Kamus Obat

6 Pilihan Obat Flu dan Batuk Alami dengan Memanfaatkan Bahan Rumahan

August 20, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika flu dan batuk, tenggorokan kita menjadi gatal, hidung tidak hentinya meler, dan gejala lain yang mengganggu aktivitas. Beruntungnya ada obat flu dan batuk alami yang bisa kita coba di rumah.

Obat alami bisa menjadi alternatif jika kita tidak ingin menggunakan obat-obatan berbahan kimia yang mungkin punya efek samping yang tidak kamu inginkan. Apa sajakah obat alami tersebut? Yuk simak di bawah ini!

Apa itu flu dan batuk?

Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza yang menyerang pernapasan bagian atas, seperti hidung dan tenggorokan. Oleh sebab itu, tidak jarang saat flu seringkali juga disertai dengan batuk. 

Virus ini dapat menyebar melalui droplet yang terbawa oleh udara, kontak fisik dengan penderita, atau juga menyentuh barang yang sudah terpapar virus. 

Obat flu dan batuk alami yang bisa ditemukan di rumah

Pada dasarnya, flu dan batuk dapat sembuh dengan sendirinya. Lamanya kesembuhan tergantung dari daya tahan tubuh kamu. Tapi bila gejala sangat mengganggu dan mungkin kamu sedang menghindari penggunaan obat berbahan kimia.

Ada beberapa obat flu dan batuk alami rumahan yang bisa kamu coba, seperti: 

1. Jahe

Manfaat jahe sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Selain untuk penyedap, beberapa irisan jahe yang dicampur dengan air hangat juga dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan. 

Penelitian juga menunjukan bahwa rebusan air jahe bisa meredakan rasa mual yang sering dialami saat terserang flu. 

2. Madu

Obat flu dan batuk alami lain yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah adalah madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi campuran madu dengan air lemon.

Campuran ini diketahui dapat meredakan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif termasuk untuk anak-anak.

Dalam penelitian, peneliti menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi keparahan gejala batuk dan gejala flu. Selain itu, anak-anak juga bisa tidur lebih nyenyak.

Tapi ingat ya, kamu tidak boleh memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun. Ini karena sebagian madu mengandung spora botulinum, di mana sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah belum mampu mencernanya.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Makan bawang putih mentah atau bisa juga mencampurkannya dalam air hangat dapat mengurangi gejala flu.

Bahkan, menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat mencegah flu sejak awal. 

Jadi, ketika kamu mulai merasa gejala batuk atau flu tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa bawang putih ke dalam makanan, ya.

4. Jeruk

Vitamin C punya peran besar bagi kesehatan tubuh. Salah satu sumber vitamin C yang kaya adalah buah-buahan citrus seperti jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, lemon.

Menambahkan beberapa perasan air jeruk ke dalam teh dan madu pun bisa menjadi obat flu dan batuk alami yang ampuh. Campuran tersebut bisa meredakan dahak di tenggorokan.

Mengonsumsi vitamin C saat flu dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas dan penyakit lainnya.

5. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat menjadi pilihan obat batuk dan flu alami yang mudah dan juga murah. Cara satu ini juga dapat meredakan membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Selain itu juga dapat mengurangi keparahan flu, seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Untuk mencoba pengobatan ini di rumah, larutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas penuh air. Kumur di sekitar mulut dan tenggorokan, lalu muntahkan.

6. Kunyit dan susu

Kunyit memiliki antioksidan kuat yang membantu mengatasi banyak masalah kesehatan. Cobalah untuk meminum kunyit yang dicampur dengan susu hangat untuk melawan flu dan batuk. Minum segelas sebelum kamu tidur, untuk membantu penyembuhan lebih cepat.

Cara lain untuk menyembuhkan flu dan batuk secara alami

Selain dengan obat flu dan batuk alami, ada juga beberapa cara lain yang bisa kamu coba untuk mempercepat proses penyembuhan dari flu dan batuk, seperti berikut ini:

1. Buat ruangan tetap lembap

Virus influenza lebih mudah menyebar di lingkungan yang kering. Saat flu, agar virus influenza tidak menyebar dan membuat kamu semakin parah, cobalah untuk menjaga kelembapan ruangan.

Kelembapan ruangan juga dapat mengurangi radang hidung, sehingga kamu lebih mudah bernapas saat sakit.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan humidifier. Humidifier dapat menjaga ruangan tetap lembap sekaligus menjaga kebersihan udara.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat memberikan kelembapan pada saluran hidung sehingga dapat membuat saluran pernapasan kamu lega. Selain itu, mandi air hangat juga membuat kamu lebih rileks.

Jika kamu mengalami demam tinggi mencapai 37,5 derajat Celcius, sebaiknya kamu jangan langsung membasuh badan dengan air hangat. Gunakanlah lap yang sebelumnya sudah direndam dengan air hangat.

3. Tidur dengan bantal ekstra

Salah satu masalah yang sering kita hadapi ketika sedang flu dan batuk adalah hidung yang tersumbat. Hidung tersumbat sangat membuat kita tidak nyaman, apalagi ketika kita tidur.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bantal ekstra untuk membuat posisi kepala lebih tinggi akan membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat.

4. Banyak minum air hangat

Air putih hangat dapat mengencerkan lendir yang menyumbat, mencegah dehidrasi, dan juga meredakan peradangan di tenggorokan. 

Oleh sebab itu, pastikan ketika flu dan batuk kamu banyak konsumsi air hangat.

Itulah beberapa obat flu dan batuk alami yang bisa didapatkan di rumah. Jika dengan obat alami ini flu dan batuk yang kamu alami tidak juga reda, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar obat flu dan batuk alami? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 16 Agustus 2020. 11 Cold and Flu Home Remedies

Healthline (2019). Diakses pada 16 Agustus 2020. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 16 Agustus 2020. Cold remedies: What works, what doesn’t, what can’t hurt

Web MD (2019). Diakses pada 16 Agustus 2020. 12 Natural Treatment Tips for Colds and Flu

Time of India (2018). Diakses pada 16 Agustus 2020. 15 home remedies for common cold and cough

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 16 Agustus 2020. Common cold

    register-docotr