Kamus Obat

Orang Dewasa Minum Obat Cacing? Jangan Ragu, Ini Dia Manfaatnya

June 15, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat obat cacing tak hanya untuk anak-anak, namun juga orang dewasa. Ya, ada beberapa jenis cacing yang dapat menyebabkan masalah pada orang dewasa, termasuk cacing tambang, cacing kremi dan cacing gelas.

Penyakit cacingan umumnya dialami oleh anak-anak karena kurang menjaga kebersihan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga bisa mengalami infeksi cacing karena, terutama jika memiliki pola hidup yang tidak sehat.

Baca juga: Penyakit Influenza: Tipe Virus hingga Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Apa manfaat obat cacing untuk orang dewasa?

Pada anak-anak, biasanya akan menganjurkan untuk minum obat cacing enam bulan sekali dimana sekaligus sebagai upaya pencegahan penyakit.

Namun, orang dewasa yang cacingan juga perlu mengonsumsi obat untuk mengobati penyebab utama penyakitnya. Nah, ada beberapa jenis obat cacing beserta manfaatnya yang perlu diketahui, yakni:

Manfaat obat cacing Pyrantel Pamoate Suspension

Salah satu obat cacing rekomendasi yang bisa dikonsumsi orang dewasa adalah Pyrantel Pamoate Suspension. Pyrantel sendiri termasuk ke dalam obat yang dikenal sebagai anthelmintik.

Obat ini bekerja dengan membuat cacing tidak dapat bergerak atau lumpuh sehingga tubuh akan menghilangkannya secara alami di dalam tinja.

Dilansir dari Webmd, manfaat obat saat ini akan mengobati infeksi cacing kremi serta infeksi cacing lainnya, seperti cacing gelang dan cacing tambang.

Namun, perlu dosis yang tepat dari dokter ketika ingin mengonsumsi obat ini terutama jika diberikan pada anak di bawah 2 tahun. 

Dokter umumnya akan mengarahkan untuk mengulang dosis penggunaan obat dalam dua minggu. Jika kamu melihat cacing pada feses mak segera periksakan dengan dokter untuk mendapatkan bantuan medis lebih lanjut.

Manfaat obat cacing Albendazole

Albendazole merupakan obat antelmintik atau anti-cacing yang berguna untuk mencegah larva tumbuh dan berkembang biak di dalam tubuh. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati infeksi tertentu yang disebabkan oleh cacing seperti cacing pita babi dan cacing pita anjing.

Namun, perlu diketahui jika albendazole tidak diperuntukan oleh ibu hamil kecuali tidak ada pengobatan alternatif. Tak hanya itu, pastikan juga untuk tidak mengonsumsi obat ini jika memiliki alergi terhadap albendazole atau sejenisnya seperti mebendazole.

Jika tetap ingin mengonsumsi ini, wanita perlu menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan saat minum obat atau setidaknya 1 bulan setelah perawatan berakhir.

Meski tidak diketahui apakah obat bisa memengaruhi ASI, sebaiknya beritahu dokter mengenai penyakit cacing yang diderita untuk penanganan lebih tepat. 

Obat cacing Mebendazole

Jenis obat lain yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit cacing. Mebendazole atau vermox diresepkan untuk mengobati cacing babi, cacing pita, cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi, hingga cacing cambuk.

Obat mebendazole memiliki manfaat yang sama seperti jenis lainnya, yakni membantu menghilangkan infeksi cacing pada tubuh. Cara kerja obat ini adalah akan menyebabkan kematian parasit dengan mengganggu fungsi tubulin, protein penting dalam parasit, dan mencegah pengambilan glukosa.

Namun, perlu diperhatikan jika obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita yang sedang dalam kondisi hamil. Apabila wanita ingin mengonsumsi obat ini, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara penanganan yang paling tepat.

Baca juga: Yuk, Terapkan 8 Cara Ini, untuk Menurunkan Darah Tinggi

Pencegahan yang bisa dilakukan pada infeksi cacing

Infeksi cacing pada orang dewasa yang tidak segera ditangani bisa meningkatkan risiko anemia dan penyumbatan usus. Komplikasi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah seperti penderita HIV atau AIDS.

Tak hanya itu, infeksi cacing pada orang dewasa juga dapat menimbulkan risiko lebih tinggi ketika sedang dalam kondisi hamil. Jika kamu hamil dan ditemukan memiliki infeksi cacing, biasanya dokter akan menentukan terapi obat antiparasit yang mana untuk dikonsumsi selama kehamilan. 

Nah, untuk mencegah infeksi cacing ini maka kamu perlu segera menerapkan beberapa tips pencegahan.

Tindak pencegahan awal yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat secara teratur. Cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet serta sebelum menyiapkan atau ingin makan.

Selain itu, kamu harus segera mempraktikkan keamanan makanan agar terhindar dari infeksi cacing. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengonsumsi makanan yang berisiko meningkatkan infeksi cacing, seperti:

  • Hindari konsumsi ikan atau daging yang masih mentah.
  • Masak daging dengan seksama hingga benar-benar matang.
  • Cuci, kupas, atau masak buah dan sayuran mentah.
  • Cuci atau panaskan kembali makanan yang jatuh di lantai

Manfaat obat cacing yang dikonsumsi sejak usia kecil memang dapat mencegah infeksi di kemudian hari. Namun, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat cacing ketika dewasa karena mampu mengatasi penyakit hingga akar permasalahannya.

Segera bicarakan dengan dokter di Good Doctor jika gejala penyakit akibat infeksi cacing sudah dirasakan. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 11 Juni 2020. What Are Intestinal Worms?
  2. Webmd, diakses 11 Juni 2020. Pyrantel Pamoate Suspension
  3. Combantrin.com, diakses 11 Juni 2020. Worms in Adults
  4. Medicinenet.com, diakses 12 Juni 2020. mebendazole (Vermox)
  5. Everydayhealth (2018), diakses 12 Juni 2020. What Is Albendazole?
    register-docotr