Kamus Obat

Tahukah Kamu Jus Lemon Bisa Jadi Obat Ginjal Alami? Yuk, Kenali Apa Saja Bahan Lainnya!

July 11, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Obat batu ginjal alami bisa didapatkan dengan mudah dan terbukti bisa meredakan gejala penyakit, lho! Batu ginjal sendiri merupakan masalah kesehatan umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.

Batu ginjal terdiri dari bahan limbah padat dan keras yang menumpuk dan membentuk seperti kristal. Batu-batu ini harus melakukan perjalanan melalui saluran kemih untuk keluar dari tubuh dan menyebabkan rasa yang sangat menyakitkan.

Baca juga: Serba-serbi Penyakit Aterosklerosis: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Apa saja obat batu ginjal alami?

Dilansir dari Medical News Today, sebagian besar kasus batu ginjal dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit, terapi cairan, atau jenis pengobatan lainnya.

Namun ada juga langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal. Umumnya, ada empat jenis utama batu ginjal tetapi sekitar 80 persen adalah batu kalsium oksalat.

Batu yang lebih besar dapat menyebabkan penyumbatan di bagian sistem kemih, sementara batu yang lebih kecil biasanya tidak menjadi masalah. Nah, pengobatan batu ginjal bisa dilakukan dengan cara alami antara lain:

Minum jus lemon

Lemon mengandung sitrat, yakni senyawa yang membantu memecah simpanan kalsium dan memperlambat pertumbuhan batu ginjal. Sebuah studi tahun 2019 juga menyebutkan jika jus lemon bebas gula merupakan obat yang efektif dalam menyembuhkan batu ginjal.

Faktanya, mengonsumsi 4 ons jus lemon dapat membantu meningkatkan kadar sitrat secara efektif. Namun, penting untuk memeriksa label pada produk jus karena biasanya ada yang mengandung pemanis dalam jumlah besar.

Konsumsi cuka sari apel

Cuka sari apel juga memiliki kandungan asam nitrat yang dapat membantu melarutkan simpanan kalsium. Sebuah studi tahun 2019 telah menemukan bahwa konsumsi cuka sari apel bisa mencegah risiko batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaatnya, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan 200 ml air murni. Hindari konsumsi lebih dari satu gelas per hari karena cuka sari apel dalam jumlah besar bisa mengakibatkan peningkatan kadar kalium dan osteoporosis.

Jus kemangi

Obat batu ginjal alami lainnya adalah jus kemangi karena mengandung asam asetat yang dapat membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit.

Kemangi juga memiliki sifat antioksidan dan zat anti inflamasi sehingga bermanfaat juga sebagai obat gangguan pencernaan. Gunakanlah daun kemangi segar untuk membuat teh dan konsumsi beberapa gelas per harinya.

Namun, perlu diketahui jika jus kemangi tidak boleh dikonsumsi selama 6 minggu berturut-turut karena bisa menyebabkan gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan meningkatkan perdarahan.

Air putih

Menambah asupan air putih dapat membantu mempercepat proses saat batu melewati saluran kencing. Dehidrasi merupakan salah satu risiko utama batu ginjal. Karena itu, usahakan untuk mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air per harinya.

Perhatikan juga kondisi warna urin yang keluar karena jika berubah menjadi kuning gelap maka biasanya menandakan dehidrasi. Perbanyak konsumsi air putih sangat direkomendasikan karena mampu memperlancar batu ginjal untuk keluar dengan mudah.

Jus seledri

Jus seledri dianggap dapat membersihkan racun yang berkontribusi pada pembentukan batu ginjal. Selain itu, jus ini juga bisa membantu mengeluarkan batu melewati saluran kencing dan mengurangi rasa sakit.

Cukup campurkan satu atau lebih batang seledri dengan air dan minum secara rutin setiap hari. Perlu diperhatikan, jus seledri tidak boleh dikonsumsi jika memiliki kondisi seperti gangguan perdarahan, tekanan darah rendah, dan sedang ingin menjalani operasi tertentu.

Jus delima

Jus delima sudah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Tak hanya itu, delima juga dapat membantu membersihkan batu dan racun lain yang ada dalam sistem pencernaan.

Delima memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dan memiliki peran dalam mencegah perkembangan batu ginjal. Konsumsilah jus delima secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Peradangan Hingga Turunkan Berat Badan

Kapan waktu tepat untuk menemui dokter?

Segera temui dokter jika batu ginjal tidak bisa keluar dalam waktu enam minggu atau mulai mengalami gejala yang parah. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai adalah sakit parah, terdapat darah pada urin, mengalami demam, mual, serta muntah.

Dokter biasanya akan menentukan apakah perlu melakukan perawatan lain untuk membantu mengeluarkan batu. Untuk mengurangi rasa sakit, penderita batu ginjal bisa mengonsumsi obat yang dijual bebas, termasuk acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medical News Today (2019), diakses 6 Juli 2020. 6 natural home remedies for kidney stones
  2. Healthline (2019), diakses 6 Juli 2020. Home Remedies for Kidney Stones: What Works?
    register-docotr