Kamus Obat

Wajib Tahu! Saat Biduran Menyerang, Ini Beragam Obat Medis dan Alami yang Bisa Kamu Pilih

June 26, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Biduran merupakan kondisi gatal-gatal dan ruam kemerahan pada kulit. Penyebab biduran juga bermacam-macam. Sementara untuk mengatasinya, ada sejumlah obat biduran yang bisa kamu temukan di apotek. Bahkan sejumlah bahan alami pun bisa digunakan untuk mengobati biduran.

Baca Juga: Sedikit Repot, Tapi Segudang Manfaat Sehat dengan Memelihara Hewan di Rumah

Apa itu biduran?

Biduran atau urtikaria adalah kondisi saat kulit mengalami ruam menonjol berwarna merah pucat seperti bentol pada kulit yang muncul secara tiba-tiba. Penyebabnya karena reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan, sengatan serangga, hingga paparan sinar matahari.

Selain itu, obat-obatan tertentu bisa membuat tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Histamin terkadang membuat plasma darah keluar dari pembuluh darah kecil di kulit dan bisa menyebabkan biduran.

Obat biduran alami

Untuk mengatasi kondisi kulit seperti biduran, sejumlah obat alami yang bisa menjadi pilihan kamu, antara lain:

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki senyawa antiinflamasi yang sering digunakan untuk mengobati luka akibat terbakar sinar matahari. Itulah sebabnya, lidah buaya dianggap sebagai obat alami biduran yang cukup efektif, lho.

Sebelum kamu mengoleskan lidah buaya ke area kulit yang terdampak, pastikan dulu bahwa kamu tidak ada alergi terhadap lidah buaya. Caranya cukup oleskan lidah buaya beberapa kali dalam sehari, untuk hasil yang maksimal.

Obat biduran alami seperti oatmeal

Oatmeal juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan biduran. Cukup masukkan satu setengah cangkir oatmeal ke dalam bak mandi, yang berisikan air dengan suhu normal. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk mandi.

Selain itu kamu juga bisa berendam di dalam bak mandi berisikan air oatmeal selama 15 menit. Pastikan tidak menggaruk biduran saat sedang mengeringkan badan dengan handuk. Namun, jangan gunakan oatmeat untuk mengatasi biduran jika kamu alergi terhadapnya.

Es batu

Biduran dapat semakin parah jika terkena panas. Kamu harus mengompresnya dengan kain dingin bisa membantu meredakan gejalanya.

Caranya bungkus es batu dalam handuk atau kain bersih, kemudian kompreskan ke area biduran di kulit. 

Bahan-bahan di atas bisa membantu meredakan biduran. Tanpa menggunakannya pun, biduran akan hilang dengan sendirinya. Meski begitu, kamu juga tetap bisa mencoba beberapa obat alami biduran di rumah. 

Minyak kelapa

Kamu dapat mencoba mengolesi bagian kulit yang gatal dan bengkak akibat biduran dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung pelembap dan antibakteri sehingga efektif digunakan untuk mengatasi biduran. 

Baca Juga: Informasi Obat Clobazam: Digunakan Saat Epilepsi dan Kejang Kambuh

Obat medis biduran

Bukan hanya obat alami, inilah beberapa obat-obatan biduran seperti antihistamin, kalamin dan steroid dipakai untuk mengobati biduran dengan efektif:

Antihistamin

Antihistamin adalah obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi reaksi alergi, seperti biduran. Beberapa obat-obatan antihistamin yang dapat dibeli di apotek misalnya fexofenadine, loratadine, cetirizine, dan diphenydramine.

Steroid

Biasanya dokter akan merekomendasikan obat steroid oral seperti prednisone. Saat biduran sudah membaik, biasanya dokter akan menurunkan dosis steroidnya, sampai akhirnya dihentikan.

Namun, steroid biasanya hanya digunakan sebagai pengobatan medis biduran untuk sementara waktu. Sebab, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, efek samping berbahaya bisa muncul.

Krim kalamin

Selain obat-obatan oral, ada juga obat dalam bentuk losion yang bisa digunakan untuk mengobati biduran. Losion kalamin menjadi obat oles yang sering dipakai untuk meredakan ruam membandel akibat biduran.

Caranya mudah kamu kocok losion agar racikannya tercampur rata, lalu tuangkan losion ke kapas. Setelah itu oleskan ke kulit yang terpapar biduran dan diamkan sampai kering.

Obat biduran medis yakni antidrepresan

Antidepresan trisiklik doxepin (Zonalon) juga biasanya digunakan dalam bentuk krim yang dapat membantu meredakan gatal. Obat ini dapat menyebabkan pusing dan kantuk sehingga rasa gatal kamu sedikit mereda dengan tidur.

Omalizumab (Xolair)

Omalizumab biasanya diberikan dengan cara disuntikkan ke kulit. Obat ini akan diresepkan jika kamu mengalami biduran parah yang terjadi selama berbulan-bulan atau dalam hitungan tahun. 

Tetapi omalizumab dapat memberikan efek samping bagi tubuh kamu. Efek samping yang paling umum adalah sakit kepala, pusing, hingga sakit telinga bagian dalam.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. webmd.com diakses 23 Juni 2020. Hives and Your Skin. 23 Juni 2020 pukul 19.00.
  2. medicalneestoday.com (2017) diakses 23 Juni 2020. What are hives (urticaria)?. 23 Juni 2020 pukul 20.00.
    register-docotr