Kamus Obat

Batuk Kering Tak Juga Hilang? Coba Ragam Pilihan Obat Batuk Kering Ini, Yuk!

November 12, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Batuk kering biasanya disertai dengan gatal pada bagian tenggorokan yang sangat tidak membuat nyaman. Kalau sudah seperti ini, kamu pasti mencari cara untuk segera meredakannya.

Ada banyak obat batuk kering yang bisa kamu konsumsi, baik obat medis maupun alami.

Simak ulasan artikel ini untuk mengetahui, obat apotek dan alami apa yang bisa meredakan batuk kering kamu, ya!

Mengenal batuk kering

Batuk sebenarnya adalah cara tubuh untuk membersihkan pernapasan dan saluran lendir kita. 

Batuk kering dalam istilah medis dikenal dengan batuk tidak produktif, karena tidak bisa menghilangkan lendir, dahak, atau juga iritasi dari paru-paru maupun saluran hidung. 

Ini bisa terjadi selama berminggu-minggu setelah kamu mengalami pilek atau flu. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan batu kering, seperti asma, GERD, atau juga karena polusi.

Ciri-ciri batuk kering

Sama seperti kondisi lain pada umumnya, batuk kering juga memiliki ciri-ciri yang perlu diketahui. Ciri-ciri batuk kering di antaranya adalah:

  • Ciri-ciri batuk kering yang pertama adalah adanya sensasi menggelitik di tenggorokan
  • Tidak mengeluarkan dahak atau lendir
  • Frekuensi batuk dapat menjadi lebih buruk di malam hari dan memengaruhi kualitas tidur

Batuk kering karena corona

Batuk jenis ini merupakan salah satu gejala dari Corona atau COVID-19. Jenis batuk ini tidak menghasilkan lendir.

Menurut Dr. Sarah Jarvis, direktur klinis di Patientaccess.com, seperti yang dilansir Thesun. Batuk kering yang terus-menerus adalah gejala dari virus Corona.

Beberapa tanda batuk kering karena COVID-19 di antaranya adalah:

  • Batuk kering terjadi secara terus-menerus, bukan karena berdehem atau karena ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan
  • Berlangsung setidaknya setengah hari
  • Batuk yang dirasakan adalah sesuatu yang baru bagi penderitanya, seperti, berbeda dari batuk biasa, misalnya saja batuk akibat merokok

Batuk kering jenis ini harus sangat diwaspadai. Terlebih lagi, jika muncul gejala COVID-19 lainnya, seperti demam atau bahkan kelelahan.

Ragam obat batuk kering yang bisa kamu pilih

Batuk kering sangat membuat tidak nyaman dan bisa dialami siapa saja, mulai dari dewasa hingga anak-anak. Sebagai cara mengatasi batuk kering, kamu bisa menggunakan obat batuk kering yang tersedia di apotek maupun alami.

Nah, berikut ini adalah beberapa obat apotek dan alami yang dikenal mampu meredakan batuk kering.

Obat batuk kering alami:

1. Madu

Obat batuk kering alami yang pertama adalah madu. Berdasarkan beberapa penelitian, madu bisa meredakan batuk. Madu bisa digunakan untuk mengobati batuk pada orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas.

Madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2007, madu lebih efektif daripada dextromethorphan, yang dikenal bisa meredakan batuk pilek. Madu juga bisa mengurangi batuk di malam hari pada anak-anak.

Cara menggunakan madu sebagai pereda batuk bisa dengan mencampurkan satu sendok teh madu lalu campurkan ke dalam teh atau air hangat kemudian diminum.

Yang perlu kamu ingat, madu sebagai obat batuk anak hanya untuk anak 1 tahun ke atas, tidak untuk bayi. Karena bisa menyebabkan mereka mengalami kompilasi jaringan atau botulisme.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga bisa meredakan batuk kering atau asma. 

Satu studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Kamu bisa menggunakan jahe sebagai obat batuk kering dengan membuatnya menjadi teh, cukup menambahkan 20-40 gram irisan jahe ke dalam air panas. Diamkan beberapa saat sebelum diminum. 

Perlu kamu ketahui, pada beberapa orang, teh jahe dapat menyebabkan sakit perut atau mulas.

3. Peppermint

Kamu pasti sudah tahu, kalo peppermint mengandung menthol, dan membantu memberikan rasa lega pada tenggorokan. 

Peppermint juga dapat meredakan nyeri dan mengurangi keinginan untuk batuk. 

Sebagai obat batuk kering alami, kamu bisa meminum teh peppermint sebelum tidur untuk meredakan batuk pada malam hari. 

4. Kunyit

Cara mengatasi batuk kering yang dapat membuat tidak nyaman juga bisa menggunakan kunyit.

Kunyit telah digunakan sebagai sumber terpercaya untuk mengobati kondisi pernapasan bagian atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan Ayurvedic selama berabad-abad.

Kunyit mengandung curcumin yang dipercaya memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Untuk menggunakan obat batuk kering alami ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kunyit dengan menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk dingin, untuk diminum. Atau juga bisa membuatnya menjadi teh hangat.

5. Kayu putih

Kamu dapat menggunakan minyak esensial kayu putih sebagai obat batuk kering alami dengan cara sebagai aromaterapi.

Kayu putih bisa meredakan batuk kering dengan bekerja sebagai dekongestan. Coba tambahkan aroma kayu putih ke dalam diffuser, spritzer, atau inhaler. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes ke air panas dalam mangkuk dan hirup uapnya.

Obat apotek untuk batuk kering:

Selain menggunakan bahan-bahan alami, cara mengatasi batuk kering juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek atau yang diresepkan oleh dokter.

1. Antitussives (Penekan batuk)

Antitussives dipercaya dapat mengurangi refleks batuk sehingga kemungkinan batuk lebih kecil. Antitusif seperti pholcodine, dekstrometorfan adalah bahan aktif paling umum dalam penekan batuk, tersedia dalam bentuk tablet hisap. 

Tapi, antitussives tidak boleh digunakan jika penyebab batuk adalah merokok, emfisema, asma, pneumonia, atau bronkitis kronis. Karena dapat menyebabkan batuk menjadi lebih parah.

Yang perlu diperhatikan juga, kedua jenis obat ini, pholcodine dan dextromethorphan dapat membuat kamu mengantuk. Jadi sebaiknya jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin jika kamu masih dalam pengaruh obat ini.

2. Demulcent (Penenang batuk)

Demulcent dapat  melapisi tenggorokan untuk mengurangi iritasi, kekeringan dan menenangkan batuk. Jenis ini bisa kita temukan dalam obat batuk isap. Namun mengandung kandungan gula, jadi jika kamu penderita diabetes sebaiknya pilihlah obat isap yang bebas gula.

3. Obat-obat kombinasi

Obat-obatan kombinasi mengandung kombinasi ekspektoran, penekan batuk, dan bahan aktif lainnya. Bisa termasuk antihistamin, obat penghilang rasa sakit, dan dekongestan untuk mengobati berbagai gejala sekaligus.

Obat batuk kering untuk anak

Pilek dan batuk adalah kondisi yang sering terjadi pada anak-anak. Ketika ini terjadi, tentu saja dapat membuat si Kecil tidak nyaman.

Selain madu yang bisa digunakan pada anak yang berusia 1 tahun ke atas. Ada beberapa obat batuk kering untuk anak lainnya yang bisa digunakan, seperti:

Sup hangat

Tak hanya nikmat, sup hangat juga bisa digunakan sebagai obat batuk kering untuk anak yang alami lho. Melansir dari laman Parents, penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat antiinflamasi.

Air putih

Air putih juga dapat digunakan sebagai obat batuk kering untuk anak. Ketika si Kecil sakit, sangat penting untuk menjaganya tetap terhidrasi. Air putih dapat membantu tubuh melawan penyakit.

Selain itu, cara mengatasi batuk kering ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tenggorokan kering.

Pastikan si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup

Ketika si Kecil memiliki batuk kering, sebaiknya pastikanlah ia mendapatkan istirahat yang cukup. Sebab, istirahat yang cukup dapat membantu anak untuk pulih dengan cepat.

Tak hanya itu, beristirahat yang cukup juga bisa membantu untuk meredakan tenggorokan kering. Baik batuk ataupun tenggorokan kering dapat membuat si Kecil tidak nyaman.

Itulah beberapa obat batuk kering baik yang alami atau yang dapat kamu temukan di apotek. Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan obat baik itu alami dan medis, adalah apa efek samping dan aturan pakai dari obat tersebut agar tidak menimbulkan sesuatu yang lebih buruk.

Jika dalam beberapa minggu batuk kering tidak kunjung reda, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Patient (2018). Diakses pada 28 April 2020. Cough Medicines

Healthline (2018). Diakses pada 28 April 2020. What Causes a Dry Cough?

Healthline (2019). Diakses pada 28 April 2020. 13 Home Remedies for a Dry Cough

Medical News Today (2020). Diakses pada 28 April 2020. What can I do to make my cough go away?

myDr.com.au (2019). Diakses pada 28 April 2020. Dry coughs

Single Care (2019). Diakses pada 28 April 2020. The best cough medicine

Bisolvon. Diakses pada 12 November 2020. What Is Dry Cough? 

Firstcry.com (2019). Diakses pada 12 November 2020. Safe Home Remedies for Cough in Children 

Healthline (2020). Diakses pada 12 November 2020. What Causes Dry Throat, and How Is It Treated? 

Parents (2020). Diakses pada 12 November 2020. 9 Natural Toddler Cough Remedies

Thesun (2020). Diakses pada 12 November 2020. What is a new continuous cough? This is what the Covid cough is really like 

Webmd (2020). Diakses pada 12 November 2020. Symptoms of Coronavirus

    register-docotr