mengonsumsi obat-obatan Nonsteroidal Anti-inflamantory Drugs (NSAIDs). Obat-obatan tersebut dapat meredakan rasa nyeri dan sakit yang disebabkan oleh adanya batu pada sistem saluran kemih.

Beberapa obat penghilang rasa sakit yang bisa dibeli bebas di apotek adalah ibuprofen, asetaminofen, dan naproxen. Obat-obatan tersebut tersedia dalam beberapa merek dagang, seperti Advil, Tylenol dan Aleve.

Secara garis besar, obat-obatan golongan NSAIDs bekerja dengan menghambat pelepasan enzim tertentu di dalam tubuh. Kemudian, menekan produksi hormon atau senyawa kimia yang bertugas menciptakan rasa sakit atau nyeri.

Baca juga:  Tak Sama, Ini Perbedaan Obat Ibuprofen dan Paracetamol yang Perlu Kamu Tahu

3. Kalium sitrat

Dilansir dari WebMD, kalium sitrat adalah kandungan obat yang bisa berfungsi untuk mengurangi kadar asam pada urine. Hal ini mencegah pembentukan kristal yang pada akhirnya menjadi gumpalan-gumpalan menyerupai batu.

Obat kencing batu alami

Selain obat-obatan medis di atas, kamu dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk mencegah atau menghancurkan gumpalan batu di saluran kemih. Bahan-bahan itu di antaranya adalah:

  • Air putih. Asupan cairan yang cukup bisa menjaga kadar urine di dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah pembentukan kristal gumpalan menyerupai batu di saluran kemih.
  • Daun kemangi. Kandungan asam asetat pada daun kemangi bisa memecah gumpalan menyerupai batu di saluran kemih. Tidak hanya itu, kemangi juga dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Ini tak lepas dari senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.
  • Seledri. Senyawa aktif pada seledri dipercaya bisa membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan gumpalan kristal menyerupai batu. Selain itu, sayuran ini juga dapat membantu menghancurkan batu tersebut, lalu mengeluarkannya melalui urine.
  • Cuka apel. Sama seperti kemangi, cuka apel mengandung asam asetat yang bisa menghancurkan batu ginjal. Bukan hanya itu, asam tersebut dapat membuatnya larut sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.
  • Lemon. Terdapat kandungan asam sitrat cukup tinggi pada lemon, bisa membantu mencegah pembentukan gumpalan kalsium menyerupai batu. Asam sitrat juga dapat memecah batu-batu tersebut agar mudah dikeluarkan.

Nah, itulah obat kencing batu yang bisa kamu dapatkan di apotek maupun yang alami. Jika kondisi tak kunjung membaik, tak perlu pikir panjang untuk periksa ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 12 September 2020, Home Remedies for Kidney Stones: What Works?
  2. Healthline, diakses 12 September 2020, Kidney Stones.
  3. Healthline, diakses 12 September 2020, Allopurinol, Oral Tablet.
  4. WebMD, diakses 12 September 2020, Potassium Citrate ER.
  5. Mayo Clinic, diakses 12 September 2020, Kidney stones.

    register-docotr