Kamus Obat

Diklaim Ampuh Atasi Varises, Kenali Fakta-fakta Soal VenaSeal Berikut Ini!

August 25, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Penyakit varises ditandai dengan berupa pembuluh darah yang membengkak, melebar, dan berisi darah dalam jumlah yang berlebihan.

Kondisi ini bisa membuat penderitanya merasa sangat kesakitan dan bahkan menimbulkan tanda ungu atau kemerahan pada kulitnya.

Salah satu alternatif metode pengobatannya dinamakan VenaSeal. Cara ini cukup populer karena dianggap efektif. Untuk mengenalnya lebih dalam, baca ulasannya di bawah ini, yuk!

Bagaimana varises bisa terbentuk?

Penyakit varises paling banyak menyerang bagian kaki. Salah satu penyebabnya adalah karena kaki memiliki beberapa pembuluh darah dengan katup satu arah yang melewati otot.

Apabila pembuluh darah tersebut mengalami kerusakan, darah akan dengan mudah mengalir ke dalamnya dan menyebabkan pembengkakan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini 8 Penyebab Penyakit Asma yang Sering Diabaikan

Apa itu VenaSeal?

VenaSeal adalah salah satu metode pengobatan varises yang telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Prosedur ini terbukti dapat menutup pembuluh darah yang mengalami pembengkakan secara permanen. Caranya adalah dengan menggunakan semacam perekat untuk menyegel pembuluh darah.

Hal ini membuat metode VenaSeal mendapat penerimaan yang luas di kalangan masyarakat karena dianggap memiliki risiko yang sedikit.

Bagaimana cara kerja VenaSeal?

Teknik pengobatan ini menggunakan semacam perekat yang memegang peran penting dalam proses penyembuhan varises. Adapun langkah-langkah yang dilakukan di antaranya adalah:

  1. Dokter memasukan kateter ke dalam pembuluh darah yang dituju untuk memasukkan cairan perekat tersebut ke dalamnya
  2. Ketika berhasil masuk, darah yang berada di dalamnya akan diarahkan untuk pindah ke pembuluh darah yang masih sehat
  3. Pada tahap ini, pembuluh darah mulai merekat dan tersegel dengan sendirinya
  4. Untuk memastikan pengobatan telah berjalan dengan seharusnya, dokter akan melakukan scan ultrasound pada pembuluh darah yang telah diberikan tindakan
  5. Selanjutnya dokter akan melepas kateter yang terpasang dan memasang perban pada bekas luka di kulit

Kelebihan metode VenaSeal

Salah satu nilai tambah dari prosedur ini adalah prosesnya yang sama sekali tidak menggunakan pembedahan.

Hal ini membuat risiko terjadinya luka dan perdarahan menjadi semakin kecil. Dengan begitu, VenaSeal juga membuat penderita varises terhindar dari paparan risiko kerusakan saraf.

Teknik ini juga banyak direkomendasikan untuk menangani gangguan saphenous kecil pada pembuluh darah karena tidak menggunakan energi panas yang berbahaya.

Tingkat pemulihan dari VenaSeal juga relatif lebih cepat dibandingkan pengobatan menggunakan energi panas. Kamu juga tidak perlu memakai stoking khusus untuk menekan pembuluh darah selama masa pemulihan berlangsung.

Indikasi dan kontraindikasi metode pengobatan VenaSeal

Prosedur ini umum diberikan pada seseorang yang diindikasikan mengalami gangguan permanen pembuluh darah superfisial. Kondisi ini salah satunya disebut the great saphenous vein (GSV).

VenaSeal juga dapat diberikan pada orang dewasa yang memiliki gejala klinis reflux pembuluh darah yang didiagnosis melalui duplex ultrasound (DUS).

Baca juga: Kenali Varises: Saat Pembuluh Darah di Kaki Tampak Membesar

Sebaliknya, teknik pengobatan ini tidak dianjurkan jika kamu memiliki riwayat sangat sensitif terhadap cairan perekat yang digunakan di dalamnya.

Hal ini dikarenakan kondisi tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti peradangan pembuluh darah, sepsis akut, dan lain-lain.

Komplikasi yang bisa terjadi

Beberapa efek samping yang bisa timbul dari penggunaan metode pengobatan VenaSeal ada beberapa namun tidak terbatas pada:

  1. Muncul reaksi alergi
  2. Gatal-gatal
  3. Sesak napas
  4. Perdarahan pada lokasi pemasangan kateter
  5. Deep vein thrombosis (DVT)
  6. Edema atau penumpukan cairan pada kaki yang mengalami varises
  7. Hematoma atau kumpulan darah tidak normal di luar pembuluh darah
  8. Hiperpigmenatsi
  9. Infeksi
  10. Radang pada jaringan kulit
  11. Luka

Varises merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. Jadi jangan patah semangat jika saat ini kamu mengalaminya. Sebagai tambahan referensi, kamu bisa berkonsultasi mengenai teknik pengobatan VenaSeal yang telah diulas di atas kepada dokter.

Jika memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr