Kamus Obat

Ini Lho Pentingnya Konsumsi Vitamin B Complex untuk Tubuhmu

April 29, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Vitamin B complex memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Mulai dari memelihara kulit, meredakan stress, dan sederet manfaat lainnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya untuk memperhatikan konsumsi vitamin b complex setiap hari.

Vitamin B complex terdiri dari B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin).

Manfaat Vitamin B complex ini memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kamu dengan kegunaan yang mereka miliki

Berikut  manfaat vitamin B complex yang perlu kamu ketahui

Baca Juga: Catat! Ini Pilihan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Kamu Coba

Vitamin B1 (thiamine)

Thiamine adalah Vitamin B pertama yang ditemukan. Ia juga berperan utama dalam membantu proses metabolisme tubuh kamu. Vitamin ini dapat membantu penyembuhan luka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B1 juga sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat mencegah penyakit beri-beri, lho. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini jika mengkonsumsi biji-bijian, gandum, ragi, dan kacang-kacangan.

Vitamin B2 (riboflavin), manfaat vitamin B complex

Riboflavin merupakan vitamin B complex yang baik bagi kesehatan mata, karena dapat mencegah katarak. Vitamin ini dapat menjaga kolagen yang baik bagi kulit kamu.

Selain itu, menurut National Institutes of Health. Riboflavin juga dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk mendapatkan vitamin ini.

Eits, jangan lupa untuk menjauhkan makanan-makanan ini dari sinar matahari langsung, ya. Sinar matahari dapat merusak vitamin B2 tersebut.

Vitamin B3 (niacin)

Vitamin B3 membantu tubuh kamu mengubah makanan menjadi energi. Niacin juga membantu fungsi pencernaan, menjaga nafsu makan, meningkatkan sirkulasi darah dan kadar kolesterol.  

Ssst, usut punya usut, ia juga ampuh untuk merawat kulit kamu, lho. Vitamin ini dapat menyembuhkan permasalahan kulit seperti iritasi, jerawat, kulit kering dan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Kamu dapat menemukan vitamin ini di dalam kalkun, ayam, dan produk susu.

Vitamin B5 (asam pantotenic)

Vitamin ini penting bagi tubuh kamu untuk menghasilkan hormon dan diperlukan untuk pertumbuhan. Selain itu, vitamin B5 juga mampu menjaga kelembapan kulit agart terlihat lebih sehat, lho.

Kamu dapat menemukan vitamin ini dalam kubis, brokoli,  kangkung, dan alpukat

Vitamin B6 (pyridoxine)

Jika kamu sedang merasa stres, mengkonsumsi tuna, daging, ayam, dan kentang mungkin bisa membantu menghilangkannya, lho. Pasalnya, makanan-makanan tersebut memiliki kandungan vitamin B6.Vitamin ini biasa disebut vitamin “penghilang stres” karena dapat membantu mengatur suasana hati kamu. 

Pyridoxine membantu tubuh kamu memproduksi serotonin (hormon bahagia), melatonin (hormon tidur), dan norepinefrin (hormon adrenalin). Vitamin ini juga berguna bagi fungsi otak dan saraf tubuh yang dapat meningkatkan kinerja otak kamu.

Vitamin B7 (biotin)

Vitamin ini merupakan vitamin yang larut dalam air. Biotin adalah faktor penting yang mengatur metabolisme asam lemak di dalam tubuh. Dengan bantuan vitamin ini, lemak, karbohidrat, dan protein dapat berubah menjadi glukosa.

Dari situlah, kamu mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.Bukan hanya itu, vitamin B7 juga bermanfaat bagi pertumbuhan kuku dan rambut kamu. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi kacang almond, bawang, ubi, dan telur.

Vitamin B9 (asam folat)

Saat masa kehamilan, penting lho untuk banyak mengonsumsi vitamin B9 atau asam folat. Vitamin ini membantu pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Bukan hanya berguna bagi janin, vitamin ini juga penting bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi vitamin ini, rasa mual dapat berkurang, lho.Vitamin ini dapat ditemukan di sayuran, kacang, dan buah-buahan.

Baca Juga: Lezat dan Sehat, 7 Makanan Ini Mengandung Protein Tinggi

Vitamin B12 (cobalamin), manfaat vitamin B complex

Jika kamu kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia, kamu dapat mengkonsumsi daging, ikan, dan produk susu. 

Jenis-jenis makanan tersebut banyak mengandung vitamin B12 yang diperlukan untuk membantu tubuh kamu saat membentuk sel darah merah. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme sel dan fungsi saraf.

Manfaat vitamin B complex bagi tubuh sangat banyak, bukan? Penting bagi tubuh kamu untuk terus mendapatkan asupan vitamin B complex yang cukup. Terlebih saat sedang berpuasa.

Walaupun begitu, jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin B complex dari makanan, minuman, dan suplemen.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr